Liburan Akhir Tahun Sudah Tiba! Ini 5 Tips Siapkan Perjalanan Nyaman di Masa Pandemi

Sejak dulu, Desember selalu menjadi bulan yang dinanti-nanti. Selain detik-detik menyambut tahun baru, Desember juga banyak agenda cuti bersama. Meskipun cuti bersama di Desember ini hanya 2 hari, antusiasme masyarakat tetap tinggi. Mungkin karena sudah punya plan liburan sejak lama kali, ya.

Pesan Hipwee hanya satu sih, apa pun rencanamu di liburan akhir tahun ini, tetap hati-hati dan patuhi protokol kesehatan, ya! Karena kita belum benar-benar aman dari pandemi Covid-19. Nah, untukmu yang punya rencana melakukan perjalanan akhir tahun, berikut tips yang bisa dilakukan agar perjalanan lebih nyaman.

1. Pastikan kamu bepergian dengan kondisi tubuh yang sehat dan fit. Jangan lupa makan sehat dan minum vitamin

Jaga kondisi badan via pixabay.com

Tubuh yang sehat adalah persyaratan wajib sebelum bepergian. Sebaiknya kamu membatalkan rencana bepergian jika mengalami gejala-gejala kurang enak badan. Pun jika tubuhmu sedang dalam kondisi sehat-sehat saja, jangan lupa untuk makan sehat dan minum vitamin sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat, ya. Dengan daya tahan tubuh yang bagus, tentu kamu akan lebih tangguh menghadapi virus atau kuman-kuman di luar. 

2. Siapkan berbagai keperluan pribadi sehingga tak perlu menggunakan benda-benda umum. Misalnya perlengkapan ibadah

membawa peralatan pribadi (foto: nzfhatipoglu / iStockphoto) via www.istockphoto.com

Berbagi memang bagus, tetapi, untuk sementara ini, ada baiknya kamu membawa perlengkapan pribadi sendiri-sendiri. Salah satunya adalah alat ibadah untuk umat muslim. Jika sebelumnya kamu bisa menggunakan fasilitas mukena atau sajadah umum yang tersedia di masjid, sekarang sebaiknya kamu membawa peralatan ibadah sendiri. Dengan begitu, ibadah pun lebih tenang dan nyaman, ‘kan?

3. Sering-sering cuci tangan dan gunakan masker dengan benar

Gunakan masker dengan benar (foto: Rattankun Thongbun / iStockphoto) via www.istockphoto.com

Siapa nih yang kalau pakai masker, hidungnya terlihat? Atau sudah pake masker tapi saat bicara dengan orang lain maskernya dilepas? Nah, mulai saat ini, jangan lagi dilakukan, ya. Gunakan masker dengan benar, yaitu menutupi hidung dan mulut. Selain itu, sebaiknya kamu tidak menyentuh-nyentuh masker yang sudah dipakai. 

Hal yang sama juga berlaku untuk cuci tangan, lho. Secara nggak sadar, kita pasti sering menyentuh area wajah dengan tangan. Untuk itu, kita harus sering-sering cuci tangan dengan benar. Jika tak ada air dan sabun, hand sanitizer bisa menjadi penggantinya.

4. Jangan lupa untuk bawa cadangan untuk semua perlengkapan kebersihan

First aid kit on old wooden background. Concept of protect yourself from COVID-2019. Top view. via www.istockphoto.com

Dalam perjalanan nanti, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Mungkin tali maskermu putus karena terlalu sering dicopot-pakai. Atau hand sanitizer-mu tertinggal di suatu tempat setelah digunakan. Oleh karena itu, agar perjalananmu tetap nyaman, upayakan untuk selalu membawa cadangan untuk masing-masing perlengkapan kebersihan ini. Sehingga ketika terjadi masalah, kamu nggak kelabakan untuk membeli baru di toko yang belum tentu ada.

5. Jika ingin bepergian dengan pesawat atau kereta, usahakan beli tiket secara online untuk mengurangi kontak langsung

Booking tiket online (foto: edeltravel / pixabay) via pixabay.com

Idealnya bepergian di masa pandemi lebih aman bila menggunakan kendaraan pribadi. Namun, harus diakui bahwa nggak semua orang bisa menggunakan kendaraan pribadi. Nah, untukmu yang berencana bepergian dengan kendaraan umum seperti pesawat atau kereta, usahakan beli tiket secara online di marketplace seperti Tokopedia. Selain bisa mengurangi kontak langsung karena tak perlu antre di loket, Tokopedia juga menawarkan asuransi perjalanan untuk setiap pemesanan tiket kereta dan pesawat lewat Tokopedia.

Untuk asuransi tiket pesawat, kamu akan mendapatkan perlindungan untuk berbagai kejadian tak terduga, seperti: kompensasi jika terjadi penundaan sampai dengan Rp3.000.000,-, perlindungan bagasi pribadi sampai dengan Rp3.000.000,-, hingga proteksi kecelakaan sampai dengan Rp300.000.000,-. 

Sedangkan untuk perjalanan dengan kereta, kamu akan mendapatkan beragam perlindungan seperti pengembalian dana 100% saat dilakukan pembatalan perjalanan dalam waktu 30 hari sebelum keberangkatan, penggantian saat kehilangan barang atau bagasi sampai dengan Rp6.000.000,-, serta biaya pengobatan akibat kecelakaan hingga Rp1.000.000,-. Selain itu, Asuransi Perjalanan Tokopedia juga menyediakan proteksi penumpang kereta terkait Covid-19, yaitu mengganti biaya rapid test sampai dengan Rp150.000,- jika hasilnya reaktif, hingga memberikan santunan jika meninggal (baik dikarenakan kecelakaan maupun Covid-19) maksimal Rp7.500.000,-.

Dengan memanfaatkan asuransi perjalanan seperti ini pastinya kamu akan lebih tenang dan nyaman, bukan? Caranya pun cukup mudah, karena kamu hanya perlu menambahkan biaya mulai dari Rp6.750,- saat membeli tiket pesawat ataupun kereta lewat Tokopedia untuk mendapatkan asuransi perjalanan. Syarat ketentuan serta informasi tentang cara klaim bisa kamu cek di Asuransi Perjalanan Tokopedia.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan perjalanan liburan akhir tahun nanti. Yang terpenting, tetap jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, hindari kerumunan, gunakan masker, dan rajin-rajin cuci tangan. Jangan lupa untuk memanfaatkan asuransi perjalanan dari Tokopedia supaya perjalananmu lebih tenang. Stay safe, Guys!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.