Apa yang ada di pikiran kamu kalau dengar kata Medan? Suku Batak yang terkenal galak dan suka teriak? Ini sih yang ada di pikiranku dulu. Tapi begitu sudah pernah menginjakan kaki di Medan dan makan kuliner khas Medan, aku jadi selalu kangen berat sama kota satu ini. Ternyata nggak seperti yang kutakutkan dulu.

Salah satu kota tersibuk di Indonesia ini punya aneka kuliner lokal yang enak. Campuran budaya batak dan melayu yang kental di kota ini membuat citarasa makanan di Medan cenderung kaya rempah yang menghasilkan rasa yang enak di lidah. Berikut beberapa kuliner khas Medan yang layak dicoba saat berkunjung ke sana. Hipwee Travel rangkum buat kamu semua!

Medan adalah surga bagi para pecinta duren. Duren Ucok punya ratusan stok durian enak tiap hari. Yummy~

Ratusan duren pilihan di Duren Ucok. Dijamin semuanya enak. via www.dinilint.com

Advertisement

Siapa sih yang ragu dengan enaknya durian Medan? Ini nih salah satu kota penyedia durian enak sepanjang tahun, Durian Ucok. Paling enak kalo makan langsung durian-durian ini di tempatnya. Tahu-tahu udah sisa kulit aja. Rasanya lebih enak dibanding durian di tempat lain.

Di Medan ada Mi Aceh juga lho. Cobain deh Mi Aceh Titi Bobrok. Saking enaknya nggak pernah sepi pengunjung.

Nggak perlu ke Aceh untuk nyoba mi Aceh. Medan punya satu yang rasanya juara. Entah apa bumbunya, tapi rasa rempah-rempahnya ini kaya dan bikin nagih. Nggak heran banyak orang datang dan mau coba citarasa mie yang satu ini. Sabar ya, parkir di sini agak susah.

Teh Susu Telur Pak Haji. Minuman enak penuh energi kesukaan segala usia

minuman penuh energi TST – Photo by Tripohan via www.instagram.com

Teh susu telur atau biasa disingkat TST Pak Haji ini udah eksis sejak lama. Warung ini termasuk yang legendaris dan jadi salah satu pencetus TST pertama di kota Medan. Yang minum TST dari yang muda sampe tua. Ada juga KST (kopi susu telur). Telur yang dipakai adalah telur itik atau telur bebek. Berani coba?

Ada satu menu unik, namanya Ci Cong Fan. Makanan sejenis kwetiau yang disiram kecap asin.

ci cong fan via www.instagram.com

Advertisement

Ci Cong Fan ini bentuknya lembaran, mirip-mirip lah sama kwetiaw. Makanan ini dibuat dari tepung beras dan tang mien. Biasanya disajikan dalam potongan dan disiram kecap asin atau saus asam manis pedas dan ditabur bawang goreng. Enak banget sih ini!

Namanya sih bikin mual, Nasi Kentut. Namanya boleh terkesan bau, tapi aslinya enak banget.

nasi kentut via www.instagram.com

Makanan ini dibuat dari nasi yang dimasak dengan daun kentut (Paederia foetida) atau orang jawa biasa menyebutnya daun sembukan. Daun ini memiliki khasiat melancarkan saluran pencenaan dan juga obat sariawan. Mungkin karena fungsinya yang melancarkan pencernaan, jadi dianggap gampang bikin kentut dan jadilah namanya nasi kentut. Nasi Kentut biasanya dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti Ikan pepes, ayam gulung, tahu dan juga tempe sesuai dengan selera.

Sop Sumsum Langsa. Siapa cepat dia dapat saking enaknya, guys!

sumsum langsa via www.instagram.com

Sop Sumsum Langsa disajikan dengan tulang yang gede dan kuah berisi rempah. Cara makan paling seru adalah dengan menyeruput sumsum tulang di dalamnya. Rasanya enak dan gurih. Jumlahnya terbatas, jadi siapa cepat dia dapat.

Sate Padang Al Fresco. Minta kuah lebih banyak biar puas makannya ya~

Daging ayamnya tebal, kuahnya wangi via www.instagram.com

Sate padang ini udah punya beberapa cabang di Medan. Sate ini istimewa karena daging ayamnya tebel, dan aroma kuahnya wangi. Kamu juga bisa request untuk minta kuah lebih biar lebih nikmat. Nyam nyam.

Aneka menu seafood di Wajir Seafood. Enak semua!

Tempat makan seafood paling terkenal di Medan nih via www.instagram.com

Menu seafood di Wajir Seafood emang seperti menu-menu di tempat seafood kebanyakan, tapi rasa seafoodnya enak banget. Pantesan tiap ke sana pasti rame bgt. Harganya juga terjangkau.

Es Krim Tip Top. Warisan resep jaman dulu yang masih nikmat sampe sekarang~

resep jadul yang masih bertahan sampe sekarang saking enaknya  via www.instagram.com

Es krim Tip Top ini adalah menu andalannya Restoran Tip Top. Restoran Tip Top sendiri merupakan restoran jadul. Sampai sekarang pun interior restoran masih mempertahankan kejadulannya sehingga memberi nuansa tempo dulu. Resep es krim tip top ini aku rasa juga resep dari jaman dulu. Meskipun dimakan di jaman sekarang, tapi rasanya masih enak. Es krim ini wajib dicoba.

Rumah Makan Laksa Medan. Pesan menu apa saja dijamin enak!

Semua menu RM Laksa Medan enak via www.instagram.com

Makanan wajib pesan di Rumah Makan Laksa Medan adalah  laksa, mie rebus, otak-otak, kue serabi, lemper udang & ayam, dan es campur. Menu lain juga masih banyak dan herannya semuanya enak. Harganya sedikit lebih mahal sih, tapi semuanya sesuai dengan rasanya. Ya ada harga ada rupa ‘kan.

Kedai Kopi Apek, kopi dengan cita rasa klasik yang unik

Masuk mesin waktu ke masa lalu di Kedai Kopi apek – Photo by Bang_Harlen via www.instagram.com

Kedai Kopi Apek sudah ada sejak tahun 1923. Hebatnya dari dulu hingga sekarang citarasa dan suasana Kedai Kopi ini masih sama dengan ketika pertama kali buka. Semua perabotan seperti kursi, meja, cangkir, dll masih asli sejak pertama buka. Rasanya sendiri klasik. Minum kopi dan makan roti bakar di sini berasa masuk mesin waktu ke masa lalu.

Terakhir, Kwetiau Ateng. Cabenya yang pedas dan istimewa bikin rasa kwetiaunya makin enak!

Kwetiau Ateng dengan cabe istimewa. Cuma ada di sini aja. – Photo by Ivankusuma90 via www.instagram.com

Yang bikin kwetiau ini istimewa adalah cabenya yang khas manis pedas. Rasanya enak banget dan nggak bisa ditemukan di tempat lain. Tapi kalo nggak doyan cabe ya jangan makan di sini deh. Jangan lupa untuk pesen es jeruk sebagai minuman. Es jeruknya seger banget karena nggak kebanyakan dicampur air.

Duh, ini nulisinnya bikin pengen balik ke Medan lagi, datengin tempat-tempat makan ini satu-satu, trus ngerasain semua kuliner enak ini. Kamu nggak pengen juga?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya