6 Cara Merawat Lemari Kayu Agar Kuat Puluhan Tahun. Jarang Rusak, Anti Rayap, Apalagi Jamur

Lemari kayu

Lemari, barang yang identik dengan kamar tidur selain kasur dibuat dari beragam material dan ukuran. Salah satu yang umum digunakan adalah lemari kayu. Dari mulai lemari kayu kecil sampai lemari kayu kaca. Model lemari kayu pun ada banyak. Kita mengenal lemari kayu minimalis 2 pintu dan lemari kayu modern, ada juga lemari kayu minimalis modern. Masyarakat lebih memilih lemari kayu jati atau lemari kayu pinus dibandingkan dengan lemari kayu biasa karena alasan ketahanannya. Lemari jenis ini bisa berumur puluhan tahun jika mendapat perawatan yang benar.

Advertisement

Pertanyaannya, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara merawat lemari kayu? Berikut beberapa tips agar lemari kayu milikmu awet tahunan dan terhindar dari rayap.

1. Berikan jarak sekitar 5 cm antara dinding dan lemari untuk sirkulasi udara agar lemari nggak mudah berjamur

beri jarak dengan dinding/Credit: Pixabay via pixabay.com

Biasanya lemari diletakan menempel dengan dinding, terutama jika ukuran kamar nggak terlalu luas. Padahal menempelkan lemari pada dinding membuat lemari kayu rentan lembap dan berjamur, meskipun lemari kayu jati Belanda yang kamu miliki cukup kuat. Baiknya beri jarak minimal 5 cm antara lemari dan dinding kamar untuk memberi sirkulasi udara dan mencegah lemari menjadi lembap.

2. Untuk menghindari risiko kelempaban udara, lapisi lemari kayu dengan cat finishing. Gunakan cairanĀ polish untuk menjaga kualitas kayu bagian luar

mengecat lemari/Credit: Pixnio via pixnio.com

Agar tampilan dan kualitas kayu lemari tetap terjaga, merawat bagian luar lemari adalah keharusan. Salah satu caranya adalah melapisi kayu dengan cairan polish untuk menonjolkan kilau kayu dan sebagai agen anti rayap. Lemari kayu juga sangat sensitif pada suhu ruangan yang lembap. Untuk meminimalisir, kamu bisa juga melapisi bagian luar lemari dengan cat finishing kayu seperti melamine atauĀ polytureĀ sebelum merawatnya dengan cairanĀ polish.

Advertisement

3. Gunakan lap kering dan hair dryer untuk membersihkan bagian dalam lemari

hair dryer bisa digunakan untuk membersihkan lemari/Credit: Pixabay via pixabay.com

Untuk merawat bagian dalam lemari, kamu bisa memanfaatkan lap kering untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Jangan pernah gunakan lap basah karena kandungan air malah menyebabkan pertumbuhan jamur. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk membersihkan bagian dalam lemari agar terhindar dari kelembapan. Setelah itu, diamkan lemari sampai temperatur kembali normal sebelum kembali diisi oleh barang-barang.

4. Jangan pernah menggunakan koran sebagai alas lemari karena bisa menjadi tempat pertumbuhan jamur, tungau atau kutu sehingga berbau nggak sedap

hindari pemakaian koran sebagai alas/Credit: Pixabay via pixabay.com

Kita terbiasa menggunakan koran sebagai alas lemari. Baik itu lemari kayu 2 pintu maupun lemari kayu 3 pintu. Sebenarnya, material kertas koran dapat menjadi sumber makanan jamur, tungau, dan kutu. Hasilnya, lemari jadi mudah lembap, berjamur dan berbau nggak sedap.

Jika lemari sudah terlanjur berbau, kamu bisa menggunakan pewangi lemari. Selain menjadi solusi praktis pengharum pakaian, pewangi lemari juga dapat menyegarkan kembali sirkulasi udara dalam lemari yang berbau nggak sedap akibat jamur koran.

Advertisement

5. Demi menghindari rayap, kamu bisa menggunakan kapur barus atau bahan-bahan alami dari dapur

baking soda bisa digunakan untuk mengusir rayap/Credit: Pixabay via pixabay.com

Musuh utama lemari kayu adalah rayap yang bisa bikin material kayu jadi mudah keropos. Salah satu solusinya, gunakan kapur barus, atau kamu juga bisa gunakan bahan-bahan dapur untuk mengusir rayap seperti air garam, asam borat, atau cairan kapur sirih, minyak bawang putih, cengkih, baking soda dan masih banyak lagi. Bahan-bahan di atas akan membantu mengatasi hewan pengerat yang merusak lemari kayu.

6. Sesekali bongkar lemari kayu untuk memastikan kebersihannya. Jemur lemari selama 60 menit untuk menghilangkan kelembapan lemari secara merata dan membunuh rayap secara alami

bongkar dan jemur lemari/Credit: Wooden Street via www.woodenstreet.com

Jangan malas untuk membongkar seisi lemari, melihat kondisi, dan memastikan kebersihannya. Agar lemari tetap terawat secara alami, coba sesekali keluarkan lemari dari kamar dan jemur selama 60 menit. Menjemur membuat lemari lebih kuat karena menghilangkan seluruh kelembapan secara merata. Menjemur lemari juga bisa membunuh rayap secara alami.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik untuk merawat lemari kayu agar tetap tahan lama bertahun-tahun dan terhindari dari rayap. Semoga artikel ini membantu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE