Sebagai pengantin baru, tentu ingin hidup mandiri dan nggak lagi merepotkan orangtua maupun mertua. Lagipula pasutri juga butuh privasi, kan? Sayangnya, nggak semua pasutri beruntung bisa punya rumah sendiri mengingat harga rumah saat ini jauh di atas terjangkau. Makanya, nggak jarang pasutri baru memilih tinggal di rumah kontrakan untuk sementara sembari mengumpulkan modal KPR.

Nah, biar nggak keliru pilih rumah kontrakan, alangkah baiknya pertimbangkan tips mencari rumah kontrakan bagi pasutri baru berikut.

1. Cari lokasi kontrakan yang disesuaikan dengan aktivitas utamamu dan pasangan

lokasi dekat dengan tempat kerja via netproperty.net

Advertisement

Lokasi adalah hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan sebelum fix cari kontrakan. Diskusikan dengan pasangan, di titik mana kalian akan mencari kontrakan yang mana dekat dengan tempatmu bekerja, juga tempatnya bekerja. Tentu jika tempat kerja kalian masih bisa dijangkau dari rumah kontrakan nantinya.

Pemilihan lokasi ini berguna untuk menghemat ongkos transportasi sekaligus bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

2. Survei langsung kondisi rumah satu persatu terutama fasilitasnya. Catat kekurangan dan kelebihannya masing-masing

cek fasilitas via kontrakrumah.com

Kalau sudah nemu beberapa rumah kontrakan yang kamu incar, langsung kontak pemilik rumah dan lakukan survei menyeluruh. Cek ketersediaan ruangan yang kamu inginkan seperti jumlah kamar, kamar mandi yang memadai, dapur serta ruangan lainnya. Cek juga kondisi rumah dan fasilitas pendukungnya, pastikan instalasi listrik dan airnya lancar dan bebas kendala.

Advertisement

Surveilah ke beberapa rumah dan catat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Jangan cuma lihat propertinya, pertimbangkan juga lingkungan sekitarnya, kondusif dan bisa diajak bertetangga dengan baik atau nggak

perhatikan lingkungan sekitar via blog.kentongan.org

Selain propertinya itu sendiri, kamu juga harus perhatikan lingkungan di sekitar rumah kontrakan. Pastikan lingkungannya bersih, bebas banjir, aman dan kondusif dari segala macam tindak kejahatan, konflik, kerusuhan atau pun gangguan lainnya. Baiknya kenali juga karakter masyarakat di sekitarmu, termasuk tetangga terdekat. Penting untuk memiliki tetangga yang suportif dan saling membantu mengingat kalian bakal hidup berdampingan nantinya.

4. Utamakan rumah kontrakan yang nggak hanya dekat dengan lokasi tempat kerja, tapi juga dengan fasilitas umum lainnya

dekat warung via dekorhom.blogspot.com

Akan lebih nyaman jika rumah kontrakan yang kalian tinggali kelak dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, tempat ibadah, rumah sakit, kantor polisi, dan fasilitas umum krusial lainnya. Dengan begitu, biaya transportasi juga bisa diminimalisir.

5. Pilihlah rumah kontrakan dengan jangka waktu sewa yang singkat untuk mengetahui kenyamanan dan kecocokannya

waktu sewa singkat via dimaspratama20.com

Karena ini adalah rumah pertama kalian, akan lebih bijak jika memilih kontrakan dengan jangka waktu sewa yang singkat. Jadi ketika sewaktu-waktu kalian merasa nggak cocok atau pengen pindah, nggak perlu menunggu terlalu lama sampai masa kontraknya habis.

Kecuali jika kalian sudah punya tenggat waktu yang pasti akan tinggal di rumah kontrakan tersebut sampai kapannya.

6. Terakhir, tentu saja pertimbangkan harga sewa dengan bujet yang kalian punya

harga terjangkau via penilaianaset.com

Memilih rumah kontrakan sebaiknya disesuaikan dengan bujet atau kemampuan finansialmu dan pasangan. Setelah menyurvei dan mengumpulkan beberapa lis rumah kontrakan, bandingkan antara harga dan fasilitas yang didapatkan serta faktor pendukung lainnya. Pilihlah dengan bijak dan saksama, ya!

Karena rumah kontrakanmu nanti bakal ditempati dalam jangka waktu cukup lama, sebisa mungkin pertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan mengontrak sebuah rumah. Kesesuaian antara kamu dan pasanganlah yang menjadi prioritas utamanya. Selamat berburu kontrakan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya