Awal pekan ini awan kelabu menggelayuti dunia penerbangan Indonesia. Pesawat Lion Air terjatuh secara tragis di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin (29 Oktober). Terdapat 189 korban jiwa yang kini masih terus dievakuasi dari laut Jawa. Hal ini menjadi sebuah ironi mengingat tahun 2017 lalu jadi tahun paling aman dalam dunia penerbangan tanpa satupun korban jiwa di Indonesia yang diakibatkan kecelakaan pesawat.

Dari seluruh maskapai penerbangan di dunia, tidak banyak maskapai yang hampir tidak pernah mengalami kecelakaan fatal. Di Indonesia sendiri, hampir semua maskapai pernah mengalami kecelakaan pesawat. Nah, maskapai mana saja yang hampir-hampir tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sehingga disebut sebagai maskapai paling aman di dunia? Yuk simak aja ulasan Hipwee Travel kali ini.

Etihad Airways adalah maskapai yang sangat aman dan sudah beroperasi sejak tahun 2003

etihad airways via www.independent.co.uk

Advertisement

Etihad dikenal sebagai maskapai ‘mewah’ yang setiap tahun memenangkan penghargaan di dunia penerbangan. Maskapai asal Uni Emirat Arab ini memang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal. Etihad hanya pernah mengalami sedikit masalah saat sedang diperbaiki di Touluse. Pesawat tiba-tiba melaju kencang dan tidak bisa dikendalikan hingga akhirnya menabrak beton. Tapi kecelakaan ini tidak terjadi di saat penerbangan dan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Hawaiian Airlines sudah terbang sejak tahun 1929 belum pernah kehilangan satu pun penumpangnya. Meskipun maskapai ini sempai bangkrut juga

hawaiian airlines via newsroom.hawaiianairlines.com

Keselamatan adalah prinsip utama Hawaiian Airlines, salah satu maskapai tertua di dunia. Meski tidak pernah mengalami kecelakaan, tapi maskapai ini pernah dua kali mengalami kebangkrutan. Cukup ironis memang.

Emirates adalah maskapai nomer satu di Timur Tengah. Reputasinya sebagai maskapai terbaik sudah tidak perlu diragukan!

emirates via www.ausbt.com.au

Agak sulit memasukkan Emirates di daftar ini. Memang secara reputasi dan kenyamanan, Emirates ini bisa dikatakan terbaik di dunia. Secara keamanan pun bisa dikatakan oke juga. Namun ada satu kejadian yang membuat catatan Emirates sedikit ternodai. Tahun 2016 lalu, Emirates mengalami crash landing di bandara Dubai yang mengakibatkan pesawat ini terbakar. Untungnya semua penumpang sudah berhasil dievakuasi. Tapi tetap saja Emirates belum pernah kehilangan nyawa penumpangnya.

Ryan Air adalah maskapai berbiaya rendah yang terbang di negara-negara Eropa. Meski murah, tapi keselamatan tetap yang utama

pesawat ryan air via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Ryan Air adalah maskapai budget yang sudah beroperasi sejak tahun 1985 di Inggris. Maskapai murah ini tak jarang mendapat komplain terkait pelayanan namun tidak untuk aspek keselamatan. Ryan Air tidak pernah mengalami kecelakaan fatal selama beroperasi. Hanya sekali saja Ryan Air mendarat darurat karena bertabrakan dengan burung di Roma.

Qatar Airways juga jadi salah satu maskapai terbaik di dunia. Selama ini belum pernah terjadi kecelakaan fatal yang menimpa maskapai ini

qatar airways via foodtravelbabe.com

Beroperasi sejak tahun 1997, Qatar Airways kini menjelma sebagai salah satu maskapai terbaik dan teraman di dunia. Belum ada catatan kecelakaan fatal yang pernah menimpa maskapai asal Qatar ini. Maskapai bintang 5 Skytrax ini memang sangat terpercaya.

Virgin Atlantic/Australia/America juga jadi grup maskapai yang zero accident. Pantas saja sering masuk 20 besar maskapai teraman di dunia

virgin atlantic via www.travelweekly.co.uk

Ketiga maskapai ‘Virgin’ ini punya catatan keamanan yang mengagumkan. Virgin Atlantic beroperasi sejak 1984, Virgin Australia sejak 2000 dan Virgin America sejak 2007 dan belum ada satupun catatan kecelakaan yang menimpa mereka. Bahkan dua nama pertama masuk dalam 20 maskapai paling aman dunia.

EasyJet adalah maskapai murah dari Inggris. Selama ini rekor keselamatan maskapai ini 100 %, alias zero incident

Nggak cuma Ryan Air, EasyJet juga jadi maskapai budget asal Inggris dengan keselamatan 100 %. Sepanjang perjalanannya mengarungi angkasa, pesawat ini belum pernah mengalami kecelakaan sekalipun.

Southwest Airlines adalah maskapai domestik terbesar di Amerika Serikat. Tidak ada catatan kecelakaan fatal yang pernah terjadi pada maskapai yang sudah berdiri sejak 1971 ini

southwest airlines via www.aviationcv.com

Beroperasi selama 47 tahun, Southwest Airlines belum pernah mengalami kecelakaan sekalipun. Sebagai pesawat domestik terbesar di AS, Southwest punya 4000 penerbangan selama weekdays. Dari jumlah sebesar itu, patut diapresiasi bahwa maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal.

JetBlue, salah satu maskapai low cost yang selama ini aman dari insiden kecelakaan

Maskapai ini didirikan pada tahun 1999 oleh David Noleeman di mana ia ingin meniru kesuksesan Southwest Airlines. Dengan rata-rata 1000 penerbangan per hari dan telah mengangkut 38 juta penumpang per tahun, prestasi zero accident jadi tampak sangat mengagumkan.

Jetstar adalah maskapai berbiaya murah yang berbasis di Australia. Sejak berdiri tahun 2004, maskapai ini belum pernah mengalami kecelakaan

Buat kamu yang sering backpacker pasti pernah naik Jetstar ke Singapura yang harganya murah banget. Ya, meskipun murah, nyatanya maskapai anak perusahaan Qantas ini juga belum pernah mengalami kecelakaan selama terbang.

Kalau ditanya, maskapai di Indonesia manakah yang paling aman? Agak sulit sih, karena hampir semua pernah mengalami crash saat penerbangan. Semoga saja ke depan tidak ada banyak kejadian kecelakaan pesawat ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya