10 Maskapai yang Mendapat Penghargaan Paling Bersih di Dunia. Maskapai Indonesia Masuk Nggak Nih?

World Airline Awards Skytrax

Lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, memberikan penghargaan kepada maskapai terbersih di dunia. Penghargaan ini diumumkan saat malam penganugerahan Skytrax World Airline Awards 2018. Survey ini dilakukan kepada pembaca dengan metode; penumpang diminta untuk memberikan penilaian kebersihan kabin pesawat meliputi area kursi, meja, karpet, panel kabin, dan toilet.

Advertisement

Penghargaan ini tentu penting bagi traveler mengingat pesawat bisa diakses banyak orang, baik yang sehat maupun yang punya penyakit. Berpindahnya kuman dan bakteri sangat memungkinkan terjadi di dalam pesawat. Kebersihan maskapai tentu sangat penting hukumnya. Nah, siapa nih yang jadi maskapai terbersih di dunai versi Skytrax? Ini dia jawabannya.

All Nippon Airways (ANA) dari Jepang jadi maskapai terbersih di dunia. Wajar jika dilihat dari karakter masyarakat Jepang yang disiplin dan sangat menjaga kebersihan

ANA Airlines via newsinflight.com

Maskapai andalan Jepang, All Nippon Airways (ANA) jadi maskapai terbersih mengalahkan maskapai lain di dunia. Maskapai ini memang dikenal dengan pelayanannya yang sangat ramah, ketepatan waktunya, serta petugas kebersihan yang sangat profesional. ANA adalah maskapai penerbangan pertama yang terakreditasi sebagai The World’s 5-Star Airlines di Jepang. Tak heran jika maskapai terbersih di dunia jatuh di tangan All Nippon Airways. Nyaman banget naik ANA emang.

EVA Air dari Taiwan, Asiana Airlines dari Korea Selatan, berada di peringkat 2 dan 3. Lalu Singapore Airlines dan Japan Airlines (JAL) mengekor di peringkat 4 dan 5

eva air berada di peringkat kedua via www.businesstraveller.com

Berada di bawah ANA, Eva Air dari Taiwan jadi maskapai terbersih nomer 2 di dunia, diikuti oleh Asiana Airlines dari Korea Selatan di peringkat ketiga. Singapore Airlines dan Japan Airlines masuk ke 5 besar berurutan di peringkat ke 4 dan 5. Sementara di peringkat 6 ada Cathay Pacific Airlines (Hong Kong), diikuti oleh peringkat 7 Qatar Airways (Qatar). Peringkat 8 diisi oleh Swiss International Air Lines (Switzerland), peringkat 9 oleh Hainan Airlines (China) dan penutup 10 besar adalah maskapai asal Jerman, Lufthansa. Ironisnya 10 sampai 20 besar maskapai terbersih tidak ada dari benua Amerika. Apa kabar maskapai asal Amerika Serikat? Hehehe.

Advertisement

Sementara itu maskapai terbersih perwakilan benua adalah :

  1. South African Airways di Afrika,
  2. Air New Zealand di Australia/Pacific
  3. Air Canada di Amerika Utara
  4. Azul Airlines di Amerika Selatan
  5. Swiss International Airlines di Eropa
  6. ANA Airlines di Asia

Lalu di mana maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia? Garuda terlempar ke posisi 16.

Advertisement

garuda indonesia via landor.com

Garuda Indonesia berada di luar 10 besar maskapai terbersih dunia dan berada di peringkat 16. Prestasi Garuda Indonesia sebenarnya nggak buruk-buruk amat sih, masih di 20 besar kok. Meski begitu, Garuda harus segera mengejar ketertinggalannya dari ANA dkk. Mudah-mudahan Garuda semakin berbenah dan berusaha merebut posisi pertama dari ANA Airlines tahun depan.

Daftar 20 maskapai terbersih di dunia versi World Airline Awards by Skytrax :

1. ANA All Nippon Airways (Jepang)

2. EVA Air (Taiwan)

3. Asiana Airlines (Korea Selatan)

4. Singapore Airlines (Singapura)

5. Japan Airlines (Jepang)

6. Cathay Pacific Airlines (Hong Kong)

7. Qatar Airways (Qatar)

8. Swiss International Air Lines (Swiss)

9. Hainan Airlines (China)

10. Lufthansa (Jerman)

11. Korean Air (Korea Selatan)

12. Cathay Dragon (Hong Kong)

13. Austrian Airlines (Austria)

14. China Airlines (Taiwan)

15. Thai Airways (Thailand)

16. Garuda Indonesia (Indonesia)

17. China Southern Airlines (China)

18. Bangkok Airways (Thailand)

19. Emirates (Uni Emirat Arab)

20. Air New Zealand (Selandia Baru)

Mana nih maskapai favoritmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE