7 Tips Istirahat Sejenak saat Capek Belajar dan Menghafal. Fokus, Fokus!

Biar apa yang kamu baca bisa masuk otak dan gampang diingat!

Entah untuk tugas atau ujian, pelajar atau mahasiswa sering menghabiskan waktu untuk belajar mati-matian. Kalau kalian salah satunya, pasti rasanya capek dan bosan banget harus duduk di meja selama berjam-jam. Alhasil, kamu harus baca ulang paragraf yang ada di bukumu terus-terusan tanpa bisa memahaminya. Itu karena kamu sudah keburu kehilangan fokusmu!

Advertisement

Walaupun belajar itu penting, kamu tetap harus sisihkan waktu untuk istirahat beberapa menit dari semua pelajaran yang bikin pusing. Nggak perlu berlebihan, yang penting kamu bisa menjaga produktivitas dan motivasimu tetap tinggi dengan belajar secukupnya. Jadi, apa yang harus dilakukan? Berikut tips istirahat dari belajar yang sehat,yang bisa kamu coba.

1. Jangan terus-terusan belajar lebih dari satu jam

Seorang wanita membaca buku

Seorang wanita duduk dan membaca buku | Foto oleh George Dolgikh @ Giftpundits.com dari Pexels via www.pexels.com

Kalian tau nggak, sih? Banyak penelitian tentang fungsi otak dan konsentrasi yang mengatakan bahwa kebanyakan orang berhenti mempertahankan tingkat produktivitas mereka setelah 50-90 menit bekerja terus-menerus. Bayangkan kalau kamu belajar atau nugas non-stop lebih dari satu jam. Udah capek, fokusnya hilang, kamu juga akan frustrasi karena usahamu nggak membuahkan hasil.

Cara termudah adalah dengan mengatur timer dengan teknik yang paling terkenal, yaitu teknik Pomodoro. Selama 1 sesi Pomodoro, kamu bisa belajar selama 25 menit, istirahat 5 menit, dan lanjut belajar lagi. Setelah 4 sesi (4 x 25 menit), istirahat lebih panjang selama 15-30 menit.

Advertisement

2. Tetap berpegang pada rencana

Rencana to do list

Rencan to-do-list untuk hari ini | Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Buatlah rencana kegiatan di awal hari dan rincikan dengan tepat apa yang mau kamu capai di hari itu. Perlu diingat, kamu harus buat rencanamu serealistis mungkin. Kamu nggak perlu buat daftar rencana yang panjang. Pendek juga nggak apa-apa, asal kamu yakin kamu bisa mencapai itu semua. Dengan begitu, kamu bisa tetap produktif walaupun apa yang kamu lakukan nggak banyak. Yang penting, nggak ada rencana yang terlewati di dalam daftar.

3. Gerakkan tubuhmu

Seorang gadis melompat

Seorang gadis melompat tinggi di depan dinding | Foto oleh Archie Binamira dari Pexels

Olahraga selama 10 menit bisa meningkatkan aliran darah ke otakmu, lo! Olahraga di sini bukan berarti push-up atau sit-up yang bikin kamu pegal-pegal. Kamu cukup stretching aja atau dengar lagu favoritmu sambil nari. Kamu bisa melakukan apa pun yang membuat detak jantungmu terpompa, biar darah kamu mengalir dengan lancar! Bergerak juga membantumu mengurangi tingkat kecemasan karena memiliki efek menenangkan pada otak. Selain itu, dengan bergerak, mood kamu juga bisa meningkat. Jangan lupa untuk bergerak, ya, teman-teman!

4. Minum air yang cukup

Seorang wanita memegang gelas

Seorang wanita memegang gelas berisikan air | Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

Kamu harus tetap terhidrasi kalau kamu mau otakmu berjalan dengan baik! Ada baiknya kamu minum minimal 2 liter atau setengah galon air per hari biar kamu bisa fokus. Kalau kamu bosan minum air putih, coba minum infused water biar lebih menarik. Kamu bisa tambahkan buah jeruk, irisan stroberi, atau buah lainnya ke dalam botol minummu.

Advertisement

5. Tidur sebentar

Seseorang tidur di depan laptop

Seseorang tertidur di depan laptop | Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels via www.pexels.com

Tidur siang sebentar aja, sekitar 10-20 menit. Untuk ini, kamu perlu menyetel alarm sebelum tidur. Menurut penelitian dari Case Western Reserve University, tidur siang selama 10-20 menit bisa meningkatkan produktivitas dan kemampuanmu untuk fokus, lo! Sekarang kamu tahu manfaatnya, kapan lagi kamu bisa belajar sambil tidur-tiduran kayak gini?

6. Bersih-bersih sekitarmu

Merapikan pakaian

Seseorang merapikan pakaiannya | Foto oleh Sarah Chai dari Pexels via www.pexels.com

Sulit untuk fokus ketika lingkunganmu berantakan, jadi luangkan waktu sejenak untuk merapikannya. Kalau kamu malas nyapu atau ngepel, lakukan sesuatu yang lebih sederhana. Kamu bisa coba merapikan kasurmu atau pakaian yang dari kemarin ditumpuk. Hitung-hitung, rumahmu akan terlihat rapi saat kamu selesai belajar.

7. Keluar sebentar untuk mencari angin segar

Lapangan rumput hijau

Orang-orang duduk di lapangan rumput hijau | Foto oleh Chris J Mitchell dari Pexels via www.pexels.com

Kamu pasti bosan dengan pemandangan kertas, pulpen, dan lainnya. Maka itu, kamu perlu jalan-jalan sebentar. Udara segar bisa meningkatkan energimu dan membuatmu kembali bersemangat, jadi pergilah keluar dan berjalan-jalan. Kamu bisa coba cari tempat yang hijau di dekatmu, seperti taman komplek kecil-kecilan. Berada di alam dapat membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiranmu, lo!

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan sembari istirahat sejenak saat belajar. Biar kamu tetap fokus, konsentrasi nggak hilang, apa yang kamu baca atau hafalkan pun bisa cepat ditangkap oleh otak. Semangat, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE