8 Jenis Kursi Rumah Beserta Kegunaannya. Jangan Keliru Pasang Kursi Makan untuk Menjamu Tamu

Kursi

Nggak hanya untuk menyambut tamu, kegunaan kursi di rumah juga untuk melakukan aktivitas lain seperti bekerja, bermain gim dengan kursi gaming sampai menggunakan beanbag untuk bersantai menonton film atau serial di televisi. Banyak yang belum tahu kalau sebenarnya kursi memiliki beragam jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dari mulai kursi minimalis sampai kursi ruang tamu.

Advertisement

Nah, kali ini Hipwee Tips akan membahas soal jenis-jenis kursi sekaligus peruntukannya. Siapa tahu kamu berencana untuk membeli kursi, jadi nggak sembarangan memilih.

1. Armchair adalah kursi minimalis yang paling umum digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Meski desainnya sederhana, kursi ini nyaman untuk diduduki

kursi tamu/Credit: Wikimedia Commons via commons.wikimedia.org

Armchair adalah kursi minimalis yang paling umum ditemukan di ruangan dalam rumah. Meski desainnya sederhana, kursi ini nyaman untuk diduduki. Umumnya, armchair memiliki sandaran lengan di bagian kanan dan kiri. Ukuran kursi ini juga terhitung sedang yang membuatnya mudah dipindahkan.

2. Sama seperti namanya, dining chair umumnya diletakkan di ruang makan. Biasanya kursi ini dijual satu paket dengan meja makan untuk menyerasikan warna dan materialnya

kursi makan/Credit: lulek41 via pixabay.com

Sebenarnya, armchair bisa disimpan di ruang makan. Hanya saja akan terlihat kurang estetik. Maka dari itu lebih baik menggunakan dining chair untuk ditaruh di ruang makan keluarga. Berbeda dengan desain armchair yang memiliki lengan di kanan kirinya, dining chair hanya memiliki sandaran.

Advertisement

Sebelum memutuskan untuk membeli kursi ini, perhatikan keserasian material, warna, dan ukuran kursi dengan meja makan. Kebanyakan toko sudah menjual satu paket dengan meja makannya.

3. Slipper chair lebih sering digunakan oleh untuk berdandan, termasuk memasang sepatu, celana, dan beragam hal lain tanpa harus membungkuk

slipper chair | credit: yayha via id.depositphotos.com

Kursi ini memang khusus dibuat untuk keperluan berdandan di dalam kamar. Slipper chair berbentuk kursi kecil dan pendek serta dekat dengan lantai. Desain ini membuat pemakainya nyaman untuk merias penampilan. Slipper chair juga membuat penggunanya mudah menggunakan sepatu, celana, dan beragam aksesoris lain tanpa harus membungkuk.

4. Kalau kamu punya dapur dengan desain bar, bar stool menjadi kursi yang penting sebagai pelengkap

bar stool | credit: Vitaliy Zamedyanskiy via unsplash.com

Kursi ini wajib ada jika rumahmu memiliki dapur dengan area bar yang tinggi. Memiliki kaki yang panjang, membuat penggunanya dapat duduk dengan nyaman pada meja yang tinggi, pun saat memijakkan kaki. Bantalan duduk bar stool cenderung kecil karena diperuntukkan menikmati minuman segar atau camilan.

Advertisement

5. Office chair atau kursi kantor umumnya memiliki sandaran dan kaki-kaki yang dilengkapi dengan roda dan pompa hidrolik untuk memudahkan pergerakan dan kenyamanan saat bekerja

kursi kantor | credit: Maxime via unsplash.com

Kursi kantor didesain khusus untuk kenyamanan dalam bekerja. Modelnya juga beragam. Kursi kerja yang baik adalah yang memiliki roda di kaki-kaki kursi dengan pompa hidrolik yang digunakan untuk menyesuaikan ketinggian pengguna. Ada kursi yang dilengkapi penumpu tangan, ada juga yang tidak.

6. Rocking chair alias kursi goyang umumnya digunakan oleh orang tua untuk bersantai. Namun karena desainnya yang modern, kursi ini juga bisa digunakan oleh semua kalangan

Ilustrasi kursi goyang/Credit: Arkin54 via pixabay.com

Rocking chair adalah kursi yang populer lain selain armchair. Rocking chair alias kursi goyang umumnya berupa kursi kayu yang sangat nyaman. Memiliki lengkungan pada bagian kaki, kursi ini dapat mengayun ke depan dan belakang. Dulu, kursi ini kebanyakan diperuntukkan untuk orang-orang tua. Seiring berkembangnya zaman, kursi goyang menyesuaikan dengan desainnya yang modern. Duduk di kursi teras ini paling cocok dibarengi dengan menikmati teh di sore hari.

7. Beanbag adalah kursi modern yang memiliki bentuk seperti kacang. Kursi ini sangat empuk dan cocok dipakai untuk bersantai menonton film atau membaca buku di halaman belakang rumah

beanbag | credit: londondeposit via id.depositphotos.com

Beanbag adalah kursi yang sedang jadi tren hari ini. Kursi ini punya dudukan yang empuk. Sebenarnya, kursi ini nggak memiliki sandaran tangan. Tapi bentuknya yang bulat bisa menciptakan sandaran otomatis saat diduduki. Beanbag seringkali digunakan dalam acara-acara festival outdoor juga banyak disediakan di kafe-kafe. Empuknya beanbag memang cocok banget digunakan sebagai kursi santai.

8. Sering diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga, sofa merupakan kursi panjang yang bisa memuat 3 sampai 4 orang

sofa | credit: StockSnap via pixabay.com

Ruang tamu atau ruang keluarga adalah tempatnya kursi sofa. Sofa adalah tempat duduk panjang yang biasanya memiliki sandaran belakang dan sandaran tangan di setiap ujungnya. Biasanya sofa memiliki lapisan busa lembut yang tebal — yang menjadi salah satu rangka penting karena bisa membuat penggunanya bisa duduk dengan super nyaman dan enggan beranjak.

Sebenarnya ada banyak jenis kursi lain selain yang Hipwee sebutkan di atas. Dari mulai kursi plastik yang multifungsi dan ringan untuk dibawa, hingga kursi yang didesain khusus untuk membaca. Semoga artikel ini bisa membantumu agar nggak salah lagi membeli kursi yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE