Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat selalu menjadi paradoks dalam kehidupan. Tak bisa dipungkiri, teknologi memang memudahkan kehidupan kita. Bayangkan apa jadinya jika smartphone dan email belum ditemukan saat ini? Tentu kemudahan dalam hidup belum bisa kita rasakan setiap hari.

Namun di sisi lain, perkembangan teknologi juga menyebabkan ritme kehidupan menjadi semakin cepat– alhasil “waktu luang” menjadi hal berharga yang sulit untuk didapatkan. Perlahan tanpa sadar kita terbentuk jadi robot yang setiap harinya menjalankan rutinitas yang sama.

Jenuhkah kamu dengan rutinitas yang sama saban hari? Jangan khawatir ! Di artikel kali ini, Hipwee akan memberitahukan 6 kegiatan yang dapat kamu lakukan selama 6 menit setiap paginya untuk membuat kehidupanmu menjadi lebih baik.

1. Selama 1 menit di awal hari, luangkan waktumu untuk menikmati keheningan pagi.

Awali pagimu dengan menikmati keheningan pagi via www.divineglowinghealth.com

Mematikan alarm pagi yang berdering di smartphone, kemudian melihat layar notifikasi yang masuk telah menjadi rutinitas pagi yang dilakukan banyak orang. Membereskan kamar, menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke kantor atau sekolah, memasak sarapan adalah kesibukan lain yang membuat pagi selalu terasa terburu-buru. Hentikan sejenak semua kebiasaan itu, inveestasikan 1 menit waktumu untuk duduk tenang menikmati keheningan pagi, udara yang masih segar, dan hangatnya sinar matahari yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Advertisement

Bermeditasi mungkin bisa menjadi alternatif yang bisa kamu coba, pejamkan mata dan ingat hal yang sudah kamu dapatkan sampai sekarang, nikmati waktu 1 menit yang berjalan lambat kala itu. Dalam duduk diammu, buat posisi tubuhmu dalam keadaan yang rileks. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan mengembangkan kejernihan berpikir, memfokuskan arah tujuan yang akan kamu capai hari itu.

2. Keluarkan dan bacalah lembar afirmasi, agar pikiranmu selalu positif sepanjang hari.

Bacalah kalimat afirmasi setiap pagi via michellgroup.com

Keluarkanlah lembar afirmasi yang kamu tulis dan bacalah setiap paginya. Lembar afirmasi yang berisi potensi maksimalmu, goal yang ingin kamu capai, dan cara untuk menggapai mimpi-mimpi tersebut. Pernyataan positif atau kalimat yang ditujukan kepada diri sendiri ternyata mampu mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu mengembangkan persepsi yang lebih positif kepada diri sendiri, kalimat afirmasi ini juga mampu memulihkan kerusakan yang disebabkan oleh kalimat-kalimat negatif yang dilontarkan orang lain kepadamu.

Luangkan waktu selama 1 menit untuk menghipnotis dirimu sendiri dengan kalimat-kalimat positif, agar pikiran negatif hilang dari otakmu. Cukup 1 menit

3. Selama 60 detik, tutuplah mata dan bayangkan dirimu dalam puncak kesuksesan.

Tutup mata, bayangkan kamu berada di puncak kesuksesan via www.andovertherapies.com

Tutup mata (tapi jangan tidur) dan bayangkan dirimu telah berada dalam puncak kesuksesan yang kamu impikan selama ini. Rasakan bagaimana bahagianya dirimu ketika telah mencapai dalam fase itu. Selain nilai-nilai positif yang akan kamu dapat dari berimajinasi, seperti, mempertajam ingatan, mengasah sel-sel otak agar lebih terhubung, dan melatih kepekaan. Dengan melakukan hal sederhana seperti ini setiap paginya, akan meningkatkan rasa percayamu terhadap diri sendiri, bahwa mimpi-mimpi yang selama ini kamu kejar dapat kamu wujudkan, serta menguatkan hasrat untuk menjadikan bayangan visual itu menjadi realitas yang dapat kamu rasakan.

4. Bacalah 1-2 lembar buku demi menggali ide baru di dalamnya.

Baca 1-2 lembar dari bukumu via ericgeiger.com

Ambillah buku motivasi diri yang saat ini sedang kamu baca, tidak perlu waktu banyak untuk melahap seluruh halaman dalam buku tersebut, cukup baca 1-2 lembar halaman untuk mendapatkan ide dan semangat baru. Pelajari ide-ide yang dituliskan dalam lembar buku itu dan hubungkan dengan kehidupan nyata yang akan kamu jalani hari itu, dengan begitu hasil kerja kamu akan semakin meningkat karena kekayaan perspektif yang kamu dapat. Temukan (dalam buku tersebut) suatu hal baru, yang menurutmu akan berfungsi untuk membuat kamu berpikir, merasakan, dan hidup lebih baik, cukup 60 detik!.

5. Olahraga singkat mampu memperlancar aliran darah ke otak. Tidak perlu menghabiskan waktu lama, cukup 1 menit setiap harinya.

Sempatkan olahraga ringan via pinoria.com

Tidak perlu mengalokasikan waktu selama 15-30 menit untuk ber0lahraga. Berdirilah di tempatmu sekarang dan gerakkan badanmu selama 60 detik, olahraga ringan seperti jumping jack (melompat-lompat), push up, atau sit up ternyata mampu untuk meningkatkan peredaran aliran darah menuju ke otak. Otot-otot dan sarafmu juga akan bekerja sehingga konsentrasi akan terjaga sepanjang hari. Cukup dengan 1 menit kamu akan memiliki cukup energi untuk beraktivitas di hari itu, karena olahraga ringan di pagi hari mampu melepaskan hormon endorphin dan hormon lainnya agar dirimu selalu bersemangat menjalani hari itu.

6. Gunakan 1 menit terakhirmu untuk menulis hal yang kamu syukuri dan yang akan kamu lakukan hari itu.

Tulislah rencanamu hari ini via writerswhocare.wordpress.com

Keluarkan buku harian kamu dan investasikan 1 menit waktu yang kamu miliki untuk menulis hal yang kamu syukuri atau sesuatu yang kamu banggakan dalam diri kamu dan tiga hal utama yang harus kamu selesaikan hari itu. Menulis hal yang akan kamu lakukan akan membuat apa yang akan kamu lakukan di hari itu menjadi lebih jelas dan jauh dari kekacauan, menulis di atas kertas jurnal juga akan menumbuhkan motivasi yang kamu butuhkan untuk segera beraksi menghadapi hari tersebut. Sebuah pepatah Yunani kuno yang terkenal menyebutkan

Bila suatu perkataan mudah dilupakan, tidak sama halnya dengan tulisan, karena dia akan kekal

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menginvestasikan sejenak pagimu untuk sekedar menulis diatas jurnal!

Cobalah lakukan keenam tips diatas dan rasakan perbedaan yang terjadi dalam hidupmu, setiap tips hanya membutuhkan waktu 1 menit sehingga kamu hanya perlu waktu 6 menit untuk merasakan kualitas hidupmu yang semakin meningkat. Dengan melakukan hal tersebut, perlahan tapi pasti hari-harimu akan menjadi lebih baik ke depannya.