Jenis Lagu Pengantar Tidur dan Rekomendasinya. Bisa Mengobati Insomnia Selama Pas Musiknya

Lagu pengantar tidur

Sering susah tidur? Mendengarkan lagu pengantar tidur malam bisa membantu lo. Ketika sulit tidur, beberapa orang cenderung memilih bermain HP daripada berupaya dengan aktivitas lainnya. Padahal main HP justru bisa membuat otak terus bekerja dan malah bikin lebih susah tidur. Di antara banyak aktivitas, mendengarkan lagu pengantar tidur merupakan hal mudah yang nggak begitu effort untuk membantumu cepat terlelap. Tinggal buka aplikasi streaming musik atau Youtube, cek daftar lagu lalu putar deh.

Advertisement

Tak cuma saat insomnia saja, mendengarkan lagu pengantar tidur juga bisa dijadikan terapi agar dapat mendapatkan kualitas tidur yang lagi baik. Beberapa ahli juga sering mengutarakan manfaatkan mendengarkan musik sebelum tidur. Tapi ingat, didengarkan lo ya, bukan dibaca lirik lagu pengantar tidurnya. Apa saja sih manfaat lagu pengantar tidur? Ulasan berikut akan memberimu jawaban. Baca sampai akhir, soalnya ada juga jenis musik serta rekomendasi lagu pengantar tidur barat dan Indonesia yang bisa kamu dengarkan.

Selama yang didengarkan adalah lagu pengantar tidur sesuai anjuran, beberapa manfaat berikut bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma

Daripada overthinking terus setiap malam, mending dengarkan lagu pengantar tidur akustik saja. Atau kalau memang sedang bersama pasangan, lagu pengantar tidur romantis juga bisa kalian dengarkan. Nah, sebenarnya apa sih manfaat mendengarkan lagu pengantar tidur? Berikut jawaban singkatnya.

1. Membantu mengatasi insomnia dan bisa tidur lebih cepat

Advertisement

mengatasi insomnia via alqabas.com

Dibanding meminum obat tidur, mendengarkan musik bisa jadi cara untuk mengatasi gangguan tidur secara alami. Tapi tak semua musik bisa dijadikan lagu pengantar tidur lo! Harus musik yang bertempo pelan.

2. Membuat pikiran jadi lebih tenang

Advertisement

lebih rileks via mysleephygiene.com

Mendengarkan lagu pengantar tidur bisa akan membuatmu jauh lebih rileks. Hormon endorfin akan menurun dan membuatmu lebih mudah terlelap. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya dengarkan lagu pengantar musik rutin setiap malam sebelum beranjak tidur.

3. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur

memperbaiki kualitas tidur via www.seventhgeneration.com

Selain enak didengar, musik juga dapat mempengaruhi sistem saraf parasimpatik yang bisa membuatmu jadi lebih rileks dan bersiap untuk tidur. Dalam sebuah penelitian, beberapa orang percaya kalau musik bisa mengusir faktor-faktor yang mengganggu tidur. Nah, karena hal inilah, lagu pengantar tidur dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur secara perlahan.

Ada juga penelitian lain yang menyebut kalau lansia yang mendengarkan musik selama 45 menit sebelum tidur akan tertidur lebih cepat, lebih lama, dan jarang terbangun di malam hari, melansir laman Hello Sehat. Mereka akan merasa jauh lebih tenang tidurnya karena sudah mendengarkan musik sebelum tidur.

Tapi ternyata tak semua genre musik bisa digunakan sebagai lagu pengantar tidur yang efektif

Mengutip laman Sehatq, para ahli menyarankan untuk memilih lagu-lagu yang bersifat ‘sedatif’, yakni lagu bertempo 60 sampai 80 beat per menit. Berikut beberapa genre musik yang disarankan untuk didengarkan saat mau tidur.

1. Musik klasik

musik klasik via www.nytimes.com

Ternyata tak semua musik klasik cocok didengarkan untuk mengantar tidurmu, sebab beberapa ada yang musiknya cepat dan cukup kencang. Makanya, selektiflah dalam memilih musik klasik. Baiknya pilih lagu dengan tempo yang lambat yakni 60 sampai 80 BDM. Kalau mau aman, dengarkan saja lagu yang didominasi piano karena biasanya temponya cukup pelan.

2. Musik akustik

musik akustik via www.musicianonamission.com

Petikan suara gitar yang khas dari musik akustik akan membuatmu terbebas dari overthinking dan bisa segera tidur dengan lelap. Meski tak ada vokal, lantunan musik ini akan membuatmu cepat terlelap.

3. Musik santai

musik santai via www.blibli.com

Ada beberapa musik santai yang bisa didengarkan untuk mengantar tidurmu, seperi jaz, folk, blues, pop, dan masih banyak lagi. Karena musik dan temponya enak, musik-musik santai ini juga kerap digunakan sebagai lagu pengantar tidur siang. Sekalipun santai, pastinya musik tetap berada di tempo yang sesuai anjuran agar pikiran bisa lebih rileks.

4. Musik meditasi dan suara alam

musik meditasi via www.verywellmind.com

Mendengarkan suara alam atau meditasi jelas pilihan terbaik agar tidurmu lebih lelap. Melodi meditasi secara khusus memang diciptakan untuk menenangkan pikiran seseorang dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Nah, karena hal inilah, wajar jika musik-musik meditasi dan alam mampu membuatmu terbebas dari insomnia maupun gangguan tidur lainnya.

Karena sudah tahu genre musik yang direkomdasikan, berikut beberapa lagu pengantar tidur Indonesia maupun luar negeri yang bisa kamu dengar. Selain tempo dan musiknya yang lamban, beberapa lagu juga punya lirik yang syahdu

Sebenarnya, lagu pengantar tidur itu subjektif. Sesuai selera masing-masing, ada yang suka lagu pengantar tidur Korea atau ada juga yang suka lagu pengantar tidur barat. Kamu bisa download lagu pengantar tidur terbaik, beberapa lagu pengantar tidur berikut juga bisa dimasukkan ke daftar putarmu lo! Berikut beberapa lis lagunya.

1. Lirik lagu Payung Teduh – Tidurlah akan mengantarkanmu pada tidur yang lebih lelap. Tempo musiknya yang lambat bisa membuat pikiranmu lebih rileks apalagi didukung dengan lirik yang pas dengan suasana malam menjelang tidur 

2. Pernah coba mendengarkan lagu Muse yang berjudul Unintended sebelum tidur? Kalau boleh, sesekali cobalah dengarkan. Beda dengan lagu Muse lainnya yang enerjik, musik dan tempo Unintended justru cenderung pelan dan bisa membuatmu lebih mudah tertidur 

3. Pastikan kamu sudah mengunduh atau download lagu pengantar tidur terbaik dari Bon Iver berjudul Holocene. Saat mendengarkan lagu ini, kamu seakan tengah berada di hamparan padang rumput luas yang hijau dengan pemandangan menakjubkan. Lirik dan musiknya yang lambat akan membuatmu seketika nyaman dan terlelap

4. Salah satu lagu pengantar tidur Indonesia terbaik yang perlu didengarkan ialah Bunga Tidur dari Tulus. Meski tak membahas mengenai tidur, tapi secara aransemen musiknya sangat sesuai untuk mengisi malammu 

5. Lagu dari almarhum Glenn Fredly yang berjudul Malaikat Juga Tahu juga dapat membuatmu tidur lebih cepat. Lirik lagu ini cukup romantis dan musiknya pun lumayan lambat. Jadi cocok didengarkan saat kamu sulit tidur karena overthinking atau kangen seseorang 

Meski memiliki banyak manfaat, mendengarkan lagu pengantar tidur juga dapat menimbulkan efek buruk. Terlebih jika musiknya terus-menerus kamu putar dan dengarkan hingga terlelap

ada efek buruknya via www.theonlinemom.com

Gelombang suara yang dipancarkan alat pemutar musik akan diterima oleh indra pendengaran dan diteruskan ke otak. Akibatnya, otak jadi sulit beristirahat dan membuat tidurmu jadi nggak tenang. Otak yang terus bekerja lambat laun juga akan mengalami penuruan fungsi. Bisa jadi kamu akan sulit menerima informasi dan berkonsentrasi.

Jika lagu pengantar tidur kamu dengarkan menggunakan earphone, telinga juga bisa mengalami gangguan pendengaran. Akibat sirkulasi udaranya tertutup terlalu lama, kotoran akan mengendap dan membuat ear wax lebih sering muncul di sekitar gendang telinga. Hal ini tentu saja akan membuatmu kerepotan saat membersihkan kotorannya nanti. Padahal kotoran yang menumpuk bisa mengganggu pendengaran.

Mendengarkan lagu pengantar tidur sebenarnya boleh-boleh saja. Bahkan kamu pun bisa memutar lagu pengantar tidur anak untuk si kecil. Syaratnya, pastikan volumenya nggak terlalu kencang, tempo musik sesuai, dan atur waktu supaya saat kita tidur, musik nggak terus berputar dan mengganggu kinerja otak. Hindari mendengarkan musik menggunakan earphone untuk meminimalisir hal buruk yang terjadi. Terutama jika earphone dicolok ke ponsel yang sedang diisi daya baterainya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE