Urutan Skincare yang Bisa Dicontoh Biar Kandungannya Meresap Sempurna. Pagi dan Malam Beda!

Urutan skincare

Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit wajah, menggunakan skincare atau produk perawatan wajah adalah pilihan yang cukup tepat. Memilih produk skincare memang perlu diperhatikan, tapi ada hal lain yang juga nggak kalah penting, yakni urutan memakainya. Menggunakan skincare sesuai urutan bisa meningkatkan efektivitas produk yang dipakai sehingga hasilnya juga akan lebih cepat dirasakan kulit wajah. Nah, urutan skincare sendiri biasanya ditentukan berdasarkan jenis kulit, usia, waktu, dan produk perawatan yang dipakai.

Advertisement

Kamu yang bukan skincare junkie mungkin bingung, sebenarnya kapan produk-produk skincare akan efektif diaplikasikan ke wajah. Jangan sampai keliru, simak urutan pemakaian skincare sesuai kebutuhannya berikut ini.

1. Pastikan kamu sudah tahu dulu pengertian skincare

skincare itu merawat wajah via www.chicagotribune.com

Skincare adalah serangkaian aktivitas yang bisa mendukung kesehatan dan penampilan wajah. Rajin memakai skincare akan bikin kulit lebih ternutrisi dan terhindar dari masalah seperti jerawat maupun flek hitam. Efek skincare memang nggak bisa langsung terasa, tapi lambat-laun kamu bakal melihat seperti apa manfaatnya.

Sebelum memilih skincare tertentu, ada baiknya kamu mengetahui dulu jenis dan masalah kulitmu. Sebab, ada beberapa produk dan kandungan dalam skincare yang nggak boleh dipakai jika kulit tengah mengalami masalah tertentu.

Advertisement

2. Kalau perbedaan skincare dan makeup, sudah tahu?

skincare beda dengan makeup via hypebae.com

Dari segi definisi saja, sebenarnya dua hal ini sudah berbeda. Skincare memiliki arti sebagai perawatan kulit, sedang makeup berarti berdandan dengan menggunakan kosmetik. Makanya, produk yang dipakai dalam dua rangkaian ini pun berbeda. Dari segi pemakaian, skincare lebih sering digunakan, bahkan harus setiap hari baik pagi maupun malam. Sedangkan makeup tak sesering itu. Makeup dipakai saat diperlukan saja, misalnya pergi kondangan atau menghadiri acara formal lainnya.

Kalau harus memilih salah satu, skincare jelas jadi pilihan utama. Sebab, jika kamu menjalankan skincare routine dengan baik, manfaatnya bisa dirasakan hingga tua nanti.

3. Berikut urutan skincare pagi yang menjadi perawatan dan perlindungan dasar bagi kulitmu untuk menghadapi hari

produk skincare pagi via www.nurismaya14.com

Urutan skincare pagi yang benar diawali dengan membersihkan wajah, bisa pakai milk cleansing, water cleansing atau oil cleansing. Kalau sudah, cuci wajahmu menggunakan facial wash, lalu aplikasikan toner dengan cara ditepuk-tepuk. Biar nggak kering, gunakan pelembap sesuai jenis kulitmu. Tunggu hingga pelembap meresap, lalu aplikasikan sunscreen minimal SPF 30, ya!

Advertisement

4. Urutan skincare pagi dan malam itu berbeda. Biar nggak keliru atau terlalu over penggunaan skincare-nya, cek juga seperti apa urutan skincare malam hari

produk skincare malam via www.mantrianarani.com

Biasanya, urutan skincare malam dilakukan menjelang tidur. Pertama kamu mesti melakukan double cleansing terlebih dahulu dengan menggunakan makeup remover. (jika seharian kam pakai makeup). Kemudian cuci wajahmu dan lakukan eksfoliasi dengan exfoliating toner tiap dua kali seminggu. Kalau sudah, gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit wajahmu.

Selanjutnya gunakan serum sesuai dengan permasalahan kulit yang dialami. Setelahnya menggunakan serum, aplikasikan sheet mask selama 15 menit. Kalau sudah, bekasnya nggak perlu dibilas. Ratakan dan tumpuk saja dengan krim malam.

5. Kalau menginginkan kulit wajah yang flawless, kamu bisa mencoba urutan skincare Korea

skincare ala Korea via stellar.ie

Tentu saja kamu tak bisa lagi mempraktikkan urutan skincare Wardah di metode ini. Pasalnya, metode ini mutlak menggunakan produk skincare Korea. Urutan skincare Korea ini cukup banyak lo!

Pertama, bersihkan wajah dengan menggunakan cleansing oil lalu cuci dengan facial foam agar sisa kotorannya terangkat. Selanjutnya, lakukan eksfoliasi dengan menggunakan exfoliating toner. Tapi nggak boleh tiap hari, cukup dua kali seminggu. Agar kulit nggak kering, aplikasikan hydrating toner untuk melembapkannya kembali. Lalu gunakan essence yang hanya ada di urutan skincare Korea saja. Essence bisa bikin kulit jadi lebih siap ketika mau diaplikasikan serum setelahnya. Lanjut dengan memakai serum, aplikasikan sheet mask, dan diamkan selama 15 menit.

Berbeda dengan urutan skincare lain, di metode ini, kamu juga mesti pakai eye cream agar area bawah mata bisa teregenerasi dengan baik. Selanjutnya, gunakan pelembap baik di pagi maupun malam hari. Terakhir, aplikasikan sunscreen di pagi hari agar kulit terhindar dari paparan UV dan radikal bebas.

6. Tak sama dengan orang dewasa, urutan skincare untuk remaja atau pemula yang baru saja mencoba perawatan wajah dengan produk lebih minimalis

skincare remaja via editorial.femaledaily.com

Di metode ini, kamu bisa praktikkan urutan skincare Emina — produk yang banyak diperuntukkan untuk remaja karena kandungannya yang ringan. Tahapan skincare remaja ini cukup simpel.

Pertama, bersihkan wajah dengan menggunakan micellar water, kemudian cuci memakai facial wash. Lalu gunakan toner bebas alkohol supaya wajah nggak kering. Kemudian aplikasikan pelembap sesuai jenis kulitmu. Buatmu yang berjerawat, gunakan pelembap dengan kandungan tea tree oil, ya! Terakhir, pastikan kamu mengaplikasikan sunscreen apalagi jika mau beraktivitas di luar ruangan.

7. Kamu juga mesti tahu urutan skincare dan make-up yang benar biar nggak gampang jerawatan

skincare dulu baru make-up via makeup-marykay.com

  1. Sebelum pakai macam-macam produk, jangan lupa bersihkan wajah terlebih dulu, ya! Setelah wajah bersih, gunakan toner yang berguna untuk menyamarkan pori-pori wajah. Kalau lagi ada jerawat, kamu bisa aplikasikan obat totol.
  2. Setelahnya, aplikasikan serum yang bisa merawat pori-pori wajah. Berhubung bakal dilanjutkan dengan pengaplikasian makeup, oleskan eye cream di bagian bawah matamu.
  3. Nggak kalah penting, gunakan pelembap agar make-up nggak cracky apalagi kalau wajahmu cenderung kering.
  4. Urutan skincare terakhir, yakni mengaplikasikan sunscreen guna meminimalisir flek hitam akibat sinar matahari dan penggunaan produk kosmetik.

Kalau semua produk skincare sudah kamu aplikasikan, tunggu dulu sekitar 10 menit agar semua kandungannya meresep. Jika sudah, baru deh kamu boleh mengaplikasikan make-up seperti biasa.

  1. Buatmu yang pori-porinya cukup besar, sangat dianjurkan untuk menggunakan primer terlebih dulu. Sebab, toner saja tak cukup untuk menyamarkan pori-pori wajahmu.
  2. Setelah primer, kamu bisa memakai alas bedak sesuai kebutuhan. Boleh pakai BB cream atau foundation, ya!
  3. Aplikasikan bedak yang sesuai dengan kebutuhan wajah untuk mengunci minyak yang dapat membuat make-up jadi luntur.
  4. Riasan wajah selesai, sekarang tinggal poles bagian mata dan bibir. Kamu bisa memakai eyeshadow, maskara, maupun eyeliner untuk matamu.
  5. Untuk bibir, bisa pakai lipstik atau lip cream. Tapi sebelumnya aplikasikan lip balm terlebih dahulu untuk menjaga kelembapan kulit bibir.
  6. Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan ialah merias alis sesuai kebutuhan dan bentuk wajahmu. Selesai deh!

Meski di momen-momen sekarang kamu lagi banyak menghabiskan waktu di rumah saja, mengaplikasikan skincare dengan urutan yang benar baiknya jangan dilewatkan, ya. Kalau dirasa terlalu ‘berat’ sementara kamu nggak ke mana-mana, setidaknya, gunakan produk dasar seperti facial wash, pelembap, dan sunscreen agar wajah tetap terlindungi. Karena kalau sekali saja kamu meninggalkan urutan skincare yang benar, kulit wajahmu bakal berusaha beradaptasi dan malah jadi rentan bermasalah lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE