6 Trik Menata Kamar Tidur Sempit Biar Nggak Terasa Sumpek. Pakai Kasur Lesehan Adalah Koentji

Menata kamar tidur sempit

Sebagai salah satu ruangan dalam rumah yang sering digunakan, kamar tidur mesti ditata dengan benar biar nggak kelihatan sumpek dan nyaman. Apalagi jika ukurannya tak terlalu besar, cuma 2 x 2 misalnya. Memang agak sulit menata kamar tidur, sebab kadang kasur dan lemari saja sudah makan tempat. Belum lagi, jika kamu harus menambahkan rak untuk menaruh make-up maupun buku-buku.

Advertisement

Tak perlu khawatir, Hipwee Tips punya trik sedehana untuk mengakalinya. Sekalipun kamu punya banyak barang, kamar tidur tak akan kelihatan penuh.

1. Cat ulang tembok dengan menggunakan warna cerah

dicat warna cerah via kostkeren.com

Kamu bisa memilih warna cerah seperti biru muda, hijau muda, krem, atau abu terang. Warna-warna ini akan membuat kamar tidurmu nggak kelihatan padat. Setelah itu, jangan lupa pilih perabot dengan warna senada supaya kamar tidur terlihat lebih menarik.

2. Alih-alih memakai ranjang yang makan tempat, kasur bisa kamu letakkan di bawah saja

kasurnya lesehan saja via dekorid.blogspot.com

Pemakaian ranjang justru membuat ruangan jadi lebih sumpek. Kecuali, jika kamu memakai ranjang pendek yang bawahnya bisa dipakai sebagai storage sekalian. Ukuran kasur juga mesti disesuaikan dengan luas ruangan. Kalau bisa kasur hanya memakan sepertiga dari luas kamar.

Advertisement

3. Biar kelihatan luas, taruhlah cermin lantai di sudut kamar

taruh cermin lantai via id.pinterest.com

Cermin ini bisa disandarkan pada tembok yang dekat dengan kasur. Karena bisa memantulkan area di depannya, cermin akan membuat kamar tampak lebih luas. Kamu bisa memilih cermin berbentuk persegi panjang dengan frame putih di tiap sisinya.

4. Biar nggak makan tempat, pakailah kipas angin dinding atau gantung

pasang kipas angin dinding via dawaihati.com

Sekalipun ukurannya kecil, kipas angin meja atau duduk tetap makan tempat di kamar tidur. Padahal ruang kosong ini bisa kamu manfaatkan untuk menaruh perkakas lain. Biar nggak sumpek, kipas dinding bisa kamu taruh menghadap kasur.

5. Kalau mau ada karpet, pilih yang ukurannya kecil dan tanpa motif atau polosan

pakai karpet kecil tanpa motif via id.pinterest.com

Ukuran karpet nggak boleh lebih dari setengah ruangan, misalnya cukup 100 x 150 saja atau setinggi tubuhmu. Kamu juga nggak boleh memakai karpet bermotif, karena akan membuat kamar terlihat penuh. Warna karpetnya bisa disesuaikan dengan cat tembok kamar, ya!

Advertisement

6. Gunakan rak kecil vertikal untuk menaruh perkakas atau printilan-printilan lainnya

pakai rak tinggi via id.pinterest.com

Belilah rak kayu minimal empat tingkat untuk menaruh barang-barangmu yang belum terakomodasi. Untuk make-up, kamu mesti menaruhnya di kotak kecil dulu, biar nggak berantakan dan bikin rak makin penuh. Selain itu, kamu mesti memilih rak dengan warna netral seperti khaki atau krem biar kamar tampak lebih luas. Atau, kamu bisa memasang rak gantung untuk menaruh perkakas lainnya.

Untuk kamar tidur yang berukuran mungil, tembok dan perkakas di dalamnya mesti dibuat senada. Sebab, perbedaan warna yang mencolok justru bikin kamar terlihat lebih sumpek. Jangan lupa manfaatkan setiap sudut dalam kamar, bahkan hingga belakang pintu sekalipun.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE