7 Tanda Usus Kotor Karena Sisa Makanan yang Susah Dibuang. Awas, Bisa Berubah Jadi Racun!

Tanda usus kotor

Setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh nggak semuanya dicerna dan diserap nutrisinya. Sisa atau ampasnya akan dibawa ke usus besar untuk dipilah-pilah dan dikeluarkan melalui organ pembuangan. Masalahnya, ada juga sisa yang tertinggal dan menempel di sepanjang usus besar. Terutama sisa-sisa yang berasal dari makanan berlemak seperti gorengan, makanan cepat saji, atau makanan kemasan yang mengandung banyak MSG dan pemanis buatan.

Advertisement

Nggak cuma itu, udara kotor, zat kimia, dan polutan yang masuk melalui pernapasan juga ikut menempel dan bersarang di usus besar. Kalau dibiarkan, sisa-sisa makanan ini akan berkerak dan lambat laun berubah jadi racun yang akan mengganggu sistem pencernaan.

Nah, berikut tanda-tanda yang bisa dirasakan jika kotoran dalam usus besar sudah menumpuk banyak.

1. Usus besar yang kotor dan penuh dengan sisa-sisa makanan memicu sembelit atau susah BAB

sembelit via www.suratkabar.id

Usus akan kesulitan memproduksi lendir ketika dindingnya penuh dengan sisa-sisa makanan. Padahal, lendir ini fungsinya melancarkan saluran di dalam usus dan memudahkan sisa-sisa makanan agar keluar dari perut. Kalau sudah begini, kamu bakal mengalami sembelit.

Advertisement

2. Nggak hanya sakit perut, kotoran yang mengendap di dalam usus menimbulkan nyeri pada sekujur tubuh

badan nyeri via www.honestdocs.id

Badan pegal-pegal nggak cuma disebabkan karena kelelahan, bisa juga pertanda ususmu banyak numpuk kotoran sehingga terinfeksi jamur. Nyeri yang ditimbulkan karena usus kotor termasuk sakit kepala, sakit tulang belakang, dan nyeri yang menjalar dari punggung hingga tubuh bagian bawah, seperti paha, betis, sert tumit.

3. Seseorang dengan kondisi usus kotor akan sangat rentan kelelahan dan malas beraktivitas

lelah dan malas aktivitas via www.theglowwellness.com

Kotoran di dalam usus ternyata dapat masuk ke dalam darah melalui saluran limfa. Kondisi inilah yang bikin kamu cepat lelah dan berisiko mengalami penyakit infeksi.

4. Kekebalan tubuh menurun dan jadi gampang sakit

gampang sakit via www.cnbc.com

Organ pencernaan terutama usus besar bertanggung jawab sebesar 80 persen terhadap kekebalan tubuh seseorang. Jika bagian ini bermasalah, tentu sistem imun di dalam tubuhmu jadi menurun dan gampang sakit.

Advertisement

5. Bau mulut menjadi tanda yang paling umum terjadi ketika usus besar penuh dengan kotoran atau sisa makanan

bau mulut via www.cnbc.com

Makanan sisa yang menumpuk di dalam usus akan mengeluarkan gas yang berbau kurang sedap. Bau gas ini bisa naik ke atas dan membuat napas menjadi berbau kurang sedap.

6. Kulit wajah terlihat kusam dan gampang banget jerawatan bahkan gatal-gatal

Racun dan kotoran yang gagal dibuang oleh usus akan berusaha dibuang lewat kulit. Efeknya, kulit terlihat kusam dan timbul masalah seperti gatal-gatal, eksim, jerawat, dan psoriasis. Karena penyerapan vitamin dalam usus terganggu akibat tumpukan kotoran tadi, nutrisi kulit jadi sulit terpenuhi dan kulit pun akan semakin bermasalah.

7. Karena usus juga merupakan pusat emosi dan energi, mood akan drop ketika banyak kotoran bersarang di dalamnya

mood jadi drop via www.self.com

Usus memiliki tanggung jawab untuk memproduksi hormon serotonin. Ketika ususmu penuh dengan racun, hormon serotonin akan sulit dilepaskan, akibatnya mood jadi drop dan nggak ada energi.

Kalau kamu merasakan beberapa gejala di atas, hal yang paling kamu butuhkan adalah perbanyak makan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan serta minum cukup air putih. Kalau kamu sudah menerapkan pola hidup yang baik, niscaya kesehatan usus akan terjaga, sisa-sisa makanan di dalamnya pun akan terbuang dengan sempurna.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE