Bukan China namanya kalau nggak bikin sensasi yang menakjubkan. Seiring majunya perekonomian negara tersebut, banyak sekali muncul bangunan anti mainstream yang membuat kita ternganga. Sebut saja kota baru Tianducheng yang menjiplak Paris seisinya ke China. Lengkap dengan Eiffel Towernya yang sangat mirip. Atau jembatan kaca yang super panjang yang bikin ngilu siapa saja yang lewat. Semua itu ya di China. Emang gokil nih negara yang satu ini.

Lagi-lagi ada bangunan unik yang dibangun di China. Salah satu bangunan pencakar langit menciptakan air terjun artifisial di salah satu sisi gedung. Sebuah ide gila tapi spektakuler ini menunjukkan ambisi China untuk jadi negara terhebat di dunia. Yuk kita kepoin kaya apa air terjun buatan ini.

Sebuah gedung pencakar langit di Kota Guiyang, ibukota Provinsi Guizhou mempunyai air terjun artifisial setinggi 350 feet atau sekitar 106 meter. Ini air terjun tertinggi yang pernah diciptakan manusia!

air terjun buatan via www.boredpanda.com

Kalau kamu sedang berada di kota Guiyang dan ingin menyaksikan keindahan air terjun, nggak usah pergi jauh-jauh. Cukup ke gedung ini aja…

sebuah karya spektakuler via www.boredpanda.com

Tapi meskipun tampak indah, proses menaikkan air daur ulang setinggi 106 meter ini butuh 4 pompa yang besar. Sehingga menciptakan air terjun ini sejatinya tidaklah mudah dan mahal harganya

tampak atas via www.boredpanda.com

Daya yang besar membutuhkan listrik yang besar. Maka tak heran jika biaya listriknya diperkirakan sekitar $ 100 (1,4 juta rupiah) dalam satu jam saja. Hitung saja kalau sebulan bakal habis berapa jika air terjun ini menyala secara terus menerus

perlu daya besar via www.boredpanda.com

Untuk itu, air terjun artifisial ini tidak ‘hidup’ terus menerus karena biaya listriknya yang mahal. Air terjun hanya mengalir saat acara-acara tertentu saja

indah banget ya via www.boredpanda.com

Air terjun dengan debit sebesar ini tentu bisa dianggap sebagai pemborosan. Selain pemborosan air, juga pemborosan listrik. Di tengah ancaman krisis air di dunia, di sini justru malah dihambur-hamburkan. Menurut kamu gimana?

boros air nggak sih? via www.boredpanda.com

Sampai menciptakan pelangi nih. Sungguh air terjun artifisial yang spektakuler!

sampai ada pelanginya via www.boredpanda.com

Kota Guiyang memang sedang berbenah dengan banyaknya pencakar langit yang dibangun di sana. Lima tahun lalu masih jadi provinsi termiskin di China, kini sudah punya air terjun artifisial tertinggi di dunia. Banyak orang Guiyang yang bangga dengan air terjun tersebut

air terjun berhenti via www.boredpanda.com

Advertisement

Gimana, menarik banget ‘kan air terjunnya? Kapan kamu berkunjung ke Guiyang untuk menyaksikan air terjun buatan manusia setinggi 106 meter secara langsung.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya