6 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga ini Tak Hanya Cegah Cedera Otot Saja

Manfaat pemanasan sebelum olahraga

Salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Tentu saja menggerakan tubuh dengan cara berolahraga punya banyak sekali manfaat positif bagi kita. Selain mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, berolahraga juga bisa menjadi terapi tersendiri bagi kondisi mental seseorang.

Advertisement

Jika kamu mengikuti kelas atau olahraga bersama pelatih profesional, selalu ada sesi pemanasan. Saat kita sekolah dulu, kita tahu bahwa manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah untuk membuat tubuh lebih rileks sebelum melakukan aktivitas fisik. Namun, kadang kita malas untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga karena dianggap membuang-buang waktu saja. Padahal ada banyak sekali manfaat pemanasan sebelum olahraga. Seperti yang Hipwee paparkan di bawah ini.

1. Pemanasan bisa menambah fleksibilitas tubuh. Hal ini berguna untuk melakukan aktivitas fisik sehari-hari

Olahraga meningkatkan fleksibilitas/Credit: Unsplash @elli19

Manfaat pemanasan yang pertama adalah menambah fleksibilitas tubuh. Sebagian aktivitas olahraga memang membutuhkan kelenturan tubuh yang lebih baik. Pemanasan sebelum berolahraga berguna untuk membuat tubuh terasa lebih ringan dan lentur. Ya, sebenarnya kelenturan nggak hanya berguna untuk olahraga, setiap aktivitas juga membutuhkan hal ini.

Singkatnya, manfaat melenturkan tubuh ini sangat penting bagi kesehatan kita sehari-hari. Tubuh yang lentur memudahkan kita untuk melakukan beragam aktivitas fisik sehari-hari. Apalagi kalau bekerja. Melakukan pemanasan setiap hari juga bisa membantu kita menunda penurunan kemampuan fisik akibat penuaan.

Advertisement

2. Pemanasan bisa memperbaiki postur tubuh lebih baik. Hal ini terjadi karena pemanasan berguna untuk mencegah ketidakseimbangan otot

Pemanasan/Credit: Unsplash @connorbowden_photos

Secara keseluruhan, manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah untuk mencegah terjadinya cedera yang membuat postur tubuh berubah. Tanpa kita sadari, berolahraga sendiri memang berdampak bagi postur tubuh seseorang. Nah, melakukan pemasaan sebelumnya akan membantu memperbaiki postur tubuh jauh lebih baik. Hal ini bisa terjadi karena pemanasan pada dasarnya bermanfaat untuk mencegah ketidakseimbangan otot.

3. Melakukan pemanasan setiap hari setelah bekerja bisa mencegah nyeri sendi dan mendapatkan istirahat yang lebih baik

Kualitas tidur yang membaik/Credit: Unsplash @theysane

Melakukan pemanasan sebelum olahraga juga bisa mencegah nyeri sendi yang kerap dirasakan apalagi oleh mereka yang bekerja di hadapan laptop selama seminggu penuh. Biasanya fleksibilitas di bagian paha belakang, pinggul, dan sekitar otot pinggul akan terganggu karena terlalu banyak duduk. Nah, dengan pemanasan, kita akan bisa mengurangi beban tekanan pada titik-titik tersebut. Hasilnya, kamu akan merasa lebih baik karena nyeri sendi bisa teratasi. Tidur dan istirahat pun jadi nyenyak.

4. Jika kamu ingin berolahraga dengan maksimal, pemanasan bisa meningkatkan jangkauan gerakan dan durabilitas tubuh saat berolahraga

Advertisement

Pemanasan bisa membuat gerakan kita lebih lentur/Credit: Unsplash @timberfoster

Buat kamu yang punya kebiasaan berolahraga satu atau dua kali dalam seminggu, maka pemanasan adalah sesuatu yang sangat penting. Pasalnya, dalam waktu satu minggu, persendian kita akan terasa kaku. Jika langsung berolahraga tanpa pemanasan, badan akan terasa sangat berat dan aktivitasnya jadi kurang efektif.

Banyak orang yang belum tahu kalau ada beberapa jenis pemanasan. Pertama ada pemanasan statis yang dilakukan dengan cara meregangkan otot dan menahan di satu posisi. Lalu ada pemanasan dinamis yakni melakukan gerakan-gerakan kecil yang ringan berulang kali. Kedua pemanasan ini berguna untuk meningkatkan jangkauan gerakan saat kita hendak berolahraga.

5. Pemanasan bisa meningkatkan dan memperlancar aliran darah ke otot dan sendi yang membuat rasa sakit setelah berolahraga akan jauh berkurang

Meminimalisir rasa sakit/Credit: Unsplash @victorfreitas

Tujuan pemanasan dalam olahraga adalah meningkatkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang jauh lebih baik, otot dan sendi akan semakin lancar. Yup, pemanasan beberapa menit sebelum berolahraga akan membantu aliran darah yang tersumbat untuk terbuka. Karena hal ini, waktu pemulihan tubuh setelah berolahraga akan jauh lebih cepat. Hal ini mirip dengan manfaat pendinginan setelah berolahraga yang membuat nyeri otot jauh lebih ringan.

6. Terakhir ada manfaat untuk menambah performa olahraga. Banyak penelitian yang menyebut kalau melakukan pemanasan sebelum berolahraga bisa membuat otot dan sendi jauh lebih siap beraktivitas

Pemanasan bisa meningkatkan performa olahraga/Credit: Unsplash @markwilliamspics

Terakhir tentu saja adalah manfaat untuk meningkatkan performa saat kita berolahraga. Seperti kita sudah bahas, melakukan pemanasan sebelum olahraga bisa membuat otot dan sendi jauh lebih siap. Apakah manfaat melakukan pemanasan sebelum berenang atau olahraga lain? Tentu saja membuat badan kita jauh lebih siap.

Melakukan olahraga dalam kondisi otot dan sendi yang lebih siap terbukti membuat performa aktivitas kita meningkat drastis. Hal ini terjadi karena otot dan sendi yang lebih siap minim untuk mengeluarkan tenaga. Jadi kamu bisa melakukan aktivitas olahraga lebih lama dari biasanya dan tetap segar.

Nah, itulah beberapa manfaat pemanasan sebelum olahraga yang nggak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, bukan cuma untuk mencegah cedera dan pegal-pegal. Oh ya, selain pemanasan, manfaat pendinginan setelah berolahraga juga tak kalah penting, lo. Baiknya kedua aktivitas ini dilakukan beriringan supaya badanmu lebih maksimal menerima kebaikan dari berolahraga, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE