Sebagian besar dari kita pasti tak asing lagi dengan benda penyimpanan uang yang dinamakan celengan. Benda yang identik dengan bentuk babi atau ayam jago ini memang bisa jadi media yang baik untuk membantumu hidup lebih hemat lagi. Kapan saja kamu jadi bisa menabung sisa uang jajan atau uang bulanan. Sampai gak terasa celengan tiba-tiba gendut dan bikin kamu bahagia.

Alih-alih mengeluarkan banyak uang untuk beli celengan, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Caranya mudah kok. Tapi pastikan kamu membuat celengan yang bentuknya semangat ya. Penasaran? Rekomendasi bentuk celengan dari Hipwee ini pasti bikin kamu makin semangat untuk menabung lagi.

1. Jangan buang dulu bekas botol pembersih di rumahmu, dengan sedikit kreativitas celengan unyu bisa kamu buat.

Celengan dari botol pembersih

Celengan dari botol pembersih via de.dawanda.com

Advertisement

Daripada buang-buang uang untuk beli celengan, bikin sendiri saja biar lebih hemat. Kamu bisa memanfaatkan botol pembersih lantai atau baju yang sudah tak digunakan. Pastikan kamu lepas semua labelnya ya. Lalu pasang karakter mata dan telinga yang terbuat dari kain flanel. Setelah itu pasangkan gulungan kertas sebagai kaki buatan. Nah mudah ‘kan? Celengan pink piggy bisa kamu ciptakan sendiri.

2. Kamu punya mimpi traveling keliling dunia? Wujudkan segera dengan rajin menabung pada celengan globe gambar peta.

Celengan dari globe

Celengan dari globe via radmegan.com

Impian jalan-jalan keliling dunia bisa segera terwujud jika kamu mulai menabung dari sekarang. Nah, agar kamu tak lupa melakukannya kamu bisa siapkan celengan yang bikin kamu semangat. Gunakan globe berbentuk besar. Lalu buatlah pintu buka tutup menggunakan pisau atau cutter. Gampang ‘kan? Gak heran kamu segera bisa mewujudkan keliling dunia karena hasrat menabung di celengan makin membuncah.

3. Celengan indah itu tak harus beli mahal-mahal. Kaleng bekas bisa kamu manfaatkan hanya dengan melapisinya menggunakan kertas berpola.

Celengan dari kaleng

Celengan dari kaleng via www.shemakesahome.com

Celengan itu harus dibuat menarik agar kamu makin semangat untuk menabung. Namun, tak melulu kudu beli mahal-mahal, kamu bisa manfaatkan kaleng bekas cat atau susu sebagai wadahnya. Pertama-tama, kelupas semua label dipermukaannya. Lalu pasangi kertas berpola yang kamu suka, misalnya floral atau tema vintage seperti pada gambar. Lapisi bagian atas kaleng menggunakan pita. Kemudian kamu buat lubang uang di bagian tutupnya. Mudah ‘kan? Kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah.

4. Agar semangatmu menabung makin besar, buat saja celengan nyetrik dari potongan bambu yang sudah tua.

Celengana dari kayu

Celengana dari kayu via www.duitang.com

Advertisement

Semangat menabung bisa makin besar jika kamu mau menggunakan celengan nyentrik dan unik. Salah satunya adalah bentuk babi yang terbuat kayu atau bambu. Cara membuatnya cukup mudah, pertama-tama kamu potong salah satu bagian ruas bambu. Dan buat karakter hidung pada tutup depan dengan karton. Atau jika kamu ingin membuatnya dari kayu, maka minta tolong saja pada pengrajin untuk membuat lubang di bagain tengah-tengah dan ukir bagian moncong depan dengan alat. Jangan lups hiasi bagaian atas agar ada kuping ya. Celengan seperti pasti bikin kamu semangat untuk berhemat lagi.

5. Tanpa harus mencari celengan unik di toko aksesoris, sekarang kamu bisa bikin celengan sendiri dari mason jar yang baru kamu beli.

Celengan dari botol

Celengan dari botol via foodfamilyfinds.com

Untuk mendapatkan celengan yang unik, sekarang kamu tak perlu repot-repot lagi hunting di toko aksesoris. Karena kamu bisa bikin sendiri dengan cara yang tidak rumit. Pertama-tama kamu cuci bersih mason jar bekas selai yang mau kamu pakai. Jika kamu ingin bentuk celengan yang mirip mickey mouse, cat saja dengan warna merah atau hitam. Lalu hiasi dengan potongan kain flanel berbentuk lingkaran. Lalu hiasi bagian atas dengan telinga palsu dari kein flanel berwarna hitam. Mudah ‘kan? Tabunganmu pasti makin cepat terkumpul.

6. Jika celengan tanah berbentuk ayam sudah terlalu mainstream, saatnya kamu berinovasi sendiri dengan bentuk marmut yang lebih imut.

Celengan dari gelas

Celengan dari gelas via xxh3lloxkimchixx.deviantart.com

Celengan selalu identik dengan bentuk babi atau ayam jago yang terbuat dari tanah liat. Nah, agar kamu makin semangat, buatlah inovasi yang berbeda. Misalnya dengan celengan berbentuk marmut lucu berwarna abu-abu. Cara membuatnya mudah kok. Gunakan saja tembikar berbentuk gentong atau pot bunga. Lalu lukiskan pola marmut menggunakan cat lukis. Setelah itu, buat tutup celengan menggunakan potongan kayu. Jangan lupa bikin lubang diatasnya untuk memasukkan uang ya. Nah gampang ‘kan? Kamu pasti tak lagi malas untuk membuat celengan marmutmu makin gendut.

7. Hanya menggunakan kertas dan tali, celengan unik bisa bikin uangmu terkumpul dengan rapi.

Celengan dari kertas

Celengan dari kertas via www.fabdiy.com

Celengan unik itu tak melulu dibuat kudu dibuat dari tanah liat atau plastik kok, kertas kardus bekas juga bisa jadi penggantinya. Kamu bisa buat pola kubus seperti di sini. Lalu satukan setiap pola dengan menggunakan tali sepatu. Dan jangan lupa bikin lubang kecil di bagian atas ya. Dengan bentuk seperti ini, kamu pasti makin semangat untuk menabung lagi.

8. Bola plastik bukan hanya untuk bermain, sulap saja sebagai celengan yang unik dan beda dari yang lain.

Celengan dari bola plastik

Celengan dari bola plastik via aftergadget.wordpress.com

Kamu mau celengan unik yang mudah dibuat? Gunakan saja bola plastik yang harganya murah. Hanya dengan membuat lubang kecil di salah satu bagian, celengan bola sudah siap untuk menyimpan uang tabungan. Mudah ‘kan? Nah, jika kamu ingin celengan bolamu terlihat lebih menarik, cat saja engan gambar yang kamu suka.

9. Membuat celengan dari botol minuman bekas bukan hanya murah meriah, kamu juga bisa turut serta menyelamatkan lingkungan.

Celengan dari botol minum

Celengan dari botol minum via theideaking.blogspot.com

Botol minuman adalah barang bekas yang paling banyak dihasilkan orang. Jangan buru-buru dibuang ya, sulap saja menjadi celengan yang lucu. Caranya mudah kok. Pertama-tama, potong bagain ujung dan bagian bawahnya. Lalu buang bagian tengahnya dan satukan atas dan dasar botolnya. Gunakan selotip  sebagai perekatanya. Lalu gunakan cat lukis untuk membuat pola agar lebih menarik, misalnya gambar sumo. Pastikan jangan lupa bikin lubang di bagian belakangnya ya. Mudah ‘kan? Kamu pasti tak malas lagi untuk menabung sebagian uang jajan.

Meski celengan tak bisa menampung banyak uang layaknya bank, tapi benda ini cukup ampuh membuatmu terbiasa untuk menabung. Tak harus mengeluarkan banyak uang untuk beli celengan di toko aksesoris, celengan unik yang bisa bikin kamu makin semangat menyisihkan uang bisa kamu bikin sendiri kok. 9 cara ini bisa kamu ikut.

Selamat mencoba ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya