Pilihan Obat Sakit Gigi Alami dan Produk Apotek yang Cespleng Khasiatnya. Nyut-nyutan Hilang!

Obat sakit gigi

Kalau kata Maggie Z, “daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi”, tapi pernyataan ini nggak selalu bisa diterima setiap orang. Rasa sakit gigi dan sakit hati itu mirip-mirip; bikin nangis, bikin merintih, dan bikin malas ngapa-ngapain. Di antara banyak sakit mulut lain, sakit gigi memang yang paling menyiksa. Nggak cuma jadi susah makan, tapi suasana hati atau bahkan kesehatan tubuh secara keseluruhan pun bisa ikut kena.  Terlebih jika rasa sakit datang di malam hari saat cuaca dingin.

Advertisement

Melansir laman Tirto, sakit gigi mengacu pada rasa sakit yang terjadi di sekitar gigi dan rahang yang pada umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi. Di beberapa kasus, sakit gigi bisa datang dan pergi secara tiba-tiba, tapi bukan berarti ini bisa dibiarkan begitu saja. Daripada kerusakan gigi makin parah, atasi dengan menggunakan obat sakit gigi paling ampuh dan tidak kambuh lagi. Banyak obat sakit gigi yang ampuh dan cepat sembuh yang bisa digunakan, baik berupa obat-obatan dari apotek maupun dari bahan alami. Berikut obat sakit gigi berlubang yang bisa meredakan nyerinya perlahan.

Penyebab sakit gigi bukan serta-merta karena keseringan makan permen saja. Banyak faktor lain yang bisa memicunya

penyebab sakit gigi via www.winnetnews.com

Secara umum, sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti gusi bengkak, tumbuh gigi, gigi berlubang, gigi retak, atau abses gigi. Beberapa penyebab tersebut bisa terjadi karena banyak faktor, misalnya sering mengonsumsi makanan manis dan jarang menggosok gigi. Gejala sakit gigi tak cuma nyeri saja, bisa juga terjadi pembengkakan atau bahkan perdarahaan di area gigi yang membuatmu jadi kesulitan membuka mulut lebar-lebar.

Bukan cuma mitos, obat sakit gigi alami ternyata memang benar-benar manjur lo! Bahkan ada yang baru sekali dipakai saja, sakit gigi perlahan berkurang

Obat sakit gigi alami cepat sembuh kebanyakan memanfaatkan bahan-bahan dapur untuk meredakan nyerinya. Karena cukup aman, bahan alami ini dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil juga. Berikut cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dengan bahan rumahan yang bisa kalian coba praktikkan.

Advertisement

1. Berkumur dengan air garam

kumur air garam via lifestyle.okezone.com

Air garam merupakan disinfektan alami yang dapat mengeluarkan sisa-sisa makanan dan kotoran yang tersangkut di gigi. Campuran air garam juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan peradangan akibat infeksi dan menyembuhkan luka mulut. Untuk pengobatan, setengah sendok teh air garam bisa dicampur dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Metode ini juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak karena minim efek samping.

Advertisement

2. Mengunyah bawang putih 

kunyah bawang putih via www.winnetnews.com

Bumbu dapur ini memiliki kemampuan untuk melepas zat allicin serta menghasilkan minyak alami yang dapat melawan bakteri penyebab sakit gigi dan peradangan gusi. Obat sakit gigi bengkak ini dapat digunakan dengan cara dicincang atau dikunyah langsung dan ditempatkan pada gigi yang sakit. Meski efektif, sayangnya bawang putih bisa menyebabkan iritasi jaringan gigi. Jadi kalau gusi mulai panas, baiknya segeralah berkumur dengan air untuk menetralisir efeknya.

3. Meneteskan minyak cengkih 

pakai minyak cengkih via www.klikdokter.com

Eugenol dalam minyak cengkih dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang bisa meredakan peradangan dan sakit gigi. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu meneteskan minyak cengkih pada selembar kapas lalu tempelkan di area gigi yang sakit. Karena dari bahan alami, antiseptik minyak cengkih juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang aman dan efektif.

4. Mengunyah daun jambu biji

kunyah daun jambu via viettimes.vn

Daun jambu biji dapat dimanfaatkan sebagai pereda nyeri alami yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Jika gigimu nyut-nyutan, cobalah lipat daun jambu biji lalu masukkan ke mulut dan kunyah hingga keluar ekstraknya. Setelah beberapa saat, biasanya rasa nyeri akan berkurang. Nah, biar rasa nyeri nggak kembali lagi, haluskan atau cincang daun jambu biji lalu seduh dengan air mendidih kemudian gunakan untuk berkumur. 

5. Kompres dingin 

kompres dingin via www.absolutedental.com

Kompres dingin mampu mengerutkan pembuluh darah di area yang sakit dan membuat nyeri gigi berkurang. Untuk menggunakannya, kamu cukup memasukkan beberapa bongkah es batu ke dalam handuk kecil, lalu tempelkan di sisi pipi yang giginya sakit. Diamkan kompres dingin selama 15 menit. Kalau nggak ada es batu, bisa diganti dengan air dingin lalu tempatkan di wadah plastik. Supaya sakit dan bengkaknya cepat mereda, kompres tiap beberapa jam sekali, ya!

Kalau nggak mau repot, beli saja obat sakit gigi apotik yang sudah pasti manjurnya. Nggak bisa minum obat kapsul? Tenang, ada kok obat sakit gigi spray yang lebih praktis dan nggak pahit

1. Obat sakit gigi Cataflam 

anti nyeri Cataflam via www.sehatq.com

Selain untuk meredakan sakit gigi, Cataflam juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Kandungan Kalium diklofenak di dalamnya memiliki sifat antiinflamasi yang cukup efektif jika dikonsumsi sesuai dosis yang tepat. Dosis Cataflam sebenarnya tergantung penggunaannya, tapi umumnya obat ini akan dikonsumsi dengan dosis 25 sampai 100 mg sebanyak 1-4 kali sehari. Dosis maksimum Cataflam dalam sehari adalah 150-200 mg, melansir laman Alodokter.

2. Obat sakit gigi Ibuprofen

Ibuprofen untuk anak dan dewasa via www.tokopedia.com

Obat anti nyeri ini dapat digunakan untuk mengatasi nyeri dari yang ringan sampai sedang. Biasanya, Ibuprofen digunakan untuk mengatasi sakit gigi akibat infeksi atau ada luka peradangan di gusi maupun sekitar mulut. Selain dikonsumsi dewasa, Ibuprofen juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak. Tapi, tentu dosisnya berbeda. Berikut aturan konsumsi Ibuprofen untuk sakit gigi yang dilansir dari laman Hello Sehat .

  • Untuk orang dewasa atau remaja, 200 – 400 mg tiap 4 sampai 6 jam tergantung kebutuhan dan rasa sakit yang dirasakan. Dosis tertinggi adalah 3200 mg per hari.
  • Untuk anak di atas 6 bulan, dosis bisa disesuaikan dengan berat badan. Biasanya dosis akan ditentukan oleh dokter tapi umumnya sekitar 10 mg/kg tiap 6 sampai 8 jam atau 40 mg/kg per hari.

3. Obat sakit gigi Naproxen

pereda nyeri Naproxen via www.tokopedia.com

Dibanding Ibuprofen, efek penghilang rasa sakit dari Naproxen lebih tahan lama. Jadi, kamu tak perlu mengonsumsi Naproxen sesering Ibuprofen. Meski efektif untuk menghentikan sakit gigi, obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, perut kembung, diare, bahkan penglihatan kabur. Jika dikonsumsi sesuai dosis, efek samping bisa diminimalisir. Dosis Naproxen untuk orang dewasa adalah 1 sampai 2 tablet atau setara dengan 220 mg tiap 8 sampai 12 jam sekali, melansir laman Alodokter.

Sekalipun ampuh jangan sekali-kali mengonsumsi obat sakit gigi Pak Tani, sebab obat ini tak memiliki izin BPOM karena dianggap berbahaya, melansir laman Detik. Lagipula kan sudah ada banyak produk apotek lain yang aman, buat apa juga minum obat yang dilarang. Kalau memang sakit gigimu masih belum membaik, segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Daripada coba-coba obat sakit gigi nggak jelas kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE