Panduan Memilih Sepeda Lipat yang Nggak Cuma Ngikutin Tren Aja. Eh, Ada Rekomendasinya juga!

Sepeda lipat

Baru-baru ini, bersepeda tengah jadi tren di kalangan masyarakat selama masa pandemi. Saking banyaknya para pesepeda dadakan, toko sepeda jadi ramai dikunjungi pembeli. Di antara banyaknya jenis sepeda yang dijual, sepeda lipat cukup banyak diminati. Dibanding yang lain, sepeda lipat jauh lebih praktis karena bisa dibawa ke mana-mana.

Advertisement

Untuk bisa mendapatkan sepeda lipat yang nyaman dipakai, agaknya kamu mesti melakukan riset kecil dulu sebelum membelinya. Apalagi jika berniat membeli sepeda lipat second.Ā Tak masalah menghabiskan waktu satu sampai dua minggu hanya untuk sekadar survei seperti apa sepeda lipat terbaik yang tersedia di pasaran. Biar nggak kecele, cek dulu panduan lengkapnya berikut ini.

Ini lo keunggulan sepeda lipat, biar makin yakin kalau sepeda lipat benar-benar worth it

keunggulan sepeda lipat via www.mainsepeda.com

  1. Dibanding yang lain, sepeda lipat jauh lebih praktis karena bisa dilipat dan gampang dibawa ke mana-mana. Bahkan, sepeda bisa dimasukkan ke dalam kereta dan dijinjing karena tak begitu berat.
  2. Dari segi penyimpanan, sepeda lipat juga lebih fleksibel dan jelas tak makan tempat.
  3. Karena beratnya lebih ringan, akselerasi atau laju sepeda juga bisa lebih cepat. Jadi, lumayan bisa dipakai buat sepedaan jarak jauh.
  4. Tak perlu khawatir soal biaya perawatannya. Soalnya struktur sepeda lipat didesain tahan banting jadi bakal lebih mudah dirawat dan nggak butuh biaya perawatan yang besar.
  5. Kalau dijual lagi, harga sepeda lipat juga tak mengalami penurunan harga yang cukup ekstrem.
  6. Yang jelas sepeda lipat bakal membuatmu lebih kekinian.

Sebagian panduan awal, kamu mesti tahu ukuran sepeda lipat yang biasa dijual di toko-toko

Sebenarnya, ukuran ini mengarah pada diameter roda sepeda lipat. Biasanya rata-rata diameternya antara 16 hingga 29 inci. Nah, berdasarkan ukuran rodanya, sepeda lipat dikategorikan menjadi:

Advertisement

1. Compact ā€“ diameter roda kurang dari 20 inci

sepeda lipat compact via www.bukalapak.com

Meski bentuk sepada lipat ini kecil, tapi tempat duduk dan ketinggian handle bars-nya bisa diatur. Dari segi penyimpanan, model ini jelas lebih praktis dan fleksibel. Tapi sayang, sepeda ini tak begitu efektif dipakai untuk bersepeda jarak jauh.

Advertisement

2.Ā Full size ā€“ diameter roda lebih besar dari 20 inci

sepeda lipat full size via ohayo.co.id

Sepeda lipat ini bisa dipakai untuk menempuh jarak yang cukup jauh dan medan berat karena ukuran rodanya lebih besar dan stabil. Meski bisa dibawa dengan mobil, namun sepeda model ini akan membuatmu sedikit kesulitan saat menjinjingnya.

Selain dari diameter bannya, jenis sepeda lipat dari metode melipatnya pun patut jadi bahan pertimbangan

1. Half/mid folding

teknik mid folding via www.bikehacks.com

Sepeda lipat jenis ini punya engsel yang berada di tengah frame. Pembongkaran strukturnya bisa menggunakan cara quick release atau putar baur. Teknik pelipatan bisa dilakukan dengan memutar roda depan secara horizontal ke arah roda belakang dengan engsel sebagai titik putarnya lalu lipat tempat duduk serta handle bars-nya.

2. Vertical folding

teknik vertical folding via www.youtube.com

Sepeda jenis ini punya satu atau dua engsel di tengah frameĀ atau pada pada penopang rantai maupun tempat duduknya. Sepeda bisa dilipat ke atas, buat roda depan dan belakang sejajar. Biasanya tipe sepeda ini bisa menghasilkan ukuran lipatan yang lebih kecil dan padat.

3. Triangle hinge

teknik triangle hinge via www.facebook.com

Terdapat engsel pada frame yang bisa membuat sepeda bisa diputar membentuk segitiga ke belakang bersama rodanya. Cara lipatnya dengan menekan frame segitiga dan roda belakang ke belakang bawah lalu tarik ke depan sampai menyatu dengan roda depan.

4. Suspension holding

teknik suspension holding via www.downtube.com

Sepeda jenis ini menggunakan magnet yang digabung dengan suspensi belakang supaya mekanisme pelipatan jadi lebih mudah. Cara lipatnya dengan menahan roda belakang lalu sematkan di medan magnet biar ban belakang bergeser ke depan. Selanjutnya, lipat sepeda dari bawah supaya sepeda bisa ditarik.

Selanjutnya, ikuti panduan memilih sepeda lipat berikut supaya bisa mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan dan proporsi tubuh

beli sepeda lipat via www.youtube.com

  1. Pertama, tentukan dulu bujetmu supaya bisa membatasi pilihan sepeda lipat yang diincar.
  2. Pertimbangkan berat sepeda lipat secara keseluruhan supaya nyaman ketika dipakai dan dijinjing nanti.
  3. Perhatikan juga diameter rodanya, sebab ini nanti akan berpengaruh pada kecepatan saat berkendara.
  4. Bahan rangka sepeda juga mesti dilihat-lihat. Kalau mau yang ringan, bisa pilih rangka dengan material karbon. Tapi jika tak begitu masalah dengan berat, silakan pilih rangka besi atau aluminum yang biasanya juga lebih awet.
  5. Paling penting yakni mengecek teknik lipat sepeda. Pastikan memilih sepeda yang teknik lipatnya bisa dikuasai agar kamu lebih nyaman saat membawanya ke mana-mana.
  6. Kalau baru sekali beli, baiknya pilih sepeda lipat yang sudah dirakit biar nggak bingung cara pasangnya nanti.

Berikut rekomendasi sepeda lipat yang bisa dibeli. Soal harga bisa disesuaikan kok~

1. Sepeda lipat United Aigle Folding 20 inch

sepeda lipat United via www.tokopedia.com

Karena nggak terlalu berat, sepeda lipat United cocok buat dipakai gowes pesepeda pemula. Selain tampilan luarnya yang elegan, sepeda lipat United yang bisa dikategorikan sebagai sepeda lipat harga terjangkau juga dilengkapi 7 speed levelĀ denganĀ shifter Shimano SIS Index biar lebih fleksibel saat menghadapi berbagai kondisi jalan. Harga sepeda lipat United ini berkisar antara 2,5 hingga 3 juta dan bisa dibeli di sini.

2. Sepeda lipat Dahon SUV D6 Suede Blue

sepeda lipat Dahon via www.bukalapak.com

Berkat desain compact-nya, sepeda lipat ini bisa membuatmu lebih mudah saat melipatnya. Jadi, tak perlu dijinjing, cukup tarik atau dorong sepedanya saja ketika dibawa bepergian. Jika berminat, produk ini bisa didapatkan di sini.

3. Sepeda lipat Brompton M6R

sepeda lipat Brompton via www.tokopedia.com

Kalau penasaran harga sepeda lipat termahal, silakan cek produk-produk dari merek Brompton ini. Jangan kaget, sebab harga sepeda lipat Brompton berkisar antara 15 hingga 80 juta. Sesuai dengan harganya yang mahal, sepeda lipat Brompton memang terbukti kualitasnya. Desainnya pun tak main-main, setiap lekukan akan menampilan keindahan bodi sepeda yang mulus. Jika penasaran, cek saja produk sepeda lipat Brompton ini di sini.

4. Sepeda lipat Polygon Urbano I3 20 inch

sepeda lipat Polygon via www.sepeda.me

Sepeda ini mudah dibawa ke mana-mana karena bisa dilipat lewat tiga titik komponen, yakni panel rangka, panel pengunci stang, dan pedal. Tak perlu menekan rem dengan kuat saat menghentikan sepeda, karena produk ini sudah dilengkapi denganĀ V-Brake Tektro yang kuat di rem belakang dan depannya. Jika berminat, sepeda lipat ini bisa dibeli di sini.

5. Sepeda lipat Wimcycle Pocket Rocket 6 Speed 16

sepada lipat Wimcycle via www.bukalapak.com

Meski berukuran kecil, sepeda lipat ini kuat dikendarai di medan yang agak berat. Apalagi penopang utamanya menggunakan bahan berkualitas sekelas hi-tensile steel yang diperkuat dengan wall alloy rims. Harga sepeda lipat Wimcycle ini bervariasi, tapi kalau mau dapat sepeda lipat murah, sepertinya tipe ini bisa jadi pilihan. Selain di toko, sepeda lipat ini bisa dibeli di sini.

6. Sepeda lipat Pacific 2990 HT-V 16 inch

sepeda lipat Pasific via www.blibli.com

Agaknya, sepeda lipat ini cocok dijadikan alternatif sepeda untuk anak sekolah. Ukurannya memang kecil, tapi level kecepatannya cukup tinggi lo! Bahkan, frameĀ sepedanya pun cukup kokoh karena dibuat dengan material besi yang tahan benturan. Harga sepede lipat Pasific berkisar antara 1,5 hingga 3 juta dan dapat dibeli di sini.

Selain sepeda lipat di atas, ada juga sepeda lipat Phoenix dan sepeda lipat Element yang harganya lumayan bisa dijangkau. Bahkan kalau kamu mencari sepeda lipat harga 500 ribuan, sepertinya merek Element ini pun menyediakan, tapi mungkin dapatnya yang bekas, ehehe. Atau, jika bujetmu lebih dari 1 juta, bisa cek-cek sepeda lipat Tern yang kualitasnya hampir mirip dengan Wimcycle.

Sebenarnya memilih sepeda lipat tak begitu sulit asalkan kamu punya bujet yang sesuai. Yang penting cocok dengan kebutuhanmu aja, ya!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE