Abaikan dulu pemberitaan mengenai KKN di desa Penari yang lagi viral belakangan ini. Jika kamu adalah mahasiswa yang tengah menjalani masa KKN, di manapun kamu ditempatkan, agaknya perlu memperhatikan kondisi kulit wajah deh. Kegiatan selama KKN yang cukup padat terkadang bikin kulitmu wajahmu tampak lebih kering, kusam, bahkan gosong. Nggak harus melakukan semua tahap perawatan wajah kok!

Berikut rekomendasi produk yang bisa kamu pakai ketika sedang berada di tempat KKN. Supaya tetap glowing dan nggak gosong setelahnya.

1. Micellar water bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian

pembersih wajah via www.tokopedia.com

Advertisement

Aktivitas yang padat selama KKN seringkali membuat wajah jadi kotor. Untuk itu, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin supaya kotoran ini nggak bikin kulitmu makin kusam. Baiknya kamu gunakan produk yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif sekali pun.

2. Setelah membersihkan wajah dengan micellar water, kamu wajib mencuci wajahmu dengan facial wash 

pencuci wajah via www.soco.id

Facial wash ini merupakan satu produk yang wajib digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang nggak terangkat oleh micellar water. Gunakan produk yang formulanya bikin kulit tampak lebih bersih dan kenyal. Produk dengan kandungan yang cocok untuk kulit wajah berminyak juga direkomendasikan

3. Agar kulit matimu juga ikut terangkat, lakukan eksfoliasi wajah dengan scrub dua minggu sekali

scrub wajah via www.lazada.co.id

Jika kulit mati terangkat, wajahmu akan tampak lebih cerah dan halus seketika. Namun, eksfoliasi ini nggak boleh digunakan sering-sering karena bisa merusak lapisan kulit luarmu. Pilih produk eksfoliasi wajah yang aman dipakai bahkan untuk kulit berjerawat sekali pun.

4. Untuk mengembalikan pH kulit, kamu disarankan menggunakan toner terlebih dulu sebelum masuk ke tahap skincare lainnya

Advertisement

Pilih toner yang disesuaikan dengan jenis kulitmu. Nggak perlu yang mahal, toner yang harganya terjangkau nggak masalah. Asal wajahmu jadi lebih rileks berkat formula yang terkandung dalam toner.

5. Agar wajahmu lembap sepanjang hari, kamu perlu menggunakan moisturizer sebelum beraktivitas

pelembab wajah via shopee.co.id

Selain berfungsi untuk melembapkan, moisturizer juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan nggak kusam seharian lo. Namun, kamu perlu memilih moisturizer yang cocok dengan kulitmu juga nggak menimbulkan masalah lain di wajah.

6. Selama KKN kamu juga wajib menggunakan sunscreen supaya terlindungi dari sinar ultraviolet

tabir surya via id.carousell.com

Nggak cuma saat berada di luar ruangan, suncreen pun perlu kamu pakai meski berada di dalam ruangan lo! Meski tampak mustahil, sinar ultaviolet bisa menembus dinding rumah. Kalau dibiarkan terus-menerus kulit akan tampak lebih gelap dan kusam.

7. Untuk melangkapi tahap skincare harianmu, gunakan masker wajah setidaknya dua kali dalam seminggu

masker via www.youtube.com

Masker ini difungsikan untuk membuat kulit tampak lebih tenang dan rileks. Selain itu, masker juga membantu merawat kulit agar nggak kusam setelah beraktivitas di luar ruangan.

Padatnya kegiatan selama KKN hendaknya jangan sampai mengganggu rutinitas harianmu, termasuk hal perawatan wajah. Hal ini dilakukan supaya kulit tetap sehat dan nggak mengalami beberapa masalah. Produk-produk di atas hanya rekomendasi saja, kamu bisa memilih produk lain yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya