Berbeda dengan Karang Gigi, ini 6 Cara Mudah Menghilangkan Plak Gigi. Mumpung Belum Mengeras~

Plak gigi

Tahu nggak sih kalau sebenarnya permukaan gigi kita nggak pernah benar-benar bersih meski sudah disikat? Permukaan gigi secara alami membentuk sebuah lapisan tipis bernama pelikel gigi. Lapisan inilah yang menjadi tempat menempelnya plak gigi. Plak gigi adalah lapisan lengket pada permukaan gigi. Penyebab plak gigi adalah sisa-sisa makanan.

Advertisement

Banyak orang yang salah menganggap kalau plak gigi sama dengan karang gigi. Padahal dua masalah ini ada bedanya. Perbedaan plak dan karang gigi terletak pada bentuk, warna dan kandungannya. Plak gigi bersifat lunak dan lengket dengan warna yang transparan berisi kuman. Sementara karang gigi bersifat keras dan memiliki permukaan kasar dengan warna yang kuning, cokelat, atau hitam. Komposisinya juga bergantung pada konsentrasi kalsium yang terdapat dalam cairan mulut. Berikut cara menghilangkan plak gigi dengan mudah.

1. Rajin menyikat gigi dengan teliti dengan pasta gigi ber-fluoride

menyikat gigi teratur | credit: AllaSerebrina via id.depositphotos.com

Kalau scaling gigi dianjurkan untuk membersihkan karang gigi, maka cara untuk menghilangkan plak gigi penyebab bau mulut adalah cukup dengan menyikat gigi dengan teratur. Menyikat gigi dua kali sehari membantu mencegah pembentukan plak dan menghancurkan gejala plak gigi yang mulai terbentuk. Sebab bakteri penyebab plak terus berkembang dan menyikat gigi harus dilakukan teratur.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang berkhasiat melindungi gigi, menciptakan permukaan gigi yang lebih keras, dan mencegah gigi berlubang. Pastikan juga kamu membersihkan seluruh daerah mulut. Gigi, gusi, lidah dan bagian dalam pipi.

Advertisement

2. Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi

pakai dental floss | credit: IgorVetushko via id.depositphotos.com

Cara kedua ini mungkin jarang digunakan oleh banyak orang. Kamu bisa pakai dental floss alias benang gigi setidaknya sekali sehari sebelum pergi tidur. Benang gigi ini bisa membantu kita mengangkat dan menghilangkan beragam bakteri dan sisa makanan yang terselip pada permukaan dan sela-sela gigi.

3. Cegah plak gigi dengan obat kumur khusus yang sesuai dan sudah didiskusikan dengan dokter gigi

pakai mouthwash khusus | credit: Krakenimages.com via id.depositphotos.com

Buatmu yang sering menggunakan mouthwasher atau pembersih mulut, coba periksa lebih teliti kandungan pada obat kumur yang biasa kamu gunakan. Sebab ada beberapa jenis obat kumur yang bisa membuat rongga mulut lebih kering dan justru membantu perkembangan plak tertentu. Lebih baik kamu diskusikan penggunaan obat kumur dengan dokter gigi, sebab obat kumur pencegah plak berbeda dengan mouthwasher yang hanya berfungsi menyegarkan nafas. Pada beberapa kasus tertentu, orang yang menggunakan mouthwasher justru mengeluh karena mulutnya berbau nggak sedap lo!

4. Hindari makanan dan minuman manis yang sifatnya lengket karena bisa memicu plak gigi dalam jumlah banyak

hindari makanan manis | credit: stetsik via id.depositphotos.com

Munculnya plak gigi sendiri nggak bisa dilepaskan dengan gaya hidup kita sehari-hari. Hal penting yang harus diperhatikan tentu saja konsumsi makanan dan minuman kita sehari-hari. Akan lebih bagus kalau kita menghindari makanan dan minuman manis yang lengket seperti permen, kismis, camilan cokelat atau minuman bersoda. Plak gigi pada bayi dan plak gigi pada balita biasanya disebabkan konsumsi makanan manis yang berlebihan.

Advertisement

5. Kamu juga bisa membersihkan plak gigi dengan menggunakan baking soda yang bisa membuat gigi dan gusi lebih kuat dengan efek antibakteri pada plak

gosok gigi pakai baking soda | credit: Shtak3t via id.depositphotos.com

Selain menggunakan bahan-bahan kimia dan medis, kita juga bisa menghilangkan plak gigi dengan bahan alami lo. Salah satunya dengan baking soda yang bisa membuat gigi dan gusi terasa lebih adem dan memberikan efek antibakteri pada plak sambil mengembalikan keseimbangan pH dalam mulut.

Kamu tinggal buat pasta gigimu sendiri dengan menambahkan satu sendok makan baking soda dan setengah sendok teh garam. Sebelum menyikat gigi, aduk pasta gigi dalam campuran dua bahan tersebut sampai jadi pasta gigi baru. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk mendapat hasil lebih cepat. Jika sudah membaik, gunakan seminggu sekali untuk perawatan.

6. Terakhir, kamu bisa membersihkan gigi dengan cuka dengan cara dikumurkan

berkumur dengan cuka | credit: tashka2000 via id.depositphotos.com

Selain menggunakan baking soda, menggunakan campuran cuka dan garam dalam setelah cangkir air hangat juga ampuh menghilangkan plak gigi. Kamu hanya perlu berkumur dengan larutan ini selama beberapa menit. Berkumur dengan campuran bahan tersebut membantu melindungi enamel dan melawan penumpukan plak pada mulut. Tapi jangan sering-sering, ya. Seminggu dua kali cukup.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghilangkan plak gigi. Hal ini perlu diketahui sebab plak gigi dapat menyerang dan menginfeksi gigi, merusak gigi bagian dalam dan membuat mulut berbau nggak sedap. Ya, semoga artikel ini bisa membantumu mengatasi masalah plak gigi yang membandel. Sebelum berubah jadu karang gigi lo~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE