Beberapa hari lalu, Hipwee Travel mengangkat isu tentang selebgram asal Singapura yang mengambil foto orang lain dan mengeditnya demi feeds Instagram. Kalau kamu belum baca simak artikel ini dulu deh. Artikel ini menyoroti modus dan cara selebgram Daryl Aiden asal Singapura itu untuk mempercantik Instagramnya demi followers dan endorse. Nah di artikel kali ini, yuk mari kita kepoin foto-foto editan ala Daryl Aiden yang terlihat sangat indah namun tampak ada beberapa kejanggalan. Oleh Daryl, semua fotonya telah dihapus dan dia memposting permintaan maaf di Instagram @darylaiden.

Mau tahu kaya apa foto-foto editan Daryl Aiden sampai bikin ia mempunyai lebih dari 101 ribu followers? Yuk simak aja ulasan kami berikut ya.

1. Foto Daryl Aiden di sebuah cafe di Vietnam itu terlihat jelas kejanggalannya. Ternyata ia mengambil foto dari pinterest kemudian memasukkan gambar dirinya di dalamnya

editannya keliatan banget via mothership.sg

Advertisement

Salah satu foto Instagram Deryl Aiden ini sebenarnya keliatan banget editannya sih. Pertama, gaya berdirinya udah keliatan nggak real, apalagi bawa caping lagi biar keliatan di Vietnam. Padahal caping ‘kan bukan buat nongkrong di cafe. Perhatikan pula goresan photoshop yang masih ketinggalan di lengannya itu. Gambarnya ternyata ambil dari pinterest. Ini nih gambar aslinya. Kalau kamu jeli, watermark di bagian kiri bawah juga belum dia hapus. Hehehehe.

ngeditnya ya nggak gini juga, Mas! via mothership.sg

2. Dalam foto bersponsor, dia juga membuat foto editan dan mengambil foto dari stok foto. Ia mengedit (menghapus watermark) dan memasukkan dirinya dalam foto tersebut. Jelas sekali foto palsu

foto palsu via mothership.sg

Ini foto yang lebih parah lagi. Dia mengambil salah satu foto gurun pasir (ala ala wallpaper) di stok foto. Ia menghapus watermark-nya dan menempelkan fotonya ke dalam gambar tersebut. Jelas sekali itu adalah foto palsu, apalagi kakinya yang tidak terbenam sedikitpun ke dalam pasir. Hei, itu pasir lho, bukan beton!

Ini gambar aslinya.

ngambil fotonya dari sini via mothership.sg

3. Masih dalam foto yang bersponsor alias endorse, fotografer yang satu ini juga mengedit dirinya di Mykonos, Yunani. Nekat bener sih selebgram yang satu ini…

daryl aiden di myskonos via coconuts.co

Advertisement

Masih sama seperti modusnya di foto-foto lainnya, Daryl masih memasang pose dirinya dalam foto stok yang ia klaim. Di foto ini, maskapai Fly Scoot pun beriklan dengan bilang seperti ini,

“Mengapa harus menggunakan Adobe Photoshop jika kamu bisa mewujudkannya jadi nyata? Kami terbang ke Athena mulai dari $ 219 (sekitar 3 juta rupiah)!”

4. Foto di bathub ini sungguh bikin KZL sih. Daryl Aiden mengambil foto bathub di mana itu adalah foto iklan furnitur. Seolah-olah ia menginap di hotel dan menikmati bathub hotel. Palsu banget sih hidupnya, Mas!

ada busa-busanya terbang lagi, lebay dah via mothership.sg

Ya kamu bisa tahu ‘kan kejanggalannya di mana. Nggak ngerti lagi deh ya, sampai foto iklan bathub ia ambil dan diedit seolah-olah ia mandi dengan damai di sana. Kehidupan selebgram memang harus terlihat fancy ya di Instagram?

ternyata iklan furnitur via mothership.sg

5. Foto di atas salju selalu bikin mupeng ‘kan ya? Yap, Daryl Aiden berhasil bikin followernya mupeng tanpa sadar telah dibohongi. Hehehe…

ala-ala syahrini via mothership.sg

Nah, masih dengan modus yang sama, Daryl mengambil foto dari Shutterstock dan mengedit dirinya masuk ke dalamnya. Lihatlah sepatunya yang seperti tidak menginjak salju. Ya keliatan jelas sih ini adalah foto editan. Ini sumber fotonya.

tinggal digedein aja fotonya via mothership.sg

6. Terakhir, foto sakura di Jepang yang dia klaim diambil di Thailand ini juga ketauan netizen. Ya masa sakura di Thailand, hehehe…

keliatan asli ya via mothership.sg

Foto ini sudah sempat dibahas di artikel sebelumnya. Ada satu netizen yang membongkar aib ini di kolom komentar. Daryl menulis caption lokasi tempat ini di Thailand dan foto ini digunakan untuk sponsor juga. Berikut gambar aslinya dari Shutterstock.

asli vs palsu via mothership.sg

Sebenarnya masih banyak lagi foto editan yang dibuat Daryl Aiden. Ia pun telah menghapus seluruh foto dan meminta maaf kepada netizen. Sikap mencuri foto dan mengklaim jadi milik sendiri bukanlah sikap yang bijak. Namun, sebagai sesama manusia, ada baiknya netizen tidak membully Daryl Aiden. Cukuplah hal ini jadi pembelajaran agar ke depan ia jadi fotografer yang baik dan bertanggung jawab.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya