Kalau biasanya Hipwee nulis tentang apa saja sih keuntungan traveling bareng pacar atau spot-spot romantis yang bisa kamu datangi bersama dia, kali ini kamu akan diberi ulasan gimana caranya menabung plesiran bersama kekasih tercinta. Tentunya gak mudah kan mengumpulkan uang apalagi kalau statusmu adalah mahasiswa dengan budget pas-pasan.

Eits, meski uangmu belum sebanyak orang sudah punya penghasilan tapi bukan berarti mimpi plesiran harus kamu pendam. Dengan tekad dan semangat yang kuat, kamu tetap bisa kok mengumpulkan uang pelan-pelan demi mewujudkan mimpi bervakansi ke berbagai tempat indah bersama pasangan. Mau tahu gimana caranya? Langsung saja baca artikel Hipwee yang ini ya:

1. Destinasi liburan menentukan semangat menabung kalian. Karena itu pilihlah tempat wisata yang keindahannya selalu terbayang di pelupuk mata

pilih destinasi impian

pilih destinasi impian via www.dansapar.com

Advertisement

Kalau kamu memang memiliki cita-cita untuk berlibur bersama kekasih tercinta, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menentukan ke mana kalian akan pergi nantinya. Pilihlah destinasi impian yang selama ini memang selalu ada di bayangan. Semakin tempatnya kalian senangi maka biasanya semangat mengumpulkan tabungan juga akan kian berkobar.

Misalnya saja kalian memilih untuk menelusuri keindahan Negeri Laskar Pelangi di Belitung, menyambangi aneka pantai di Lombok, atau mungkin menengok keunikan api biru Kawah Ijen. Kamu dan kekasih boleh merencanakan berbagai tempat wisata yang memang menarik untuk dikunjungi. Setelah memilih tempat tersebut tanamkan dalam diri bahwa kamu dan dia pasti akan bisa kesana. Jika perlu, pajang destinasi impian tersebut di kamar kalian agar setiap melihatnya semangat menabung selalu membara.

2. Setelah spot wisata ditetapkan kini saatnya kamu meriset semua harga agar dapat memperkirakan budget yang dibutuhkan

riset jangan lupa

riset jangan lupa via yestotravel.wordpress.com

Tempat wisata telah kamu tentukan, kini saatnya petualangan mencari informasi dilakukan. Meriset semua kebutuhan perjalanan memang tidak mudah bahkan terkesan merepotkan. Kamu harus rajin mengecek harga tiket pesawat, kereta, atau bahkan mungkin bis demi mendapat penawaran terbaik. Kesibukan semakin bertambah tatkala kamu juga harus mencari harga penginapan murah yang cocok dengan isi kantong. Akan tetapi bila kalian tekun mencari informasi kalian pada akhirnya pasti bisa menemukan jalan,

Advertisement

Aturan pertama yang perlu kamu ingat jika tidak ingin liburan dengan biaya bengkak adalah hindari berlibur saat peak season. Berburulah aneka tiket murah mulai dari pesawat, kapal laut, atau pun kereta api yang sesuai dengan kebutuhan yang idealnya dilakukan 2 bulan sebelum keberangkatan. Untuk membantumu baca deh artikel Hipwee yang mengulas cara-cara berlibur murah mulai dari Bali, Gili Trawangan, bahkan Derawan. Dari sana kamu bisa mendapat berbagai informasi lengkap seputar berwisata ke tempat-tempat tersebut.

3. Bugdet telah dihitung. Kini saatnya menentukan besaran uang kas yang harus dibayar agar tabungan liburan kalian segera terkumpul

Mari kita ambil contoh, kamu dan pasangan akan pergi ke Bali yang budget-nya sebesar Rp.500.000/per orangnya. Dari sini kamu dapat memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan dan berapa lama bisa mengumpulkannya. Misalnya saja kamu berencana akan pergi dalam kurun waktu dua bulan lagi dengan asumsi menabung Rp.10.000 per hari yang jika dikalikan sebulan akan mengumpulkan uang sebesar:

Rp.10.000 x 30 = Rp.300.000

Jika dihitung berdasarkan perhitungan tersebut maka dalam sebulan kamu dan pasangan sudah mengumpulkan uang sebesar Rp.300.000 untuk setiap orang. Jika dilakukan secara konsisten selama dua bulan, kamu dan dia bisa menabung uang sebanyak Rp.600.000 yang artinya sudah cukup untuk biaya berliburmu ke Bali. Di sinilah letak konsistensi kalian menabung diuji. Kalau selama waktu dua bulan tersebut, kamu dan dia bisa displin rencana vakansimu pasti cepat terlaksana.

4. Biar lebih irit masak saja makanan kalian berdua. Selain untuk penghematan, masak sendiri bisa menambah kadar kekompakan hubungan cinta

masak sendiri

masak sendiri via seribuji.blogspot.com

Jika kamu dan kekasih sama-sama masih tinggal dengan orangtua soal urusan makan masih bisa dihemat. Akan tetapi kalau kalian berdua berstatus anak kos gimana coba?

Nah untuk itu kamu harus mengakalinya dengan cara memasak makanan kalian sendiri berdua. Jika asumsinya dalam sehari kalian mengeluarkan uang sebesar Rp.25.000 per orangnya untuk makan, maka uang sejumlah ini kalau dipakai untuk masak sendiri malah cukup untuk berdua. Kamu dan pasangan bisa menentukan berapa uang masak mingguan supaya lebih hemat. Selain akan berguna bagi usaha penghematan, memasak berdua juga akan menambah kadar keromantisan kalian.

5. Tekan pengeluaran dengan menginap di rumah saudara atau teman. Manfaatkan kekuatan jaringan kalian berdua secara maksimal

cari tumpangan

cari tumpangan via barengkarimun.wordpress.com

Berhubung penginapan adalah salah satu penyumbang terbesar pengeluaran saat berlibur, ini saatnya kamu memanfaatkan kegunaan jaringan untuk mengirit biaya hotel. Kamu dan pasangan bisa memanfaatkan rumah saudara atau teman yang rela menampung kalian saat berlibur. Kan lumayan kalau alokasi dana yang tadinya dipakai untuk biaya sewa kamar dipakai untuk keperluan lainnya.

Nah kalau memang rumah saudara atau temanmu tidak bisa digunakan untuk menginap berdua, setidaknya karena salah satu dari kamu bisa menginap di sana hal tersebut juga bisa menghemat biaya. Berhubung status kalian masih pacaran, tidur di satu kamar yang sama kan gak mungkin tuh? Nah dengan adanya tumpangan yang tadinya kalian harus menyewa dua kamar, kini hanya cukup satu saja. Harga sewanya pun bisa dibagi berdua. Enakkan?

6. Supaya uang terkumpul dengan lebih cepat lagi, ganti kegiatan kencan mahal dengan aktivitas pacaran murah namun tetap berkesan

kencan murah

kencan murah via carapedia.com

Percuma saja kamu sama pasangan berusaha mengumpulkan uang kalau ternyata kalian gak mengurangi agenda kencan yang biasa dilakukan. Buat kamu yang punya jadwal regular menonton film-film terbaru, berhubung kalian lagi ada di masa penghematan, sebaiknya kebiasaan ini dihentikan untuk sementara baru. Menyewa DVD atau mungkin download dari internet bisa jadi solusi kalau memang hobi menonton kalian tidak bisa ditahan.

Acara jalan-jalan ke Mall pun bisa diganti dengan berkunjung ke taman-taman kota supaya bisa lebih irit. Intinya sih kalau memang berniat mengumpulkan uang, kurangilah kesenangan-kesenangan yang bisa dilakukan. Carilah kegiatan pacaran yang minim pengeluaran. Misal saja nih kamu dan dia bisa bersama di perpustakaan atau mungkin menghabiskan sore di alun-alun. Tahan keinginan supaya rencana liburan kalian bisa terwujud dengan cepat.

7. Konsistensi adalah kunci keberhasilan: Hal ini juga penting diterapkan ketika kamu sedang menabung demi liburan impian

Nah semua usaha tidak akan membuahkan hasil kalau kalian sulit bersikap konsisten dalam usaha menabung untuk liburan. Kalau memang sudah memutuskan ingin menabung sebanyak Rp.10.000 per harinya, lakukanlah hal itu secara displin. Jangan hanya di awal saja terus pada akhirnya bubar sendiri karena sulit menyisihkan uang akibat tidak tahan godaan seperti ingin makan di luar, beli baju baru, dan lain sebaginya.

Sikap konsistenmu terhadap kebiasaan menabung adalah kunci keberhasilan. So, mulai dari sekarang kalau memang berniat ingin jalan-jalan sama pasangan, segera rencanakan perjalanan dan realisasikan strategi menabung dari Hipwee ini ya.

Itu tadi berbagai trik menabung bersama pacar agar rencana vakansimu bersamanya tak cuma jadi wacana. Kan sayang kalau cerita asmara kalian tidak diisi dengan perjalanan-perjalanan yang menyenangkan. Selamat menabung ya semua!

Featured Image by ozzoraanis.blogspot.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya