Life Hacks yang Wajib Kamu Tahu saat Hidup Sendirian. Hari-hari Lebih Tenang dan Nyaman~

life hacks hidup sendirian

Rahma deg-degan menjelang hari penting dalam hidupnya. Tinggal menghitung hari, ia akan merantau ke sebuah kota. Pengalaman pertama ini membuatnya tidak bisa tidur nyenyak hampir seminggu. Maklum, ia harus mempersiapkan banyak hal. Lagipula, hidup sendirian, jauh dari orangtua, plus berpisah dari teman-teman lama adalah tantangan yang cukup besar baginya.

Banyak kekhawatiran yang melingkupi hati Rahma, tapi ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Pasalnya, ia bisa melatih kemandirian dan mengasah kemampuan mengatur waktu serta keuangan. Demi memulai hidup sendiri, ia sampai menelepon teman baik yang sudah terbiasa hidup di perantauan. Ia pengin memastikan bahwa semua barang yang dibutuhkan sudah masuk daftar bawaan.

Selain membuat daftar barang bawaan, Rahma juga meminta saran pada temannya tentang trik-trik simpel nan efektif untuk hidup sendiri. Seperti yang dipahaminya, hidup sendiri ibarat seni menjalani keseharian dengan penuh kesadaran dan wawas diri. Ia harus mampu mengukur pengeluaran agar nggak melebihi uang sakunya tiap bulan. Pun, ia harus belajar untuk mengatur waktu supaya rutinitasnya nggak berantakan.

Nah, antusiasme dan keresahan Rahma juga dialami oleh banyak orang ketika memulai hidup sendirian nih. Terlihat menyenangkan, tapi sebenarnya hidup sendiri juga nggak gampang. Ada beberapa hal yang perlu kita lalukan agar hidup sendirian tetap nyaman dan nggak bikin kantong jebol.

Benda-benda ini wajib ada ketika kamu tinggal sendirian. Selain hemat, kamu bisa selamat di saat-saat genting

Ngomongin hidup sendiri, kita harus ingat kalau nggak ada lagi orang tua yang akan siaga selama 24 jam. Mereka bukan lagi orang terdekat yang bisa dimintai tolong. Satu-satunya yang paling bisa diandalkan adalah diri sendiri. Kebutuhan dasar seperti makanan dan minuman pun harus bisa kita penuhi. Ketika saat-saat sulit datang, kita harus belajar untuk mengatasinya. Hidup sendirian menuntut kita untuk punya kemampuan menolong diri sendiri.

Saat tinggal di rumah dengan orang tua, semua barang kebutuhan mungkin selalu ada. Saat tinggal sendiri, kita harus menyediakan barang-barang kebutuhan ketika tinggal di kamar kos atau kontrakan demi menghemat uang. Kita juga perlu menyimpan benda-beda tertentu di kamar agar tetap tenang karena sudah persiapan di kala momen-momen genting terjadi.

Ini dia barang atau benda yang wajib kita punya saat hidup sendirian:

  • Senter, lilin, atau emergency lamp

Mati lampu sering kali bikin kita jengkel. Kadang tanpa aba-aba, lampu tiba-tiba mati karena pemadaman listrik, padahal kita sedang asyik menonton film. Paling apes nih, lampu mati ketika kita mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan. Belum lagi kalau lampu padam saat malam. Duh, jadi serba susah. Mau jalan, kita nggak bisa melihat apa-apa. Kalau cuma duduk atau rebahan sambil kedip-kedip aja, kita bosan juga.

Makanya, kita perlu menyiapkan senter, lilin, atau jika perlu emergency lamp sekalian di kamar. Jadi, kita nggak bingung bila sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Ketiga benda itu sangat berguna untuk penerangan sementara sambil kita menunggu lampu menyala lagi.

  • Kotak obat

Berkaca dari pengalaman orang-orang yang lebih dulu tinggal sendirian, kotak obat adalah benda yang wajib ada. Ketika merasa kurang enak badan, kita bisa langsung membukaya. Kita nggak perlu susah payah keluar kos untuk membeli obat. Yang perlu diingat, obat punya masa kedaluwarsanya. Jadi, pastikan bahwa semua obat di kotak masih aman dikonsumsi.

  • Benda yang bisa berbunyi di pintu

Keamanan menjadi salah satu sumber ketakutan dan kekhawatiran ketika hidup sendirian. Harus diakui kalau kejahatan-kejahatan sering menyasar orang-orang yang tinggal sendiri. Banyak, kan, kasus-kasus pencurian dan kehilangan di kos? Supaya kejadian ini nggak menimpa kita, menempatkan  benda-benda yang berbunyi di pintu bisa jadi antisipasi.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini