Buat kamu yang selalu menghabiskan waktu lebih banyak di kantor pasti telah menganggap tempat kerjamu sebagai rumah kedua. Seharian berada di meja kerja pasti tak jarang pula membuat mood kamu berantakan atau pikiranmu mumet. Dikejar deadline dan revisi juga pasti sudah menjadi makanan sehari-hari. Oleh sebab itulah, kamu pun harus memiliki ruang kerja yang nyaman atau setidaknya meja kerja yang bisa membuatmu merasa tenang.

Meja kerja esensinya berguna sebagai tempat di mana kamu melakukan semua jenis pekerjaan kamu dengan gadget yang kamu perlukan. Sebut saja laptop, tab, telepon genggam, atau alat elektronik lainnya. Tapi pernah kah kamu berpikir kalau meja kerja yang berantakan malah akan membuat produktivitas kamu menurun? Semangat kerja seakan hilang dan kamu pun jadi nggak bisa bekerja secara maksimal.

Advertisement

Menata meja kerja untuk tetap terlihat rapi perlu dilakukan. Bukan hanya akan memberikan kesan bersih tapi juga dapat membuatmu nyaman. Pikiran kamu juga nggak lagi akan terasa sumpek jika barang-barang di atas meja kamu ditata dengan baik dan benar. Kalau kamu masih bingung harus menatanya seperti apa, kali ini Hipwee Tips memberikan beberapa saran yang mungkin bisa kamu jadikan acuan.

1. Yang paling utama, jangan biarkan banyak barang berserakan di atas meja kerja kamu. Ingat, sekecil apapun perintilan itu harus ditata dengan rapi

kan terlihat rapi via unsplash.com

Akan sangat wajar jika kita membutuhkan buku untuk mencatat, posh it sebagai pengingat, belum lagi tumpukan dokumen, atau peralatan tulis lainnya. Barang-barang tersebut pasti memenuhi meja kerja kamu. Belum lagi kalender, kalkulator, atau sesimpel tempat tisu juga pasti tak luput ada di atas meja kerja kamu. Bukan cuma akan berdampak pada kinerja kamu, hal tersebut juga akan membatasi ruang gerakmu selama bekerja.

Cobalah untuk mulai menata barang-barang kamu di tempat yang tepat. Misalnya saja kamu bisa memasukkan tumpukan dokumen di dalam binder. Lalu letakan binder tersebut di sudut meja agar ruang gerakmu tidak terganggu. Lalu bagaimana dengan peralatan tulis lainnya? Kamu bisa membeli kotak pensil dan menaruhnya di dekat keyboard komputer kamu agar mudah untuk diraih.

2. Taruh tempat sampah di dekat meja kerjamu agar tidak banyak sampah berserakan

bebas sampah via unsplash.com

Advertisement

Meja kerja yang rapi dan bersih pasti menjadi keingan semua orang. Jika kamu sudah menata barang-barang kamu denagn baik, yang perlu kamu lakukan lagi ialah menyediakan tempat sampah. Letakkan tempat sampah tersebut dekat dari meja kerjamu. Kamu pun jadi tak perlu repot-repot lagi jalan jauh untuk sekadar membuang sisa kertas, bungkus permen, atau sampah lainnya.

Ada sebagian orang yang memang membiarkan meja mereka terlihat kotor, mungkin secara nggak sengaja karena malas membuang sampah ke tempatnya yang jauh dari jangkauan. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa melakukan beberapa cara, salah satunya ya dengan menyediakan tempat sampah. Dan yang paling penting ialah nggak boleh malas untuk membuang sampah pada tempatnya.

3. Memang hampa rasanya kalau meja kerja tanpa hiasan. Tapi secukupnya aja ya biar nggak terkesan berlebihan

semua sesuai selera kamu via unsplash.com

Akan terasa kurang memang kalau di atas meja kerjamu hanya ada tumpukan dokumen, perlatan tulis, atau barang lainnya yang kamu butuhkan untuk pekerjaan. Padahal saat kamu menghabiskan waktu di depan layar komputer setiap hari pasti kamu membutuhkan sesuatu yang bisa menyegarkan mata. Beberapa barang pun bisa kamu jadikan pilihan untuk melepas penat. Misalnya saja kamu memajang foto keluarga, hiasan meja seperti kata-kata motivasi, atau pot tanaman yang menurut penelitian bisa mengurangi rasa lelah serta tingkat stresmu.

Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan menaruh hiasan di atas meja kerja, Bukan hanya akan terkesan padat, tapi juga bisa membuyarkan konsentrasi kamu. Yang perlu-perlu saja agar ruang gerak kamu juga tidak terganggu.

4. Coba mulai taruh smartphone kamu agak jauh dari wilayah kerjamu. Bukannya nggak diperlukan, hanya saja terkadang bisa menjadi gangguan

gangguan paling utama, telepon genggam via unsplash.com

Smartphone nampaknya kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Tanpa adanya telepon genggam dalam genggaman rasanya hampa dan terasa kurang. Ya memang smartphone sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi atau mencari informasi apapun. Tapi nggak ada salahnya kok untuk berjauhan sebentar dengan gadget satu itu.

Terkadang konsentrasi kita bisa kepecah ketika bekerja sambil bermain handphone. Entah itu dengan membuka media sosial, melihat feed seseorang, chatting-an, atau lainnya. Produktivitas kinerja kamu pun bisa berkurang kalau kamu selalu ter-distract dengan hal-hal itu. Justru karena itu lah kamu harus pintar-pintar menaruh smartphone kamu itu pada posisi yang benar. Misal kamu menaruhnya di belakang layar komputermu agar jauh dari pandangan kamu. Fokus kamu pun akan lebih terkonsentrasi lagi.

5. Singkirkan benda yang tidak perlu. Ingat, jangan sampai ruang gerak kamu terganggu oleh barang-barang yang nggak berfaedah

simple is good via unsplash.com

Meja kerja kadang terlihat penuh oleh perintilan yang sebetulnya tidak diperlukan. Barang-barang tersebut bisa berupa cemilan, mainan, atau perlengkapan makeup bagi perempuan. Sebenarnya kehadiran benda-benda tersebut bisa mengganggu konsentrasi serta produktivitas kamu. Daripada meja kamu penuh dengan barang yang cuma akan membuat sumpek, lebih baik kamu singkirkan agar terlihat bersih dan rapi.

Bekerja di tempat yang rapi pasti memberikan kenyamanan tersendiri. Pandangan mata jadi nggak sumpek dan ruang gerak mu pun juga tidak terbatas. Pada dasarnya, menata meja bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Semua tergantung keinginan dan niat kamu untuk selalu menjaga kebersihan serta kerapiannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya