6 Manfaat Begadang ini Rupanya Menguntungkan jika Dilakukan Sesekali

Manfaat begadang

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tentunya kita harus beristirahat dengan cukup. Namun terkadang hal itu tidak selalu bisa kita lakukan. Kadang kita dihadapkan pada situasi pekerjaan yang menumpuk atau tugas yang belum selesai. Kalau sudah seperti itu, mau nggak mau harus begadang, deh.

Advertisement

Begadang sering dikaitkan dengan dampak buruk yang berbahaya bagi kesehatan. Tapi di balik itu, ternyata begadang juga memiliki manfaat. Begadang sesekali diketahui bisa membantu memperbaiki jam tidur. Selain itu, begadang juga kerap dikaitkan dengan kecerdasan dan kreatifitas, lo.

Namun perlu diingat ya SoHip, kalau mau begadang jangan tiap hari. Ingat, yang berlebihan itu nggak baik! Yuk, kita tengok beberapa manfaat begadang yang jarang orang ketahui berikut ini.

1. Konon katanya, sering begadang bikin seseorang makin cerdas

Begadang memberikan banyak waktu untuk membaca Photo by kevin turcios on Unsplash

Banyak berseliweran mitos bahwa orang yang begadang biasanya lebih cerdas, kira-kira bagaimana kenyataannya? Pada penelitian Personality and Individual Differences menyatakan bahwa anak-anak yang cerdas biasanya memiliki jam tidur yang malam dan bangun terlambat. Namun, hal ini tidak bisa membuktikan bahwa manfaat berupa kecerdasan memiliki kaitan dengan begadang.

Advertisement

Kecerdasan dan kepintaran bisa diusahakan dengan belajar dengan tekun. Bagi orang yang ingin pintar, maka proses belajarnya tentu harus semakin sering. Bahkan nggak jarang jarang jam belajar malah mengambil waktu tidur. Dari sanalah anggapan orang cerdas karena sering begadang. Jam begadangnya digunakan untuk belajar sih~

2. Nggak bisa dimungkiri, ide-ide brilian nan kreatif sering muncul saat sedang begadang

Hidup anti mainstream dan penuh kreatifitas Foto oleh INSYNCT MEDIA dari Pexels

Pernah nggak sih kamu mengalami semakin malam semakin kepikiran ide-ide brilian yang sebelumnya nggak terpikirkan? Sebenarnya ada beberapa penelitian yang membahas ini, lo. Menurut jurnal Personality and Individual Differences, orang yang cenderung tidur larut malam memiliki daya kreativitas yang tinggi.

Hal ini juga dipengaruhi oleh fakta bahwa kebanyakan orang begadang memiliki semangat non konvensional dalam menjalankan aktivitasnya. Karena kehidupannya yang nggak mainstream, maka seseorang yang senang begadang sering menghasilkan berbagai solusi kreatif dibanding yang tidur tepat waktu.

Advertisement

3. Lebih bisa berkonsentrasi, apalagi buat SoHip yang nggak suka bising 

Kesunyian membantu konsentrasi Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Kalau menambah konsentrasi nampaknya sudah jelas manfaatnya. Apalagi buat SoHip yang nggak bisa konsentrasi kalau suasananya ramai.  Saat begadang, otomatis suasana lebih tenang dan hening. Suasana ini cocok banget untuk belajar, bekerja, dan melakukan hal lain yang mendukung produktivitas.

Begadang juga bisa menambah konsentrasi dalam beribadah. Seperti yang dianjurkan bagi umat muslim untuk bertahajud dan berdoa pada sepertiga malam. Suasana hening dan syahdu ini bisa menambah perasaan kedekatan dengan Tuhan.

4. Begadang bisa mencegah depresi, lo! Kalau dilakukan dengan teknik khusus~

Kesehatan lahir batin itu nomor satu Foto oleh Engin Akyurt dari Pexels

Ternyata begadang memiliki manfaat untuk mencegah depresi, gangguan mental yang bisa menyerang baik pria, wanita hingga remaja sekalipun. Beberapa ahli percaya bahwa begadang bisa meningkatkan perasaan bahagia. Hal ini bisa muncul karena sensasi tidur cukup dari yang sebelumnya kurang tidur karena begadang. Untuk mendapat perasaan bahagia ini ada caranya, jadi nggak bisa asal.

Pertama, SoHip dianjurkan untuk begadang semalaman. Pada hari berikutnya, SoHip tidak boleh tidur hingga jam tidur tiba. Ketika sudah mencapai ngantuk maksimal, maka SoHip baru boleh tidur dan dianjurkan nggak usah pasang alarm dan biarkan tubuh bangun dengan sendirinya. Cara seperti ini juga cocok banget buat SoHip yang ingin mereset ulang jam tidur yang berantakan.

5. Nggak perlu marah-marah, begadang bikin pagimu makin santai

Menikmati pagi santai tanpa marah-marah Photo by George Bakos on Unsplash

Dikutip dari merdeka.com, terdapat penelitian dari Universitas Westminster yang menyatakan bahwa begadang bikin makin santai esok harinya. Hal ini bisa terjadi karena menurut penelitian orang yang senang bangun di malam hari memiliki kadar hormon kortisol alias hormon stres yang lebih rendah di pagi hari.

Hormon kortisol paling sedikit diproduksi saat menjelang tidur, hal ini membuat tubuh rileks sebagai persiapan tidur. Tapi berkebalikan dengan night owl yang tidur saat menjelang pagi, produksi kadar hormon kortisol juga ikut rendah pula saat pagi.

6. Begadang bikin tubuh semakin waspada terhadap keadaan sekitar

Begadang bisa meningkatkan konsentrasi Foto oleh Steven Audu dari Pexels

Terbiasa begadang akan menempatkan kondisi seseorang serba sunyi dan sepi. Hal ini tentunya bisa menambah kepekaan yang bagi para night owl untuk peka dan waspada terhadap keadaan sekitar. Selain itu, seseorang yang sering begadang biasanya memiliki ketahanan yang lebih tinggi daripada orang yang bangun lebih pagi. Hal ini juga membantu bagi orang-orang yang begadang untuk lebih waspada secara mental.

Meski ada juga beberapa manfaat begadang, kita perlu ingat bahwa kesehatan tetap harus jadi prioritas utama. Sesekali sih tidak apa-apa, tapi jangan sampai begadang jadi kebiasaan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE