Kamu bolos kerja atau sekolah demi nonton premiere film di bioskop? Kamu mungkin akan cukup waras untuk nggak check-in lokasimu di Foursquare. Kamu selingkuh? Mungkin kamu bakal setengah mati menahan diri buat upload momen-momen kalian berdua di Path. Kalau nggak, bisa-bisa kamu ketahuan pacar.

Tapi, jangan kira kamu aman selama masih ada iPhone di kantongmu! Ponsel pintar favorit masyarakat kelas menengah atas ini adalah transmitter lokasi paling canggih saat ini. Kalau kamu punya iPhone, kelakuan “nakal”-mu bisa jadi bakal tetap ketahuan.

Foursquare bisa terus melacak keberadaanmu biarpun aplikasinya udah kamu tutup dan matikan. Bukan cuma Foursquare aja yang begini. Di iPhone penulis sendiri, misalnya, ada sekitar 18 aplikasi yang tetap aktif melacak lokasi — bahkan 19 aplikasi, kalau mau ikut menghitung program aplikasi pelacak iPhone yang hilang atau dicuri. Padahal, Location Service di menu Privacy sudah mati. Ini bukan bug, melainkan imbas dari fitur Background App Refresh yang kita dapatkan ketika meng-upgrade iOS 7.

Tenang, jangan paranoid dulu. Hipwee udah nyiapin cara biar kamu bisa ngakalin iPhone-mu. Setelah baca artikel ini, gak perlu lagi waswas kamu lagi dilacak sama siapa pun — kecuali Tuhan.

1. Masuk ke “Settings”, dan Pilih “General”, Bukan “Privacy”

Abaikan “Privacy” pilih “General” via www.hipwee.com

Advertisement

Untuk mengatur privasi mereka, wajar kalau para pengguna iPhone memilih langsung masuk ke setting “Privacy”. Tapi percaya deh sama Hipwee: itu nggak akan memecahkan masalah atau membuat lokasimu tersembunyi. Daripada masuk ke “Privacy”, pilihlah setting “General.”

Setelah masuk ke “General”, kamu akan disajikan beberapa opsi. Lalu…

2. Temukan dan Tap Opsi “Background App Refresh

Tap “Background App Refresh” via www.hipwee.com

Mungkin kamu nggak pernah sadar sebelumnya kalau opsi ini ada, ‘kan? Bukan salah kamu kok, fitur ini emang baru dari iOS 7. Tujuannya sih supaya app-app di iPhone-mu bisa me-refresh dan meng-update konten mereka secara otomatis. Tapi, membiarkan fitur ini menyala juga bakal bikin baterai iPhone-mu lebih cepat habis. Selain itu, tentu aja, lokasimu bakal di-track terus menerus.

Thanks, Apple…or not.

3. Matikan “Background App Refresh”.

Matikan total via www.hipwee.com

Kamu punya beberapa pilihan. Pertama, kamu bisa mematikan fungsi “Background App Refresh” secara total. Kedua, kamu juga masih bisa menentukan aplikasi apa aja yang boleh mengakses keberadaanmu. Misalnya, membiarkan Find My iPhone tetap mengetrek lokasimu mungkin cukup masuk akal.

4. Keluar Dari “Settings”. Selamat Berkelana dan Melakukan Dosa! :p

Atau matikan sesuai kebutuhan via www.hipwee.com

Jika pada satu saat nanti kamu kembali memerlukan layanan lokasi (misalnya, untuk app Google Maps atau Waze), kembalilah mempraktikkan langkah 1 dan 2. Lalu nyalakan kembali “Background App Refresh“.

Aplikasi penanda lokasi seperti Path dan Foursquare memang seru. Namun, kamu pasti memerlukan sedikit ruang privasi di era keterbukaan ini (dan banyak privasi kalau kamu mau selingkuh atau bolos kerja). Selain itu, mematikan layanan lokasi juga akan meningkatkan daya tahan bateraimu. Gak ada ruginya, ‘kan?