Puasa seringkali menjadi alasan bisa bermalas-malasan, tak terkecuali untuk absen olahraga. Yang biasanya jogging pagi, mungkin sekarang lebih suka terlelap di rumah. Yang biasanya main sepakbola, sekarang leyeh-leyeh menunggu waktu berbuka. Alasannya, kamu takut kecapean atau dehidrasi.

Padahal, olahraga saat puasa itu juga penting lho. Tak harus ngoyo dengan olahraga keras kok, kamu bisa coba olahraga yoga yang lebih enteng dan relaks. Nah, sembari menunggu waktu berbuka atau pagi hari setelah subuh, gaya yoga sederhana ini bisa jadi panduan untuk mendapatkan tubuh sehat, ideal dan segar selama puasa ini.

1. Gerakan horse pose tak hanya bikin kamu tetap segar, pose tubuhmu juga terbantu untuk menjadi lebih ideal selama puasa.

yoga saat puasa

yoga saat puasa via emmanewlynyoga.com

Advertisement

Agar puasa menjadi lebih menyenangkan, maka kamu dituntut untuk pandai memilih jenis olahraga. Selain menyehatkan, olahraga yang kamu lakukan juga jangan terlalu berlebihan. Dan yoga adalah pilihan tepat. Namun, pastikan gerakannya juga tepat ya, misalnya horse pose. 

Pertama, siapkan matras atas alas yang nyaman. Lalu rentangkan kaki hingga maksimal dengan tegak seperti pada gambar. Kamu tak perlu memaksakan untuk berjinjit kok. Setalah itu, ambil nafas dan rentangkan tangan ke samping. Dalam hitungan 5, kmu satukan tanganmu di bagian depan seperti orang bertapa sembari menghela nafas. Lakukan secara berulang. Dengan gerakan ini, aliran darah tak hanya menjadi lebih lancar, postur tubuhmu juga bisa terbantu untuk menjadi ideal. Karena lemak di bagian kaki dan pinggang bisa ikut terbakar.

2. Puasa bukan alasan untuk tak melakukan olahraga, karena ada gerakan yoga namaste twist yang mudah diaplikasikan. Jadi badan bisa menjadi lebih segar.

Gerakan yoga namaste twist saat puasa

Gerakan yoga namaste twist saat puasa via www.melissawest.com

Alih-alih rajin olahraga, momen puasa seringkali menjadi alasan untuk tidah melakukan gerakan. Padahal, bermalas-malasan atau terlalu sering tidur justru bikin badanmu rapuh lho. Nah, agar hal itu tidak terjadi, kamu bisa mengandalkan yoga yang praktis. Salah satunya adalah namaste twist.

Advertisement

Caranya, duduklah bersila di atas matras. Sembari mengeluarkan nafas, tarik tubuhmu ke kanan : dengan posisi tangan lurus kebelakang dan tangan kiri menyentuh dengkul. tahan selama 8 detik. Lalu lakukan gerakan yang sama pada arah kiri. Nikmatilah otot-otot badanmu yang tertarik. Ulangi 4 – 5 kali. Gerakan ini bisa membantu membakar lemak yang bersarang dan baik untuk kesehatan hati, ginjal dan lambung. Dengan begitu, gak heran kamu bisa lebih segar dan sehat meski menahan lapas seharian.

3. Melakukan yoga gerakan bridge poses sebelum waktu berbuka jauh lebih bermakna daripada galau atau memandangi makanan.

gaya yoga saat puasa

gaya yoga saat puasa via yoga.com

Menjelang berbuka adalah waktu paling tepat untuk berolahraga. Namun, kebanyakan dari kita justru menggunakannya untuk menggalau dan malas sembari memandangi makanan. Nah, agar puasamu lebih menyenangkan, lebih baik kamu melakukan yoga. Gerakannya juga cukup sederhana kok, bridge pose saja misalnya.

Cukup rebahkan tubuhmu pada matras dengan posisi kaki tertekuk tegak lurus ya. Setelah itu, ambil nafas dan perlahan-lahan angkat perutmu hingga seperti jembatan. Nah, agar posisi ini tak terlalu menyiksa, letakkan tanganmu di bawah badan sembari saling menggenggam. Tahan gerakan ini selama 10 detik. Lalu hela nafas dan turunkan dalam posisi semula. Ulangi beberapa kali ya. Gerakan bridge pose ini bermanfaat untuk menstimulasi kelenjar timus dan meningkatkan kinerja jantung. Selain itu, peredara darah juga menjadi lancar, gak heran tubuhmu bisa lebih segar dan sumringah.

4. Kamu ingin olahraga tapi gak ingin dehidrasi berlebihan? Yoga gerakan cat and cow pose adalah jawabannya.

Gerakan yoga saat puasa

Gerakan yoga saat puasa via tamikadoubell.com

Gak sedikit dari kita yang enggan olahraga karena takut dehidrasi atau lemas. Padahal, tugas dan perkerjaan masih banyak yang harus diselesaikan. Eits, tenang, sekarang ada yoga yang bisa jadi jalan keluar. Kamu bisa melakukan gerakan cat and cow pose yang tak terlalu menguras keringat.

Pertama-tama, letakkan telapak tangan dan lutut di atas matras. Lalu tarik nafas dan cekungkan punggung hingga seperti sapi. Tahan selama 8 detik. Kemudian keluarkan nafas dan cembungkan punggungmu seperti kucing. Tahan selama 8 detik. Ulangi rangkaian ini sebanyak 5 kali. Nah, jika kamu rajin melakukannya, tubuhmu bisa tetap fit selama puasa. Selain itu, sakit punggung dan pikiran stress juga bisa segera sirna. Jadi, puasa bisa terasa lebih bahagia. Mudah ‘kan?

5. Child pose tak hanya membantu meningkatkan kekebalan, manfaat pencernaan yang lancar juga bisa kamu dapat.

Pose yoga saat berpuasa

Pose yoga saat berpuasa via www.imagekb.com

Salah satu gerakan yoga yang menyenangakn untuk dilakukan selama puasa adalah child pose atau balasana. Yoga ini tak hanya mudah dilakukan, manfaat berlipat juga bisa kamu dapat. Caranya, duduk di atas kaki terlipat ke belakang. Tarik nafas, letakkan dua tanganmu ke depan, dan tarik tubuhmu secara maksimal. Pastikan kepalamu juga ikut tertunduk ke lantai ya. Lalu hembuskan nafas dan rasakan setiap otot yang meregang.

Nah, gerakan ini bisa membantu pikian lebih relaks, memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan kekebalan tubuh, bisa bikin pencernaanmu lebih bagus. Gak heran, badanm juga bisa tetap sehat dan ideal meski puasa seharian.

6. Dengan melakukan yoga camel poses, lemak yang bersarang bisa berangsur-angsur terbakar. Bahkan daya tahan tubuhmu juga bisa meningkat.

Gaya yoga saat puasa

Gaya yoga saat puasa via www.stylecraze.com

Karena malas berolahraga, gak jarang tubuh justru jadi makin membengkak selama puasa. Nah, untuk mengatasi itu semua, kamu bisa coba yoga–olahraga yang tak terlalu berat. Diantara sekian banyak gerakan, camel pose menjadi jurus  jitu untuk bakar lemak.

Gerakannya juga lumayan simple kok. Pertama-tama duduk posisikan tubuhmu berlutut di atas matras. Pastikan telapak kakimu keluar dan tegak ya. Goyangkan pergelangan bahu sebentar sebagai pemanasan, lalu perlahan-lahan tarik tubuhmu ke belakang. Kemudian letakan tangan pada kaki untuk agar lebih nyaman. Tengadahkan kepala ke atas dan lakukan selama 8 – 10 detik.  Gerakan ini tak hanya ampuh membakar lemak di perut, postur tubuhmu juga lebih apik dan daya tahan tubuh juga lebih baik.

Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Karena jika kamu rutin latihan, manfaat puasa untuk kesehatan bisa terasa lebih maksimal. Agenda menahan lapar juag jadi lebih menyenangkan. Tanpa takut dehidrasi berlebihan, 6 gerakan yoga ini bisa kamu lakukan saat menjelang waktu berbuka.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya