9 Ide Ruang Terbuka Hijau di Area Rumah yang Lahannya Terbatas. Taman Nggak Harus Ada di Teras

Ruang terbuka hijau

Mendengar istilah ruang terbuka hijau, kebanyakan orang akan tertuju pada taman-taman di tengah kota. Kalau diartikan, ruang terbuka hijau adalah area terbuka yang menjadi tempat tumbuhnya tanaman baik secara alami atau yang sengaja ditanam. Ruang terbuka hijau di perkotaan bermanfaat untuk memberikan kesejukan dengan menambah oksigen dari tumbuhan, mengurangi polusi, juga menambah estetika dan kenyamanan. Hari-hari ini, sudah cukup banyak tersedia ruang terbuka hijau di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, hanya saja perlu ditingkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melindungi dan membuatnya tetap asri.

Advertisement

Rupanya, ruang terbuka hijau tak hanya bisa diterapkan di tengah kota, tapi juga di area rumah kita. Ruang terbuka hijau nggak hanya bisa diaplikasikan di area rumah yang besar dan mewah, tetapi juga bisa diterapkan di area rumah sederhana yang lahannya terbatas. Selain membuat rumah terasa lebih asri, ruang terbuka hijau juga melancarkan sirkulasi udara dan menjaga suhu di dalam rumah tetap adem dan nyaman. Seperti apa ruang terbuka hijau jika diterapkan di dalam rumah yang sempit? Berikut beberapa inspirasinya.

1. Menaruh pot tanaman di ruang tamu

pot tanaman di ruang tamu via freshome.com

Menanam tanaman di pot lalu meletakannya di ruang tamu adalah cara yang paling mudah untuk menghadirkan suasana ruang terbuka hijau di rumah. Kamu bisa memilih tanaman hias daun ataupun tanaman bunga yang warnanya menarik. Untuk ukurannya, bisa kamu sesuaikan dengan luas ruang tamu.

Jika ruang tamumu cenderung berukuran sempit, gunakan pot dan tanaman mini saja untuk diletakkan di meja ruang tamu, atau letakkan tanaman yang bentuknya ringkas seperti lidah mertua di pojok ruangan. Tapi jika ruang tamumu cukup luas, kamu bisa meletakkan pot berukuran cukup besar dengan tanaman hias yang unik, atau menambahkan beberapa pot tanaman hias mini untuk digantungkan di sudut-sudut ruang tamu.

2. Meletakkan tanaman hias yang bisa mengatasi insomnia di kamar tidur

tanaman hias di kamar tidur via www.sleepwooven.com

Selain untuk menambah keasrian di dalam rumah, kehadiran ruang terbuka hijau yang diwakili oleh tanaman hias juga bisa memiliki fungsi positif lainnya. Beberapa tanaman hias tertentu punya manfaat unik, yakni untuk membantu aktivitas tidur lebih nyenyak. Para insomniawan-insomniawati wajib punya nih! Coba deh, pilih tanaman-tanaman seperti bunga melati, lidah mertua, lavender, hingga bunga lili paskah untuk diletakkan di kamar tidurmu. Tanaman-tanaman ini disinyalir menghasilkan banyak oksigen, tak terkecuali di malam hari yang mampu membantumu lebih cepat mengantuk.

3. Membuat konsep kamar mandi outdoor yang dipenuhi dedaunan hijau

kamar mandi outdoor via gagohome.com

Konsep kamar mandi outdoor nggak banyak terpikirkan oleh tiap-tiap penghuni rumah. Umumnya, kamar mandi diciptakan sebagai ruangan yang super privat. Nggak boleh ada celah sedikitpun kecuali lubang ventilasi. Berbeda dengan kamar mandi outdoor yang konsepnya justru terbuka, tapi tanpa menghilangkan tujuan privasinya juga ya. Nah, ruang terbuka hijau bisa dihadirkan di sini. Jika kamu memiliki kamar mandi terbuka, letakkan beberapa tanaman air di beberapa sudutnya. Tanaman-tanaman ini nggak hanya memberikan nuansa hijau pada kamar mandi, tapi juga menambah eksotisme kamar mandi outdoor. Berasa di vila-vila Bali deh!

4. Merancang taman mini dekat jendela dapur

tanaman bumbu di dapur via www.oakhillhomestead.com

Taman mini yang diletakkan di dapur ini bisa berupa herb garden atau taman bumbu, dimana setiap tanaman dalam pot bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ataupun bumbu penyedap saat memasak. Beberapa bumbu dapur yang mudah ditanam di pot misalnya daun bawang, bawang merah, seledri, atau rosemary. Untuk penerapannya, kamu bisa gunakan tangga dari bahan kayu minimalis untuk menata pot-pot tanaman bumbu dapur. Selain menggunakan media anak tangga, kamu bisa langsung menatanya di dekat jendela dapur agar lebih mudah terpapar sinar matahari.

Advertisement

5. Membuat taman vertikal atau tembok hijau dalam rumah

taman vertikal via id.pinterest.com

Ruang terbuka hijau di dalam rumahmu juga bisa diwujudkan melalui tanaman merambat yang tumbuh pada satu sisi dinding, mulai hingga lantai hingga plafon. Taman kecil berbentuk vertikal ini nggak hanya berfungsi untuk memberikan hawa sejuk, tapi juga sebagai dekorasi dinding yang asri dan alami. Untuk membuat taman vertikal seperti ini, pilihlah tumbuhan merambat yang diletakkan dalam pot lalu diisikan ke dalam wadah berbentuk memanjang di dinding. Biasanya menggunakan tanaman hidroponik. Model taman vertikal seperti ini cocok banget diterapkan di dalam rumah yang nggak begitu luas, jadi bisa menghemat tempat.

6. Menciptakan ruang terbuka hijau di lorong rumah

tanaman di lorong rumah via id.pinterest.com

Jika di rumahmu terdapat lorong, adalah tempat yang pas untuk menciptakan ruang terbuka hijau di sana. Kamu bisa meletakkan berbagai macam jenis tanaman, khususnya tanaman yang tumbuh memanjang ke atas atau tanaman hias yang menjuntai. Sesuaikan ukuran potnya supaya lorong rumahmu nggak terkesan penuh dan malah jadi sesak. Baiknya, letakkan wadah sebagai tumpuan pot supaya air nggak meleber ke mana-mana ketika kamu menyiramnya. Desain ruang terbuka hijau seperti ini akan cocok diterapkan pada rumah bergaya rustic yang lantainya kayu.

7. Membuat taman segar di area balkon

taman di balkon via probablythis.com

Jangan biarkan balkon di rumahmu terbengkalai begitu saja. Percantik dengan beberapa jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai taman di area balkon. Baiknya gunakan jenis tanaman ringan yang tahan terhadap matahari dan nggak membutuhkan banyak air seperti palem, sikas, bugenvil, pucuk merah, atau kamboja Jepang. Selain mempercantik area balkon rumah, keberadaan tanaman-tanaman ini juga bisa menyerap radiasi matahari, sehingga area rumah bisa tetap sejuk. Duduk-duduk di teras juga makin nyaman jadinya.

8. Memanfaatkan taman gantung di teras sempit

taman gantung di teras via www.pinterest.de

Metode ini hampir mirip dengan pembuatan taman vertikal, karena tanaman terlihat menempel pada dinding. Juga cocok diterapkan pada rumah yang areanya cukup sempit. Kamu bisa membuat gantungan di dinding rumah untuk menggantung pot tanaman. Kamu juga bisa memanfaatkan pipa bekas yang diisi dengan tanah dan ditanami berbagai jenis tanaman, lalu digantung di dinding ruangan. Keberadaan taman gantung tentunya akan membuat rumah lebih asri dan cantik.

9. Tanaman rambat untuk menghias kanopi

tanaman rambat di kanopi via id.pinterest.com

Cara lain untuk menghadirkan ruang terbuka hijau pada rumah dengan area terbatas adalah mengaplikasikan tanaman rambat pada kanopi. Beberapa tanaman rambat yang bisa dimanfaatkan seperti morning glory, alamanda, mandevilla, tanaman anggur, atau curtain ivy dengan sulurnya yang cantik menjuntai. Jangan malas untuk menyiraminya teratur supaya tanaman rambat untuk kanopi ini nggak mengering, terutama di musim kemarau, ya!

Sesuaikan tanaman dengan jenis dan karakter ruang terbuka hijau yang akan kamu buat. Untuk taman di dalam rumah, pilih tanaman yang dapat hidup dengan paparan sinar matahari minim. Sebaliknya, untuk taman terbuka, pilih tanaman yang tahan terhadap eksposur sinar matahari. Pelajari dan lakukan teknik cara merawat tanaman dengan baik dan benar, karena pada akhirnya, cantik atau nggaknya ruang terbuka hijau ini sangat ditentukan oleh kualitas perawatan yang kamu lakukan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE