7 Taktik Jitu Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan. Selamat Tinggal Cucian Tak Kering dan Bau Apak~

tips mencuci saat musim hujan

Cuaca yang teduh khas musim hujan memang bikin nyaman. Pun, kita jadi pengin berlama-lama rebahan. Namun, musim hujan juga menjengkelkan. Pasalnya, nggak cuma bikin sepatu kesayangan kena cipratan air, jemuran juga jadi basah berhari-hari karena sinar matahari kerap kali terhalangi mendung. Padahal, stok baju bersih kian menipis dan baju kotor terus menumpuk. Apesnya lagi, jemuran yang kering kadang baunya apak akibat tak terkena panas mentari. Waduh~

Meski musim hujan datang setiap tahunnya, perkara cucian ini terus terjadi. Bayang-bayang cucian nggak kering udah bergelayut di benak saat gerimis pertama mulai menitik. Artinya, ini adalah waktunya bersiasat agar cucian cepat kering.  Mungkin kamu salah satu yang mengalami juga.

Sepertinya, kita boleh bernapas lega nih. Dengan taktik cerdas, cucian kita ternyata bisa lekas kering dan baunya nggak apak sama sekali. Apalagi, jika kita punya peralatan elektronik yang mampu mengeringkan pakaian basah. Eits, bukan pengering yang biasa ada di mesin cuci. Iya, serius kok. Alat seperti itu memang ada dan makin memudahkan kita saat musim hujan tiba.

Yuk, langsung aja cek taktiknya!

1. Pakaian kotor? Sesegera mungkin singkirkan nodanya, nggak perlu menunggu sampai waktu mencuci, ya!

Salah satu kesalahan sepele yang bikin pakaian makin bau apak adalah membiarkan noda kotoran tetap menempel. Idealnya, pakaian yang kotor harus segera dibersihkan, terutama pakaian yang kena lumpur atau cipratan air ketika kita kehujanan. Jadi, jangan sampai kotoran itu mengendap lama karena bisa menyebabkan noda makin sulit dihilangkan.

Menukil DMCI Communities , kita dapat menggunakan pembersih noda ramah lingkungan seperti lemon untuk menghilangkan kotoran di baju. Opsi lain, kita juga bisa menggunakan pembersih pakaian yang dijual di toko terdekat. Jika nodanya cukup membandel, rendam pakaian dengan larutan pembersih selama semalam dan bilas keesokan harinya.

2. Bila tak sempat menghilangkan noda secepatnya, masukkan pakaian ke dalam lemari beku (freezer). Untuk apa, ya?

Tim Dalam Artikel Ini