Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dilakukan untuk membuat tubuh tetap bugar. Banyak orang yang mengira, bahwa makan setelah berolahraga akan membuatny jadi sia-sia. Padahal menurut seorang personal trainer, Lisa Reed melalui laman National Geographic makanan yang kamu konsumsi setelah berolahraga pun penting untuk diperhatikan. Sebab, setelah itu tubuh akan memperbaiki dan membangun jaringan baru melalui makanan yang dikonsumsi.

Minum air putih setelah olahraga memang dianjurkan karena bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Namun sebenarnya ada makanan atau minumam lain yang lebih bagus daripada air putih. Berikut beberapa makanan dan minuman tersebut.

Yoghurt merupakan salah satu  sumber protein yang baik dikonsumsi setelah berolahraga

Advertisement

Makanan ini kaya akan kalsium dan vitamin D yang bagus untuk menguatkan tulang. Selain itu, ini juga bisa digunakan untuk mencegah patah tulang. Kamu bisa menambahkan buah beri pada yoghurt agar antioksidan dan karbohidrat juga tercukupi.

Kamu bisa mengonsumsi pisang untuk mengambalikan energi setelah berolahraga

Molekul gula dalam pisang dapat dengan cepat mencapai jaringan otot tubuh dan mengembalikan kadar glikogennya yang dibutuhkan setelah berolahraga. Selain itu pisang juga mengandung karbohidrat yang membuat rasa lapar bisa berangsur hilang setelah mengonsumsinya.

Kamu juga disarankan untuk membawa telur rebus saat berolahraga agar bisa dikonsumsi setelahnya

telur rebus via food.detik.com

Nggak cuma putihnya, kuning telur pun baiknya tetap kamu konsumsi. Sebab, makanan ini mengandung  protein, vitamin B, dan D yang bisa mengembalikan enegergimu. Bahkan, vitamin D dalam telur rebus juga bisa menguatkan tulang lo!

Setelah olahraga, kamu bisa mengonsumsi susu cokelat untuk mengembalikan energi yang hilang

susu coklat via metro.co.uk

Advertisement

Susu cokelat mengandung protein, karbohidrat, dan nutrisi penting yang bantu mengoptimalkan energi tubuh. Nggak perlu repot, susu coklat ini bisa dengan mudah kamu temui di mana pun. Kalau mau hasil optimal, pilih susu coklat rendah lemak, ya!

Cobalah cemil kacang almond setelah berolahraga untuk bantu memulihkan energi

kacang almond via hellosehat.com

Kacang almond banyak mengandung mineal, riboflavin, dan protein yang baik untuk meningkatkan energi. Selain itu kacang almond juga mengandung mangan dan tembaga mengedarkan energi ke seluruh tubuh dan membantu membuang racun dari dalam tubuh, dilansir dari laman Dokter Sehat.

Bukannya tidak boleh minum air putih, tapi kamu juga disarankan untuk mengonsumi makanan dan minuman berprotein setelah berolahraga. Ya seperti contoh-contoh di atas.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya