Jangan Sepelekan Sakit Perut Sebelah Kanan, Bisa Jadi Kamu Mengalami 6 Gangguan Serius ini

Sakit perut sebelah kanan

Sakit perut sebelah kanan mungkin menjadi salah satu jenis sakit perut yang biasa dialami oleh banyak orang. Rasa nyeri yang dialaminya pun bentuknya beragam sekali, mulai dari sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang, sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang rusuk, hingga sakit perut kanan tengah. Dari semuanya, yang paling umum terjadi adalah perut sebelah kanan sakit saat ditekan. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, seperti makan berlebihan, terlalu banyak makan pedas dan minum bersoda, konsumsi alkohol yang nggak beraturan, dan semacamnya.

Advertisement

Hampir dari semua penyebab sakit perut sebelah kanan tersebut berasal dari pola hidup yang tidak sehat. Sayangnya, banyak orang meremehkan keluhan yang satu ini dan menganggap hanya seperti sakit perut biasa saja. Padahal, sakit perut sebelah kanan bisa jadi merupakan indikasi penyakit yang lebih serius seperti di bawah ini.

1. Bisa jadi ginjalmu sedang bermasalah, indikasi yang satu ini memang paling sering terjadi

Waspada sakit ginjal / Credit: Diadona via m.diadona.id

Ketika kamu merasakan sakit perut sebelah kanan, hal tersebut bisa saja menjadi indikator bahwa ginjalmu sedang mengalami masalah. Beberapa gejala yang kerap menyertai biasanya seperti sakit perut sebelah kanan bawah, samping, yang menjalar ke arah selangkangan hingga ke bagian punggung. Selain itu, rasa sakit yang hebat juga terjadi saat buang air kecil, bahkan bisa sampai ada darah dalam urine yang kamu keluarkan.

2. Jika perut sebelah kanan sakit saat ditekan, kemungkinan hal tersebut juga terjadi karena hernia

Kemungkinan hernia / Credit: Solopos via m.solopos.com

Pada umumnya, penyakit yang satu ini memang tak dianggap berbahaya, namun tetap saja mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan. Biasanya, hernia kerap muncul disertai dengan rasa nyeri di sekitar perut sebelah kanan yang akhirnya menyebabkan timbulnya benjolan kecil di sekitar area tersebut. Jika sedang tidak melakukan apa pun, mungkin benjolan tersebut tidak terasa sakit, namun efeknya baru akan terasa ketika kamu batuk atau mungkin mengangkat beban-beban yang terlalu berat.

Advertisement

3. Sakit perut sebelah kanan atas dekat tulang punggung juga bisa terjadi lantaran masalah organ hati dan peradangan pada saluran empedu

Sakit perut kanan atas / Credit: Intisari Grid via intisari.grid.id

Seperti yang kita tahu, ilmu kesehatan menyebutkan bahwa pada perut sebelah kanan terdapat beberapa organ penting dalam tubuh seperti organ hati dan juga saluran empedu. Jika kamu merasakan sakit pada bagian tersebut, bisa jadi organ hatimu sedang bermasalah, atau mungkin saluran empedumu tengah mengalami peradangan.

Nah, jika saluran empedumu benar-benar mengalami peradangan, kamu bakal merasakan nyeri yang hebat pada sekujur perut sebelah kanan, khususnya pada area atas yang akan disertai dengan rasa mual yang hebat pula.

4. Jangan abaikan juga ketika kamu merasakan sakit perut sebelah kanan bawah

Sakit perut kanan bawah / Credit: Alodokter via alodokter.com

Masalah yang paling umum terjadi pada sakit perut sebelah kanan bawah biasanya diakibatkan karena permasalahan pada saluran pencernaan. Dari sekian banyak masalah pencernaan, yang paling kerap terjadi adalah radang usus buntu atau dalam bahasa medis disebut apendisitis. Radang yang terjadi akan diikuti oleh rasa nyeri yang luar biasa, mual, hinga pegal yang tak tertahankan. Kalau sudah sampai seperti itu, tandanya kamu butuh pertolongan yang lebih serius dan tidak boleh terlambat.

Advertisement

5, Selain peradangan pada organ hati dan empedu, sakit perut sebelah kanan atas juga menjadi indikasi bahwa kamu mengalami infeksi liver

Indikasi infeksi liver / Credit: Klikdokter via www.klikdokter.com

Memiliki gejala yang hampir sama, jika livermu mengalami infeksi maka dapat menyebabkan beberapa efek seperti milsanya urine berwarna gelap, mual, dan juga kaki mendadak bengkak. Sakit perut sebelah kanan atas ini merupakan salah satu pertanda bahwa kinerja ginjalmu tak lagi maksimal akibat mengalami infeksi.

Nah, yang paling kerap terkena infeksi ginjal adalah orang-orang yang biasa minum minuman beralkohol, apalagi dicampur dengan bahan-bahan berbahaya. Jangan sampai, ya!

6. Waspada juga, jangan-jangan kamu mengalami penggumpalan darah

Bisa jadi ada penggumpalan darah / Credit: Parenting Orami via parenting.orami.co.id

Dalam kondisi yang lebih serius, sakit perut sebelah kanan juga bisa jadi merupakan indikasi bahwa kamu mengalami penggumpalan darah. Kondisi ini membuat aliran darahmu menjadi terhambat dan berpengaruh kepada kinerja organ dalam lainnya. Biasanya, penggumpalan darah ini dimulai saat organ paru-paru mengalami infeksi. Selain mengalami nyeri yang kuat di bagian kanan perut, biasanya akan diikuti pula kesulitan untuk bernapas.

Jangan sepelekan jika dirimu mengalami nyeri atau sakit perut sebelah kanan. Baik itu pada kanan atas, bawah, maupun tengah, terlebih jika kamu tengah hamil. Perlu diketahui, sakit perut sebelah kanan saat hamil adalah salah satu kondisi yang dapat membahayakan janin yang tengah dikandung lo. Yuk, kenali gejala sakit perut sebelah kanan sejak dini dan jangan lupa menerapkan pola hidup sehat!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE