Tips Memilih Sepeda Anak Sesuai Usianya. Ada Rekomendasi untuk Balita Sampai Sekolah Dasar

Sepeda anak

Ramainya tren bersepeda lantas membuat anak ingin ikut serta. Tak cuma jadi ajang olahraga saja, kegiatan seru ini ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai mainan edukasi anak. Bahkan menurut Journal of Pediatric Psychology keterampilan bersepeda bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan kepekaan panca indera si kecil. Tentunya selain keseimbangan tubuh, anak jadi lebih bisa melatih konsentrasinya karena mesti fokus saat bersepeda nanti.

Advertisement

Namun, memilih sepeda anak yang sesuai tak bisa sembarangan. Beda dengan sepeda dewasa yang hanya memperhitungkan rangka saja, memilih sepeda anak mesti disesuaikan dengan beberapa faktor lainnya, baik usia maupun kebutuhan si kecil. Makanya, jangan heran jika kebanyakan orang tua akan melakukan pembaruan sepeda untuk anak mereka. Ya, karena memang tak bisa disamakan sih sepeda anak 2 tahun dengan sepeda anak SD.

Supaya bisa menemukan sepeda anak terbaik yang sesuai kebutuhan, berikut Hipwee Tips bagikan panduan singkatnya. Semoga cukup membantu dan memudahkanmu menemukan sepeda anak murah yang bagus kualitasnya.

Sepeda anak kecil ada beberapa macam jenisnya. Biasanya ragam jenis sepeda anak ini bisa dikenali dari jumlah rodanya

1. Sepeda anak roda 3 dorongan 

Advertisement

sepeda roda tiga dorongan via www.yoycart.com

Umumnya, sepeda jenis ini digunakan oleh batita atau anak di bawah tiga tahun. Karena batita belum bisa mengayuh pedal sendiri, maka dibuatlah tongkat dorongan agar orang tua bisa membantu mengendalikan laju sepedanya. Berkat keberadaan tongkat dorong ini, kamu tak perlu repot-repot membungkuk saat mendorong sepedanya.

2. Sepeda roda tiga 

Advertisement

sepeda roda tiga via medium.com

Bentuknya hampir mirip dengan sepeda roda tiga dorongan, tapi model ini tak memiliki sabuk pengaman dan tongkat di belakangnya. Pedal yang menempel pada roda depan sepeda bisa bantu melatih kayuhan si kecil dengan lebih mudah. Nggak perlu takut jatuh, biasanya pada sepeda jenis ini, roda belakang didesain lebih lebar supaya geraknya stabil dan aman digunakan anak saat bermain.

3. Sepeda push bike

sepeda push bike via www.instagram.com

Push bike adalah sepeda roda dua tanpa pedal yang bisa digunakan sebagai pengganti tricyle dan training wheels. Umumnya, sepeda ini bisa dipakai anak berusia tiga tahun untuk melatih keseimbangan motorik dan juga otaknya. Desain yang ringan dan ramping akan memudahkan anak belajar keseimbangan serta menguasai gerakan seperti belok, memutar, ataupun menanjak.

4. Sepeda anak roda dua

sepeda roda dua via serbasepeda.com

Setelah anak mulai bisa menyeimbangkan badan mereka, biasanya orang tua akan memberikan sepeda roda dua. Di beberapa merek, sepeda roda dua juga dilengkapi dengan training wheels yang bisa digunakan sebagai roda pembantu bagi anak yang masih belajar menyeimbangkan sepeda.

Buatmu yang berniat membeli sepeda anak, pertimbangkan beberapa hal penting berikut. Jangan cuma lihat harganya saja, tapi cek juga komponen sepeda lainnya

Tak cuma sepeda baru, tips ini juga harus dipraktikkan saat membeli sepeda anak bekas. Jangan sampai kamu salah pilih dan malah mengorbankan keamanan dan kenyamanan anak.

1. Pilih sepeda berdasarkan usia anak 

pilih sepeda sesuai umur anak via nl.pinterest.com

Selain umur, sesuaikan juga sepeda dengan tinggi badan anak. Meski usianya sudah mencukupi, kadang tinggi anak belum tentu memadai untuk memakai sepeda yang sesuai dengan anjuran umurnya. Penting juga untuk memilih sepeda yang memungkinkan kaki anak menapak di tanah agar ia lebih mudah mengontrol laju dan keseimbangannya. Berikut anjuran ukuran sepeda sesuai usia anak.

Umur 2 – 4 tahun, pakai sepeda ukuran 12 – 14 inci
Umur 4 – 7 tahun, pakai sepeda ukuran 16 – 18 inci
Umur 7 – 12 tahun, pakai sepeda ukuran 18 – 20 inci
Umur 12 tahun keatas, pakai sepeda ukuran 20 – 26 inci

2. Ada tidaknya rem juga mesti dijadikan pertimbangan 

rem sepeda anak via www.diynetwork.com

Karena menekan rem membutuhkan tenaga, ini tak dianjurkan pada sepeda anak usia 2 sampai 3 tahun. Rem sepeda boleh digunakan anak usia 4 tahun yang sistem motoriknya sudah optimal. Untuk memastikan fungsi rem, putarlah ban depan kemudian tekan remnya. Jika berhenti, berarti rem berfungsi dengan baik, apalagi kalau tak mengeluarkan suara.

3. Pilih sepeda dengan rangka ringan yang kokoh, stabil, dan pas panjangnya 

rangka sepeda anak via www.cyclingweekly.com

Untuk mengeceknya, kamu dapat melihat dari arah ban depan dalam posisi lurus. Jika ban depan dan belakang kelihatan lurus, berarti sepeda ini layak dibeli. Alternatif lain ialah meminta anak untuk mencobanya. Kalau ia tak perlu ngoyo mengayuh pedal dan posturnya pas dengan setang, berarti sepeda ini bisa jadi pilihan yang tepat.

4. Pilih yang menggunakan pelindung rantai 

sepeda anak dengan pelindung rantai via www.halfords.com

Pelindung rantai ini dapat digunakan untuk melindungi celana atau kaki agar nggak tersangkut di ruji sepeda selama anak mengayuhnya. Tak cuma keamanan, keberadaan pelindung rantai juga bisa menghindari kotoran yang mungkin akan menempel di kaki anak.

5. Pilihlah bahan pelek yang terbuat dari campuran logam dan aluminium 

pelek sepeda anak via www.youtube.com

Campuran bahan ini mampu dicengkram rem meski dalam keadaan basah, tentunya jika pelek dipasang dengan kencang. Makanya, sebelum anak melaju dengan sepedanya, lakukan pengecekan di bagian pelek juga, ya!

Berikut beberapa rekomendasi sepeda anak terbaik yang bisa dibeli. Ada rekomendasi sepeda anak perempuan 8 tahun juga lo!

Kamu yang sedang menjadi harga sepeda anak di bawah 500 ribu, bisa menemukan jawabannya di sini.

Sepeda anak roda tiga ini bisa digunakan anak berusia 2 sampai 4 tahun, berikut lis produknya

1. Sepeda anak Family

sepeda anak Family via shopee.co.id

Meski harganya cukup murah, sepeda anak perempuan ini memiliki sandaran empuk yang nyaman digunakan batita. Di belakang sepeda juga terdapat dorongan yang memudahkanmu mengontrol lajunya. Harga sepeda anak 2 tahun murah ini sekitar 350 sampai 400 ribu saja dan bisa dibeli di sini.

2. Sepeda anak BMX Yoe-Yoe

sepeda anak BMX via m.bukalapak.com

Sepeda ini dirancang untuk berusia 2 sampai 5 tahun dan dibuat dengan ukuran 64Ă—45,5Ă—65,5 cm. Sepeda ini juga dilengkapi dengan sandaran belakang yang membuat anak makin nyaman saat menggunakannya. Harga sepeda anak perempuan dan laki-laki ini hanya sekitar 280 sampai 350 saja. Jika berminat, sepeda ini bisa dipesan di sini.

Berikut beberapa rekomendasi sepeda anak roda dua yang harganya cukup terjangkau 

1. Sepeda anak Polygon Alice 12

sepeda anak Polygon via www.rodalink.com

Selain desainnya yang lucu, sepeda anak perempuan ini juga dilengkapi dengan pelindung rantai. Rangka sepedanya pun cukup kuat karena terbuat dari baja yang tahan karat. Kamu yang berminat membeli, bisa cek ketersediaan produknya di sini.

2. Sepeda anak United Bike Aero

sepeda anak United via id.carousell.com

Rangka sepeda ini terbuat dari magnesium alloy yang sangat ringan tapi tetap kuat dan tahan lama. Terdapat penutup rantai serta kabel rem yang dimasukkan dalam rangka sehingga membuat sepeda ini aman digunakan anak-anak. Sepeda anak seharga 1 juta ini bisa kalian beli di sini.

3. Sepeda anak Wimcycle Mini Collage

sepeda Wimcycle via www.sepedakidsminimotoatv.com

Sepeda buatan negeri tipe ini tersedia dalam ukuran 12, 16, dan 18 inci. Karena terbuat dari baja, maka rangka sepedanya pun cukup kuat. Ukuran remnya pun kecil, jadi akan membuat anak nyaman saat menekannya. Produk buatan negeri ini bisa dibeli di sini.

Sebenarnya, masih banyak merek sepeda anak lain yang bisa kalian beli, misalnya sepeda anak Pasific atau sepeda anak Element. Namun dibanding banyak merek lainnya, produk di atas harganya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Boleh beli dari merek apa saja, asal disesuaikan dengan kebutuhan anak dan bujetmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE