Sebelum Berpikiran Buat Asal Bongkar, Ini lo 8+ Cara Simpel Hilangkan Embun dalam Kaca Jam Tangan

Cara menghilangkan embun dalam jam tangan

Selain HP, benda lain yang jadi barang wajib bagi sebagian orang adalah jam tangan. Bagi mereka pekerja kantoran dengan jadwal meeting segudang, jam tangan berguna untuk memastikan kegiatan mereka berjalan tepat waktu. Tapi bagi orang yang sering keluar masuk ruangan ber-AC, di mana suhunya seringkali lebih rendah dari suhu di luar, pemakaian jam tangan kerap menimbulkan masalah. Perbedaan suhu tersebut bisa membuat kaca jam tangan jadi mengembun. Begitu pun saat musim hujan datang. Saat tidak sengaja kehujanan, uap air kadang akan muncul di dalam kaca jam tangan, menciptakan embun yang bisa menghalangi pandangan.

Advertisement

Bagi kamu mungkin masalah ini tidak begitu krusial, karena menganggap nanti juga akan hilang dengan sendirinya. Padahal kalau dibiarkan terlalu lama, embun di dalam jam tangan bisa jadi penyebab korosi atau karatan pada mesin jam lho. Tapi jangan khawatir, kali ini Hipwee Tips punya kiat-kiat sederhana menghilangkan embun dalam jam tangan. Simak bareng , yuk!

1. Selain untuk ditanak, beras ternyata juga punya sederet manfaat lain, salah satunya untuk menghilangkan embun dalam jam tangan

Manfaatkan beras di rumah via www.klikdokter.com

Pernah dengar ‘kan kalau beras bisa ‘menyembuhkan’ HP yang baru tercemplung ke air? Fungsi yang sama juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan embun dalam jam lho. Caranya:

  • Siapkan 1 liter beras
  • Masukkan beras ke dalam sebuah wadah
  • Bersihkan jam dari kotoran
  • Rendam jam tangan dalam beras selama kurang lebih 6 jam
  • Setelah 6 jam, angkat dan lap bersih jam tangan
Advertisement

2. Seperti halnya pakaian saat basah, embun yang terjebak dalam kaca jam tangan juga bisa dihilangkan dengan cara menjemurnya

Dijemur aja! via mauimadeblog.com

Selain bisa mengeringkan pakaian basah, sinar matahari juga bisa jadi solusi menghilangkan embun dalam jam tangan. Tinggal jemur aja jam tanganmu di bawah matahari selama 5 menit. Lebih praktis dan cepat, ‘kan?

3. Cara lain bisa dengan mendekatkan jam tangan yang berembun ke lilin yang menyala

Pakai lilin juga bisa via www.veganfoodandliving.com

Kalau pas suasana sedang mendung, kamu tentu tidak bisa mengandalkan matahari sebagai solusi masalahmu. Tapi tenang, kamu bisa coba pakai cara lain, yakni dengan memanfaatkan lilin. Caranya:

  • Siapkan 1 buah lilin dan nyalakan
  • Dekatkan jam tangan ke api lilin dengan jarak kira-kira 10-15 cm
  • Jangan terlalu dekat ya karena panas berlebihan justru akan membuat jam rusak
  • Diamkan sekitar 1 menit
  • Kalau sudah, lap bersih jam tangan dengan tissue atau sapu tangan
Advertisement
4. Kalau di rumah lagi tidak ada lilin, kamu juga bisa pakai lampu biasa kok!

Manfaatkan lampu di rumah via www.urbanladder.com

Tidak ada lilin di rumah? Gampang aja, kamu bisa menggantinya dengan lampu biasa kok. Cahaya dari lampu akan membantu menghapus embun yang terjebak dalam jam tanganmu. Fungsinya sama kayak cahaya matahari. Caranya pun mudah, tinggal letakkan aja jam tanganmu di bawah sinar lampu. Tunggu beberapa saat dan embun dalam jammu kan hilang seketika.

5. Alternatif lain, mungkin kamu bisa coba pakai hair dryer. Keringkan seperti kamu mengeringkan rambut yang basah

Keringkan pakai hair dryer via www.yourbestdigs.com

Hair dryer tidak hanya berguna bagi rambutmu saat basah. Ternyata ia juga bisa jadi pilihan saat kamu bingung gimana cara menghilangkan embun dalam jam tangan. Caranya sama kok kayak lagi mengeringkan rambut. Dekatkan hair dryer ke jam yang berembun, atur jaraknya agar tidak merusak jam. Keringkan sampai embun perlahan menghilang.

6. Pakai kipas angin juga bisa lho guys! Tinggal diangin-anginkan aja di depannya

Kipas angin juga bisa via www.advancedwindowsystems.com

Atau bisa juga nih pakai kipas angin. Angin-anginkan jam tangan di depannya. Pakai kecepatan angin yang paling besar ya agar prosesnya berjalan lebih cepat. Setelah kira-kira 1 menit, kamu akan melihat kaca jam tanganmu bening kembali.

7. Tapi kalau adanya cuma AC, jangan khawatir karena dengan cara yang sama kamu juga bisa menghilangkan embun dalam kaca jam tangan

Pakai AC di mobil aja via www.bryantmotors.com

Kalau kamu kebetulan sedang terjebak macet di dalam mobil dan menemukan jammu berembun, kamu bisa manfaatkan AC mobil untuk menghilangkan embun di sana. Tinggal dekatkan aja jam tanganmu ke AC, tunggu beberapa saat, dan voila! Embun pun akan hilang.

8. Benda lain di rumah yang bisa kamu manfaatkan adalah kompor. Dijamin, embun dalam jam tangan akan hilang seketika

Pakai api kompor via www.thekitchn.com

Menghilangkan embun dalam jam tangan juga bisa pakai kompor lho. Caranya sama kayak kalau pakai lilin. Tinggal nyalakan kompor dan dekatkan jam tangan ke apinya. Ingat, jangan terlalu dekat karena jam bisa terbakar ya..

9. Misal kamu lagi berkemah di gunung dan jam tanganmu kebetulan mengembun, dekatkan aja ke api unggun. Atur jaraknya agar tidak terlalu dekat

Api unggun pun bisa via www.thedailymeal.com

Saat berada di dataran tinggi, kemungkinan jam tangan mengembun akan semakin besar. Tapi kamu tidak perlu khawatir selama kamu punya api unggun di dekatmu. Karena pada dasarnya api bisa membantu menghilangkan embun, jadi kamu pun bisa memanfaatkannya. Kalau api unggun belum nyala atau bahkan sudah mati tapi embun dalam jam muncul kembali, pakai korek juga bisa lho!

Itu dia cara-cara sederhana yang mungkin jarang terpikirkan oleh kita. Padahal gampang banget ‘kan guys?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE