Pernah nggak sih kalian merasa nggak lapar tapi bawaannya pengen ngunyah mulu?

Yup, biasanya hal ini sering dialami oleh beberapa orang ketika sedang bosan. Nggak cuma cewek, beberapa cowok juga merasakannya. Di Jepang, istilah makan karena bosan ini dikenal dengan sebutan kuchi sabishii atau dalam Bahasa Inggris disebut lonely mouth. Memang nggak berbahaya sih, tapi kalau makanan yang kamu konsumsi mengandung banyak gula atau garam, yang rugi kamu juga.

Advertisement

Alih-alih menuruti keinginan mulutmu untuk banyak mengunyah, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa jadi alternatif untuk dilakukan. Biar nggak nyesel belakangan, kan?

1. Menaruh makanan di piring bisa jadi alternatif supaya kamu merasa terbebani dengan apa yang dimakan

taruh di piring via cleaneatingveggiegirl.com

Memang sih nggak instan, tapi cara ini cukup ampuh untuk membuatmu jera kok. Ya, perasaan jera biasanya didapat karena kamu merasa bersalah setelah melihat banyak makanan di atas piring. Alih-alih memakan, kamu justru malah membiarkannya begitu saja.

2. Meminum air putih juga bisa jadi salah satu cara untuk mengcegahmu mengunyah berlebihan

minum air putih via www.goodnewsnetwork.org

Agar rasa kenyang bertahan lebih lama, kamu dianjurkan untuk minum satu gelas air dulu sebelum makan. Saat tiba-tiba merasa ingin makan, cobalah untuk minum air putih seenggaknya dua gelas agar keinginan tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

3. Cobalah berjalan untuk mengalihkan keinginan mulut untuk makan

jalan di sekitar rumah via www.shutterstock.com

Advertisement

Berjalan selama 10 menit di sekitar rumah bisa menyembuhkan rasa bosan dan keinginan untuk makan. Selain itu, kamu pun jadi lebih sehat berkat pergerakan tubuhmu.

4. Saat bosan dan terasa ingin ngemil, kamu bisa mengalihkannya dengan menelepon saudara atau teman

telpon teman via www.videoblocks.com

Percaya nggak percaya, percakapan yang asing bisa membuatmu lupa akan rasa lapar. Bahkan kadang karena terlalu asyik, kamu pun bisa mengobrol hingga berjam-jam.

5. Atau, coba alihkan hasratmu dengan menguteks kuku tangan

cat kuku via www.youtube.com

Kalau kukumu dikuteks, kamu jadi merasa takut kalau-kalau nanti malah rusak karena ngemil. Meski sederhana, namun cara ini cukup manjur kok untuk dicoba.

6. Alih-alih ngemil, kamu bisa memanfaatkan tanganmu yang lagi ‘gatal’ itu untuk menata barang-barang

beres-beres via www.realsimple.com

Nggak cuma bikin ruangan rapi, hal ini pun juga turut membantu produktivitasmu lo! Selain terhindar dari kegendutan, kamu pun akan merasa senang berkat ruangan yang bersih dan tertata rapi.

7. Rasa ingin makan biasanya timbul karena mulut nggak bergerak, untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan mengunyah permen karet

makan permen karet via dailypost.in

Permen karet mengandung gula yang mana bisa membuatmu tahan terhadap lapar. Selain bisa menahan untuk nggak ngemil, ini pun bisa bantu mengecilkan pipimu yang tembem lo!

Nah, daripada berat badanmu naik gara-gara kebiasaan yang seringnya nggak diketahui kayak hawa-hawa pengen ngunyah ini, mending segera hindari. Kelihatannya sih mudah, namun kamu butuh komitmen supaya cara-cara ini bisa berhasil mencegah rasa ingin makan karena bosanmu itu. Semoga berhasil!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya