Asian Games 2018 Jakarta Palembang telah usai tadi malam. Euforia upacara penutupan tadi malam (2/9) membuat kita semua senang sekaligus sedih. Senang dengan keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga se Asia edisi ke 18 ini. Apalagi Indonesia mencatat prestasi fenomenal yakni meraih peringkat ke 4 dalam tabel perolehan medali. Sedih karena tidak ada lagi tontonan olahraga Asian Games yang telah menemani selama 2 minggu yang lalu. Yah, kembali deh linimasa akan diriuhkan oleh politik dan TV akan kembali diramaikan sinetron tidak bermutu. Apa boleh buat?

Tadi malam, upacara penutupan Asian Games 2018 Jakarta Palembang ditandai dengan penyerahan obor kepada pemerintah Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok selaku tuan rumah Asian Games edisi 19 pada tahun 2022 nanti. Nah, kita intipin dulu yuk seperti apa potret kota Hangzhou. Ada wisata apa aja di sana? Nih Hipwee Travel sudah rangkum buat kamu semua.

West Lake, destinasi paling populer yang jadi ikon wisata di Hangzhou. Danau ini pasti akan jadi simbol Asian Games 2022 nanti!

west lake via www.gettyimages.ae

Advertisement

West lake atau yang sering dikenal juga sebaga danau Xi Hu Hangzhou adalah ikon kota Hangzhou yang paling paling terkenal. Danau buatan ini sudah ada sejak 1.000 tahun yang lalu lho dan luas kelilingnya 15 kilometer persegi. Luas banget ‘kan? Harus naik kapal kalau mau keliling danau.

Nggak afdhol kalau ke Tiongkok tapi tidak mampir ke pagoda. Leifeng Pagoda di Hangzhou jadi salah satu landmark paling populer di sana!

leifeng pagoda via www.nuopu.com

Dibangun pertama kali pada tahun 975 Sebelum Masehi, pagoda yang memiliki 5 lantai tersebut sempat beberapa kali runtuh, namun baru pada tahun 2002 pemerintah setempat kembali membangun Leifeng Pagoda. Kamu bisa menikmati keindahan Kota Hangzhou dengan cara menaiki ke lantai pagoda paling atas.

Pulau-pulau yang tersebar di Qiandao Lake, Provinsi Zhijiang ini keren abis. Sekilas mirip Raja Ampat ya!

qiandao lake via www.flickr.com

Berada tak jauh dari Kota Hangzhou, Qianbao Lake ini dibuat saat selesainya pembangunan stasiun hidroelektrik di sungai Xin’an pada tahun 1959. Sekilas danau ini mirip pulau-pulau yang tersebar di lautan ya, seperti Raja Ampat. Padahal ini adalah danau dengan pulau kecilnya yang indah.

Buat pecinta destinasi instagramable, di Hangzhou juga ada Taiziwan Park yang menampilkan bunga-bunga berwarna-warni dan cocok buat foto-foto

taiziwan park via www.morehangzhou.com

Advertisement

Nggak cuma kuil dan danau saja, di kota Hangzhou juga punya taman bunga bernama Taiziwan Park. Lokasinya juga masih berada di kawasan West Lake dan Leifeng Pagoda. Lumayan ‘kan di satu tempat banyak spot menarik yang bisa dikunjungi.

Theme Park terbesar dengan gambaran era dinasti Song ini bernama Song Dynasty Town. Tempat ini mirip Universal Studios versi Tiongkok sih ya.

song dinasty town via www.chinatravel.com

The Song Dynasty Town adalah taman hiburan yang cukup besar yang didedikasikan untuk Dinasti Song di Tiongkok. Tempat ini jadi salah satu destinasi paling ikonik dan wajib dikunjungi saat ke Hangzhou.

Hangzhou Botanical Garden, sebuah taman botani yang lengkap tak jauh dari West Lake Hangzhou. Hijau banget dan banyak tanaman langka di sana

hangzhou botanical garden via www.justgola.com

Pemandangan indah, suasana hijau, dan tanaman langka, Hangzhou Botanical Garden jadi tempat yang cocok untuk melepas lelah selepas jalan-jalan. Meliputi area seluas 230 hektar, tempat ini cocok banget buat kamu yang pengen lihat suasana perkotaan nan hijau.

Lingyin Temple, kuil yang paling populer di Hangzhou ini bisa jadi destinasi wisata spiritual di Tiongkok

kuil lingyin via www.travelwestlake.com

Kuil Lingyin adalah kuil yang terbesar dan terkaya di Tiongkok. Ada banyak pagoda dan gua-gua di dalamnya. Tempat ini bisa jadi tempat wisata yang harus kamu datangi di Hangzhou nanti.

Nah, segitu dulu gambaran Kota Hangzhou selaku tuan rumah Asian Games 2022. Kota ini adalah kota tanpa uang tunai. Pusat bisnis Alibaba Group milik Jack Ma ada di sini. Maka tak heran apabila transaksi apapun di kota ini menggunakan QR Code atau Barcode, tanpa uang tunai. Sebuah kota yang menarik untuk tuan rumah Asian Games selanjutnya. Selamat Hangzhou!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya