6 Tips Rambut Anti Gatal Saat Pakai Jilbab. Kurangi Garuk-garuk di Cuaca Panas dan Lembap

Rambut gatal saat berjilbab

Meski tertutup jilbab, rambut tetap mesti dirawat lo! Malah, butuh perawatan khusus biar rambut nggak rusak dan berketombe. Kadang saat cuaca sedang terik, keringat di kepala bisa bikin rambut jadi gatal saat pakai jilbab. Hal ini wajar terjadi, pasalnya udara di area kulit kepala nggak bisa keluar masuk dengan leluasa.

Advertisement

Nah, Hipwee Tips punya cara supaya rambut nggak terasa gatal meski tertutup jilbab. Mau panas-panasan pun nggak masalah.

1. Sebelum pakai jilbab, pastikan rambut sudah benar-benar kering

pakai jilbab saat rambut kering via www.egypttoday.com

Menutup rambut yang basah dengan jilbab bikin kulit kepala jadi lembap dan memicu jamur penyebab kulit kepala gatal. Mending keringkan dulu rambut dengan hair dryer sebelum jilbabnya dipakai.

2. Biar nggak gatal, pakailah bahan jilbab yang dingin dan bisa menyerap keringat

pakai jilbab bahan katun via www.agustinnesia.com

Jangan pakai jilbab tebal saat cuaca lagi panas, biar udara di kulit kepala nggak terasa pengap. Pilihlah bahan jilbab yang dapat menyerap keringat, seperti katun misalnya. Tapi kalau kamu ingin menghadiri acara formal dan ingin terlihat mewah, bisa pakai jilbab bahan sifon yang cenderung lebih dingin dan ringan.

Advertisement

3. Usahakan untuk nggak mengikat rambut terlalu kencang

rambut jangan diikat terlalu kencang via hot.liputan6.com

Mengikat rambut terlalu kencang bisa bikin folikel rambut jadi lebih tegang yang akhirnya merusak akar dan mengurangi kelembapan alami rambut. Padahal, kalau pelembap alami rambut bermasalah, kulit kepala jadi dehidrasi dan bisa menimbulkan rasa gatal.

4. Pilihlah sampo dan kondisioner dengan bahan ringan

bahannya ringan via blog.neuffa.com

Sebelumnya, pahami dulu kondisi rambutmu. Kalau cukup kering, pilih sampo dan kondisioner yang punya pelembap alami seperti minyak kelapa. Untuk rambut berketombe, gunakan sampo antijamur yang mengandung Pyrithione zinc atau Selenium sulfide.

5. Ternyata, kamu nggak boleh keramas terlalu sering lo!

keramas jangan sering-sering via lifestyle.okezone.com

Keseringan keramas ternyata bisa menghilangkan minyak alami pada rambut dan bikin kulit kepala jadi kering. Padahal, kulit kepala yang terlalu kering berpotensi memicu gatal-gatal. Keramas maksimal tiga kali dalam seminggu sudah cukup supaya kulit kepala tetap lembap.

Advertisement

6. Sesekali istirahatkan rambut dan kulit kepala dengan creambath dan pijat

lakukan pijatan di rambut via blog.viviscal.com

Saat berada di rumah, segera lepas jilbabmu. Seminggu sekali kamu bisa melakukan pemijatan menggunakan minyak zaitun supaya rambut lebih rileks. Atau, kamu bisa menyempatkan diri untuk melakukan creambath di salon. Pijatan selama creambath ternyata bisa melancarkan sirkulasi darah di kepala dan menyingkirkan sel kulit mati lo!

Selain beberapa hal di atas, kamu juga mesti memberikan perawatan ekstra pada rambut. Misalnya dengan menggunakan hair tonic atau serum. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambutmu supaya nggak mengalami masalah lainnya, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE