Penurunan performa laptop memang wajar terjadi jika usianya sudah memasuki lima tahun. Namun, bagaimana jika laptop sudah mengalami penurunan performa meski baru saja dibeli? Wah, bisa jadi ini disebabkan oleh virus atau malware yang menyerang laptopmu lo. Sama seperti tubuh, laptop yang sering kita gunakan pun akan rentan terserang oleh virus. Apalagi jika kamu sering bermain game atau internetan.

Nah, sebelum rusak dan nggak bisa dipakai, baiknya kamu mulai mengetahui tanda-tanda laptop yang terserang virus ini. Kalau tahu tandanya, kan jadi bisa dilakukan pembersihan virus secara rutin.

1. Laptop yang kena virus biasanya akan mengalami penurunan performa dan jadi sedikit lebih ‘lemot’ saat digunakan

laptop jadi lemot via www.pricebook.co.id

Advertisement

Ini terjadi karena virus mulai menjalar ke seluruh bagian komputer dan memakan banyak memory serta RAM di dalamnya. Jika nggak kunjung dibersihkan, virus juga bisa membuat laptopmu jadi lebih lama terhubung ke internet. Selain itu, virus pun bisa membuat CPU jadi panas karena bekerja berlebihan.

2. Memory pada drive pun tiba-tiba akan mengalami penyusutan yang disebabkan karena serangan virus

memori penuh via www.hdd-tool.com

Virus yang masuk ke dalam laptop, biasanya akan menginstal dirinya sendiri dan memakan banyak space pada RAM. Hal ini bisa membuat penyimpanan pada disk drive semakin mengecil karena berkurang sangat banyak.

3. Akibat virus, kamu juga akan menemui banyak file pada laptop yang jadi nggak terbaca alias corrupt

file korup via superuser.com

Virus yang ada di laptop akan mengubah default beberapa file yang tersimpan di dalamnya, sehingga membuat kita sulit untuk menemukan file aslinya. Agar file yang hilang ini bisa kembali, kamu perlu melakukan restore total.

4. Selain hilang, file dalam laptop juga jadi sulit ditemukan karena disembunyikan oleh virus

file tersembunyi via www.wikihow.com

Advertisement

Jika dilakukan scanning, file yang tersembunyi memang akan ketemu, namun file tetap nggak bisa diakses. Untuk bisa mengaksesnya kembali, kamu harus menggunakan command prompt supaya atribut hidden dan archive bisa dihilangkan.

5. Munculnya pop up dan iklan-iklan nggak jelas juga menjadi salah satu tanda bahwa laptopmu sedang kena virus

Biasanya pop up iklan ini akan memberimu perintah untuk melakukan pengunduhan terhadap aplikasi tersebut. Jika kamu unduh, si pecipta virus akan mendapatkan uang namun laptopmu justru akan menperoleh virus yang makin banyak.

6. Bahkan, virus pun bisa membuat anti virusmu mendadak mati dan nggak bisa digunakan

anti virus mati via www.youtube.com

Selain mati dan nggak bisa digunakan, virus pun bisa membuat anti virusmu nggak bisa terpasang lagi di laptopmu. Jika dibiarkan, virus ini dapat merusak beberapa software dalam laptop yang melindunginya.

7. Tanda lain yang muncul akibat virus ialah adanya file-file aneh yang tiba-tiba muncul dalam laptop

file aneh via www.wikihow.com

Biasanya, file ini akan muncul dengan sendirinya tanpa kamu sadari. Hal ini akan berekstensi berupa format .exe, .conf, .dll, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mencegah supaya virus nggak menyerang laptopmu, jalankan program antivirus setiap kali kamu akan menggunakan laptop. Jangan lupa juga untuk menggunakan software asli agar lebih aman dan terhindar dari virus.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya