Apakah kamu sudah benar-benar mengerti tentang bagaimana cara mengatur keuangan mereka dengan bijak? Apakah kamu yakin selama ini sudah menghabiskan gaji atau kiriman bulanan untuk barang-barang yang memang paling kamu butuhkan? Kalau harus jujur, kadang masih saja gaji kita sudah habis sementara kebutuhan paling dasar kita belum tertutupi. Semuanya karena kita menghabiskan uang yang tak banyak itu semau sendiri.

Uang atau pendapatan hasil kerjamu memang milikmu sendiri. Tapi bukan berarti bisa dihabiskan tanpa pikir-pikir dulu. Di artikel kali ini, Hipwee ingin sedikit berbagi tentang bagaimana cara terbaik untuk menghabiskan uang hasil jerih payahmu. Mau tahu caranya? Yuk, simak!

Advertisement

1. Habiskan uangmu untuk liburan. Daripada membeli barang-barang mahal, dari sini ada lebih banyak pengalaman baru yang bisa kamu dapatkan

Traveller

Traveller via www.rhinoafrica.com

Mungkin tidak ada cara yang lebih baik selain menghabiskan uangmu untuk liburan atau traveling. Apalagi, jika kamu memilih bepergian bersama orang-orang yang penting dalam hidupmu atau kamu sayangi. Bepergian bersama orang-orang yang penting dalam hidupmu akan meninggalkan kenangan yang berkesan. Terlebih, seiring waktu berjalan kita seringkali lupa betapa pentingnya hubungan personal dengan orang-orang terdekat dalam hidup kita. Semakin bertambah dewasa, kita seharusnya semakin dekat dengan mereka dan bukannya sibuk dengan diri sendiri. Dan salah satu cara yang paling efektif adalah dengan pergi liburan bersama.

Advertisement

2. Cerdas membelanjakan uang adalah dengan ikut kursus atau membeli buku, karena itu membuatmu semakin kaya ilmu dan pengetahuan baru

Jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah buku

Jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah buku via bookcity.co.i

Selain traveling, cara yang tidak kalah cerdas membelanjakan uangmu adalah dengan mengikuti kursus atau membeli buku-buku baru. Pasalnya, cara ini sudah pasti akan membuat pengetahuan dan wawasanmu semakin kaya. Kamu juga bisa mengembangkan bakat dan keahlianmu.

Dengan kata lain, uang yang kamu keluarkan bermanfaat untuk membekali dirimu. Mengikuti kursus atau membeli buku tidak akan membuat uangmu lenyap sia-sia, tapi ada kebaikan yang akan kamu dapatkan karenanya. Yang pasti, apa yang kamu lakukan tentu akan berguna bagi dirimu baik di masa sekarang maupun di masa depan.

3. Jangan abai soal kebugaran tubuhmu. Tak ada salahnya jika kamu menggunakan uang untuk gym membership demi alasan kesehatan

Olahraga secara rutin

Olahraga secara rutin via losingthescales.tumblr.com

Kesehatan adalah harta utamamu. Tanpanya, kesuksesan dan pencapaianmu tidak berarti apa-apa karena kamu tidak akan bisa menikmatinya. Cobalah untuk berkomitmen terhadap diri sendiri untuk melakukan regular exercise untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Jangan ragu menghabiskan uangmu untuk mendaftar keanggotaan di tempat fitness, bahkan mungkin menyewa pelatih pribadi. Pengeluaran untuk hal yang satu ini tidak akan terasa berlebihan karena toh kebugaran dan kesehatan tubuh patut diutamakan. Lagipula, tubuh yang sehat akan lebih low-maintenance daripada tubuh yang cepat sakit.

4. Benda-benda di sekitarmu tak seharusnya dibiarkan begitu saja. Jika ada yang rusak, jangan pelit untuk segera memperbaikinya

Kipas angin kotor

Kipas angin kotor via www.travelpod.com

Kadang, ada hal-hal kecil yang mungkin terlupakan di sekitarmu. Misalnya, pedal sepeda yang patah, gagang pintu yang rusak, atau kipas angin yang kotor lantaran lama tidak dibersihkan. Bisa jadi kamu memang tidak sempat memperhatikan hal-hal itu, tapi bisa juga kamu merasa “sayang” jika harus mengeluarkan uang untuk hal-hal itu.

Padahal, sudah selayaknya benda-benda yang kamu miliki di rumah atau di kamarmu bisa dirawat baik-baik. Sebelum semakin parah, sebaiknya perbaiki barang-barangmu yang rusak. Bukankah memperbaiki lebih baik daripada membeli yang baru ‘kan? Jangan pelit juga untuk membeli beberapa peralatan untuk memperbaiki barang-barang seperti obeng, gunting, atau tang. Membeli peralatan-peralatan ini ibarat investasi karena kamu bisa memanfaatkannya sewaktu-waktu.

5. Upgrade benda-benda yang setiap hari kamu gunakan supaya pengeluaranmu lebih hemat

Komputer

Komputer via www.tumblr.com

Komputer, laptop, ponsel, atau gadget lain yang biasa kamu gunakan mungkin tidak sedang rusak atau masih bisa kamu gunakan. Tapi, apakah benda-benda itu masih bisa dimanfaatkan dengan maksimal? Kalau kamu memang hobi nonton film dan gemar menyambangi bioskop, bolehlah membeli seperangkat TV layar datar dan DVD player untuk memuaskan kesukaanmu. Sementara, buat kamu yang hobi gaming, mungkin lebih baik membeli seperangkat komputer gaming daripada harus ke warnet hampir setiap hari.

6. Gunakan juga uangmu untuk belanja makanan-makanan sehat yang jarang kamu santap, karena inilah solusi agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga

Healthy food

Makanan sehat, kejiwaan pun sehat via think-healthy-not-skinny.tumblr.com

“You are what you eat.”

Ada makna yang dalam dari kalimat tersebut. Tidak mungkin jika kamu mengharapkan tubuh sehat sementara makanan yang kamu makan setiap hari adalah makanan-makanan tidak sehat atau bahkan junk food. Berhemat dengan makan mie instan sesekali sah-sah saja, tapi bukan berarti kamu boleh melakukannya terus-menerus. Makanan yang sehat dan fresh biasanya memang sedikit lebih mahal. Misalnya, kamu harus ke pasar membeli sayuran segar dan buah-buahan. Namun, dampaknya akan sangat terasa pada tubuhmu di kemudian hari. Yang perlu diingat adalah kesehatanmu itu lebih penting daripada apapun.

7. Belanja baju tidak melulu berarti pemborosan, toh perkara penampilan juga penting dalam berbagai kesempatan

Isi lemari

Isi lemari via www.lisafebriyana.com

Belanja baju tidak melulu berarti pemborosan lho. Asalkan kamu bisa mengatur jadwal belanja bajumu dan punya alasan-alasan kuat di baliknya, kegemaran belanja baju tentu sah-sah saja. Toh kamu tidak harus menghabiskan uangmu untuk membeli segambreng pakaian terkini hanya demi terlihat menawan ‘kan?

Bagaimanapun, jika kamu masih saja mengenakan kaos usang, sepatu, dan tas yang sama selama 5 tahun, mungkin sudah waktunya bagimu untuk pergi berbelanja. Acara-acara tertentu seperti wawancara kerja, kencan, hingga momen kumpul keluarga pun butuh penampilan terbaikmu.

8. Hasil kerjamu tak akan berarti jika hanya dinikmati sendiri. Sesekali kamu pun perlu berbagi dengan mereka yang kamu cintai

Siapa yang nggak mau dikasih kejutan?

Siapa yang nggak mau dikasih kejutan? via leafarja.tumblr.com

Salah satu tindakan paling mulia adalah berbagi, terutama kepada orang-orang yang kamu sayangi. Menghabiskan sedikit uangmu untuk menghadiahi orang-orang terdekatmu pastinya tidak akan membuatmu menyesal. Melihat wajah mereka yang terkejut senang saat kamu beri hadiah pastinya jadi momen yang tidak ternilaiTidak perlu barang mahal yang kamu berikan, cukup sebatang coklat atau bunga sebagai tanda cintamu pada mereka. Kamu bisa berbagi dalam segala kondisi, termasuk di momen-momen spesial, saat mereka yang kamu sayangi tengah berulang tahun misalnya.

Setiap orang memang berhak untuk menghabiskan uang mereka dengan cara yang mereka mau, tapi jika kita bisa melakukannya lebih baik, kenapa tidak ‘kan? 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya