6 Trik Atasi Minyak yang Berbuih Setelah Dipakai Goreng Telur. Hemat lah, Masih Bisa Diakali~

Mengatasi minyak berbuih

Makanan tinggi protein selain telur jika digoreng bakal bikin minyak berbusa. Memang nggak begitu berpengaruh ke rasa, tapi minyak yang berbuih atau berbusa bikin kita jadi sulit mengecek apakah makanan yang digoreng sudah cukup matang atau belum. Selain itu, busa juga bikin kita jadi lebih boros minyak saat memasak

Advertisement

Nah, biar minyak nggak berbusa meski habis dipakai goreng makanan yang mengandung telur, coba lakukan beberapa trik dari Hipwee Tips berikut. Selain jadi lebih hemat, minyak juga nggak akan terlalu banyak meresap pada makanan nantinya.

1. Meski baru sekali dipakai, usahakan kamu tetap menggoreng makanan mengandung telur dengan minyak baru

pakai minyak baru via www.goodfoodstories.com

Makanan mengandung telur ini beragam contohnya, bisa perkedel atau bandeng yang dilumuri telur. Selain mengurangi risiko buih ketika digoreng, minyak baru juga bikin masakan lebih sehat dan lezat.

2. Tuangkan minyak sesuai kebutuhan, jangan sampai kurang ataupun lebih

minyak pas via ourcraftykitchen.com

Karena terkena suhu panas, kotoran di wajan akan ikut naik jika minyaknya kurang. Meski begitu, kamu pun nggak boleh pakai minyak berlebihan. Sebab, bisa membuatnya cepat berbusa dan kualitas makanan jadi nggak bagus. Mending gunakan minyak secukupnya saja.

Advertisement

3. Pastikan kamu memakai suhu api yang tepat, nggak terlalu kecil atau besar

pakai api yang pas via depositphotos.com

Api terlalu kecil bisa membuat makanan lebih lama matangnya. Tapi, kalau kebesaran minyak goreng jadi cepat panas dan lebih mudah berbusa. Nah, daripada bingung mending atur api di suhu sedang saja.

4. Atau, kamu bisa menambahkan sedikit minyak pada adonan telur

tambahkan minyak via www.thespruceeats.com

Sebelum mencampurkan masakan dengan telur, kamu bisa memberi sedikit minyak goreng yang masih dingin pada kocokan telurnya. Biasanya, bahan makanan yang diberi sedikit minyak sebelum digoreng menghasilkan busa yang lebih sedikit ketika proses penggorengan berlangsung.

5. Menambahkan sedikit garam ke dalam minyak saat menggoreng juga bisa mengurangi busanya lo!

tambah garam via health.usnews.com

Kandungan kristal pada garam bisa meminimalisir buih yang keluar pada minyak setelah digoreng. Garam yang dicampur dengan minyak panas akan melebur dan nggak mempengaruhi rasa masakan kok. Selain buih, garam juga bisa membuat makanan yang digoreng nggak meletup-letup lo!

Advertisement

6. Tepung terigu juga jadi bahan yang bisa digunakan untuk mengurangi buih pada minyak saat digoreng

menambahkan tepung via www.bettycrocker.com

Kamu bisa mengambil sejumput tepung terigu untuk ditaburkan pada minyak goreng yang sudah panas. Tepung terigu yang ditaburkan pada minyak juga bisa membuat masakan lebih krispi kalau kamu membuat makanan yang bertepung, misalnya kroket ayam.

Itu tadi beberapa cara yang bisa digunakan agar minyak yang dipakai saat menggoreng nggak berbuih atau berbusa. Lumayan kan masih bisa dipakai lagi? Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE