Sudah pernah dengar yang namanya jerawat pasir?

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan penyebutan jenis jerawat yang satu ini. Atau bisa jadi kamu sedang mengalaminya, tapi baru ngeh kalau namanya jerawat pasir.

Advertisement

Nah, kalau wajahmu lagi diserbu kawanan jerawat kecil-kecil yang mirip beruntusan, sini merapat bareng Hipwee Tips biar ngerti seluk-beluknya, pun cara mengusirnya.

1. Jerawat pasir sama dengan jerawat biasa, tapi ukurannya cenderung kecil berisi lemak dan kotoran, datangnya pun keroyokan

jerawat pasir yang menggerombol via jambi.tribunnews.com

Dalam bahasa medis, jerawat ini sering disebut jerawat derajat sedang. Jerawat pasir bisa terbentuk dari kumpulan komedo putih yang muncul di suatu spot wajah. Bisa juga berupa papula (jerawat berbentuk bintik merah kecil) dan juga pustula (jerawat merah kecil dengan nanah di dalamnya). Kebanyakan orang mengalaminya di bagian pipi dan dahi atau zona T, di mana produksi minyaknya jauh lebih banyak. Jerawat pasir memang mirip dengan beruntusan, hanya saja bisa meradang dan sakit saat disentuh.

2. Jerawat pasir ini gampang banget menyebarnya, jauhkan selalu tangan kotormu itu dari wajahmu, ya!

makin nyebar kalau dipencet via www.medicalnewstoday.com

Meski jerawat ini suka muncul di bagian pipi atau dahi, jangan pernah memencet jerawat untuk mengeluarkan isinya secara paksa, atau nggak jerawatnya bakal menyebar ke mana-mana. Pada dasarnya, jerawat terbentuk dari penumpukan minyak wajah, lemak di bawah kulit, dan kotoran yang menyumbat pori. Nah, memencet jerawat pasir ini pun bisa memengaruhi jumlah penyebarannya dengan cepat.

3. Kurang menjaga kebersihan wajah termasuk malas membersihkan makeup jadi penyebab utamanya

malas bersihin wajah via www.goodhousekeeping.com

Advertisement

Seperti halnya jerawat pada umumnya, jerawat pasir juga muncul akibat penumpukan kotoran di pori-pori wajah yang nggak dibersihkan kemudian meradang. Sisa-sisa makeup yang menempel di wajah dan bercampur dengan minyak alami kulit pun bisa menyumbat pori wajah. Kalau kamu malas membersihkan wajah, jerawat pasir ini sangat bisa muncul.

4. Salah pakai produk skincare atau kosmetik juga bisa menimbulkan jerawat pasir yang datangnya gerombolan

nggak cocok produknya via www.allure.com

Jika tiba-tiba timbul jerawat pasir setelah kamu pakai produk tertentu, bisa jadi karena kulitmu nggak cocok. Apalagi kalau produk yang kamu pakai punya kandungan minyak yang tinggi, yang ada malah memperparah penumpukan minyak di wajah. Mending segera hentikan aja pemakaiannya.

5. Pengaruh hormon dan stres juga turut menyumbang kemunculan jerawat pasir yang teksturnya mirip beruntusan ini

pengaruh hormon dan stres via www.bustle.com

Meningkatnya hormon testosteron yang bisa memicu kelenjar minyak di kulit juga jadi salah satu yang bisa menyebabkan jerawat pasir. Hormon ini diproduksi terutama saat sedang menstruasi, hamil dan menopause. Belum lagi kalau stres sudah melanda, wah hati-hati saja. Kebiasaan membiarkan rambut poni yang kotor atau penggunaan helm yang kurang bersih pun bisa menjadi penyebab jerawat pasir di dahi.

6. Jerawat pasir bisa diobati dengan obat minum dan juga obat salep yang sudah diresepkan dokter

pakai obat dari dokter via www.drjustinekluk.com

Jerawat pasir biasanya diobati dengan obat jerawat minum yang diresepkan oleh dokter kulit, seperti doxycycline, minocycline, tetracycline, atau erythromycin. Obat-obatan antibiotik ini sering digunakan karena memang memiliki sifat antibakteri. Sedangkan obat olesnya biasanya menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau krim retinoid.

7. Selain berobat di dokter, kamu juga bisa mengatasi jerawat di wajah dengan berbagai cara mudah di bawah ini

rajin bersihkan wajah via www.allure.com

  • Bersihkan kulit yang berjerawat setiap hari. Gunakan pembersih yang ringan dan nggak berbahan kimia keras.
  • Jangan lupa untuk selalu pakai tabir surya yang cocok dengan kulitmu, apalagi kalau kamu pakai krim atau obat jerawat. Pasalnya, krim atau obat jerawat yang kamu pakai bisa bikin kamu peka terhadap sinar matahari.
  • Keramas secara teratur. Rambut yang berminyak dan kotor jika terkena wajah bisa memperparah jerawat.
  • Jangan memencet atau menggosok jerawat dengan tangan atau alat lain agar nggak infeksi atau jerawat menyebar lebih banyak.

Sebelum mengambil tindakan pengobatan, ada baiknya untuk selalu konsultasikan ke dokter kulit untuk mengetahui dengan jelas penyebab pasti dari jerawat pasir yang menyerbu wajahmu. Dengan diagnosa yang tepat, maka akan membantumu untuk mendapatkan pengobatan yang efektif. Semoga cepat pulih jerawat pasirmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya