Pembayaran nontunai kini tengah banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak, kemudahan bertransaksi dengan kartu atau dompet digital ini dinilai lebih praktis dan efisien daripada harus membayar dengan uang tunai. Terbukti, di tahun 2018 lonjakan penggunanya pun naik hingga 60 persen, melansir dari laman Liputan 6.

Sayangnya, menurut beberapa pakar keuangan, kemudahan bertransaksi ini justru bisa membuat beberapa penggunanya jadi lebih boros dan implusif. Tapi tenang, jika disiasati dengan benar, kamu tetap bisa kok berhemat meski sering membayar menggunakan kartu atau dompet digital. Simak ulasan yang Hipwee Tips rangkum berikut, ya!

1. Supaya pengeluaranmu lebih terkontrol, baiknya buat beberapa kartu atau akun dompet digital untuk memisahkan pos pengeluaran

mengatur keuangan via www.freepik.com

Advertisement

Alokasikan gaji yang kamu terima pada pos pengeluaran yang dipisahkan ke beberapa rekening yang berbeda. Amannya, jika kamu punya tiga rekening berbeda: 50% kebutuhan hidup, 30% tabungan dan investasi, serta 20% refreshing. Untuk membayar tagihan bulanan lain yang nggak masuk dalam rekening terpisah tersebut, kamu bisa memanfaatkan fasilitas transfer, m-banking, atau dompet digital.

2. Usahakan memakai dompet digital untuk kebutuhan sekunder saja

untuk keperluan sekunder via www.freepik.com

Dompet digital seringkali memberikan promo yang membuat kita jadi implusif dan boros. Kalau nggak mau uangmu cepat habis, kamu hanya diperbolehkan menggunakan dompet digital untuk membeli makanan ringan atau menonton ke bioskop saja. Pilihlah dompet digital yang memberikan cashback atau diskon langsung supaya keuanganmu bisa tetap terkontrol.

3. Supaya lebih aman dan tercatat, manfaatkan aplikasi pengatur keuangan yang ada di ponselmu

pakai aplikasi via www.kiplinger.com

Aplikasi ini akan memudahkanmu untuk mengecek pengeluaran setiap harinya. Usahakan untuk selalu mencatat semua pengeluaran agar mudah menghitung total uang yang kamu keluarkan. Dengan mengetahui uang keluarmu, uangmu jadi lebih terkontrol dan nggak boros lagi. Kalau kamu rutin melakukannya, niscaya kamu akan terbiasa melakukannya.

4. Meski sudah ada anggaran untuk menabung dan investasi, usahakan untuk nggak menghabiskan uangmu. Jangan lupa, simpan dana yang tersisa di rekening tabungan milikmu, ya!

simpan sisa uang via 10infos.com

Advertisement

Kalau pengelolaan keuanganmu baik, pasti kamu akan mendapatkan sisa dana. Nah, dana ini bisa kamu alokasikan ke uang tabungan atau untuk berinvestasi. Selain nggak terbuang sia-sia, dana ini juga bisa kamu gunakan untuk kebutuhan mendesak lo! Nah, kalau begini kan nggak perlu berhutang.

5. Jangan lupa untuk memulai investasi, supaya uangmu nggak habis begitu saja

coba investasi via www.freepik.com

Nggak perlu dana besar, bahkan investasi pun bisa kamu mulai dengan uang 10 ribu rupiah lo! Kuncinya, kamu hanya perlu giat dan displin supaya bisa meningkatkan investasi milikmu. Lagi pula, kini banyak kok invetasi yang bisa dicoba untuk pemula.

Nggak melulu bikin boros, jika disiasati dengan benar, gaya hidup cashless justru memberikan banyak keuntungan untuk kita. Selama kamu bisa mengelola keuanganmu dengan benar, pengeluaranmu tetap bisa terkontrol dan nggak membludak kok~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya