Cegah Ngantuk Setelah Makan dengan 6 Cara ini. Perut Tetap Kenyang, Nggak Nguap-nguap Lagi

Ngantuk setelah makan

Mengantuk setelah makan siang seolah jadi hal biasa yang sering dikeluhkan banyak orang. Padahal menurut medis, kondisi ini sebenarnya nggak normal. Selain karena makanan yang dikonsumsi, penyebab ngantuk ini biasanya disebebkan oleh pengaruh neuron dan kekurangan enzim. Memang nggak begitu bermasalah, tapi kalau dibiarkan ini akan mengganggu aktivitas. Apalagi kalau kamu bekerja.

Nah, sebelum jadi penghalang aktivitasmu, mending cegah dan atasi cara ngantuk ini dengan beberapa cara berikut. Daripada lagi kerja cuma nguap-nguap terus lo!

1. Kalau biasanya makan dengan porsi banyak, cobalah kurangi pelan-pelan

kurangi porsinya via www.hipwee.com

Advertisement

Makan banyak bisa membuat perut kesulitan mencerna dan membuat sistem pencernaan jadi cepat lelah. Akibatnya, tingkat gula darah jadi rendah dan kamu akan mudah mengantuk. Kurangi porsi namun makan lebih sering untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

2. Usahakan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dan karbohidrat kompleks

protein tinggi via www.liputan6.com

Kedua kandungan ini bisa meningkatkan glukosa dalam tubuh yang membuat kita nggak cepat lemas. Kamu bisa mendapatkan kedua kandungan ini dalam daging, telur, keju, dan kacang-kacangan.

3. Jangan lupa siapkan juga menu buah dan sayur untuk makan siang

makan buah via www.eatingbirdfood.com

Asupan buah yang cukup bisa memberikan energi yang cukup berkat kandungan gula alaminya. Nggak cuma itu, buah dan sayur pun bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu akan mendapatkan energi yang cukup.

4. Usahakan buat nggak mengonsumsi kafein, baik kopi maupun teh

hindari kafein via www.sehatq.com

Advertisement

Memang, kedua minuman ini bisa mencegah rasa ngantuk. Tapi sayangnya ini cuma sementara saja. Lama-kelamaan, kafein justru bisa membuat tubuh cepat lemas karena cairan tubuh jadi cepat habis.

5. Cukupi juga kandungan air dengan minum air mineral

Selain terhindar dari dehidrasi, sistem pencernaan juga akan bekerja jika cairan tubuh tercukupi. Makanya, setelah makan, kamu dianjurkan untuk minum air mineral setidaknya satu sampai dua gelas.

6. Akan makin efektif kalau kamu juga melakukan olahraga ringan setelah makan

jalan sekitar kantor via www.wsj.com

Tapi jangan buru-buru, sebab jika setelah makan langsung olahraga bisa-bisa kamu malah mengalami sudukan. Tunggulah selama 15 menit hingga makanan selesai dicerna, baru setelah itu kamu bisa melakukan olahraga ringan. Nggak perlu ngoyo, cukup jalan-jalan sekitar ruangan saja juga cukup kok.

Nah, supaya nggak makin ngantuk ada baiknya kalau kamu menghindari makanan yang mengandung lemak. Lemak yang tinggi memang bisa menambah energi, tapi ini juga bisa hilang setelah beberapa saat. Makanya, yuk mulai perhatikan menu makan siangmu, biar nggak jadi lemas dan malah ngantuk.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE