Kabar baik buat para pecinta MotoGP. Gelaran balap motor paling populer di dunia ini berpeluang besar untuk diadakan di Indonesia. Sebagai pecinta MotoGP, sajian kebut-kebutan ala Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Andrea Davisiozo hingga Valentino Rossi pasti sangat ditunggu hadir di negeri ini. Seri MotoGP di Sepang, Malaysia, saja dibanjiri oleh penonton dari Indonesia. Fakta itu sudah bisa dijadikan alasan bahwa seri MotoGP harus diadakan di Indonesia yang notabene punya fans yang cukup besar.

Harapan itu sepertinya bisa terealisasi beberapa tahun mendatang. Muncul wacana bahwa Indonesia akan jadi salah satu tuan rumah MotoGP di tahun 2021. Seri balap di Indonesia akan menggunakan sirkuit jalanan yang akan dibangun di Lombok. Nggak percaya? Ya udah simak ulasan Hipwee Travel berikut ya.

Kemungkinan Indonesia menggelar MotoGP dilontarkan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, setelah mengunjungi mengunjungi Lombok bulan lalu

motogp bakal digelar di lombok? via www.tribunnews.com

Advertisement

“Mungkin ada sirkuit jalanan di MotoGP. Ada proyek solid di sebuah kota tropis. Secara teori, sirkuit berada di perkotaan dan paddock akan tertutup, terintegrasi di pusat eksibisi,” ucap Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

Indonesia berpeluang untuk menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP di tahun 2021. Bahasan untuk menjadikan sirkuit jalanan di Mandalika, Lombok jadi lokasi balapan MotoGP ini sudah mengemuka sejak beberapa waktu lalu. Terlebih, CEO Dorna Sports sudah mengunjungi Lombok bulan lalu. Ia menyampaikan bahwa ada kemungkinan untuk menggelar MotoGP di sirkuit jalanan (di Lombok).

Lokasi yang diproyeksikan untuk menggelar MotoGP di Indonesia adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Akan dibangun sirkuit seluas 120 hektar

Meski baru saja terkena gempa, pariwisata Lombok tetap bangkit dan bergeliat seperti sedia kala. Kawasan bisnis akan dibangun di pantai selatan Lombok yang bernama Mandalika. Mandalika punya pantai-pantai indah seperti Kuta, Tanjung Aan. Seger, Selong Belanak dan lain-lain. Kawasan ini akan jadi pusat bisnis, wisata dan juga olahraga. Sirkuit jalanan seluas 121 hektar akan dibangun di sana. Pembangunan sirkuit jalanan tersebut diserahkan kepada Vinci Construction, perusahaan asal Prancis. Vinci Construction juga akan bertindak sebagai investor utama untuk balapan setelah menanamkan modalnya sebesar Rp15,3 triliun. Pembangunan sirkuit di Mandalika itu rencananya akan selesai pada tahun 2021 mendatang. Sebuah proyek prestisius dan mengagumkan!

Meski peluangnya besar, saingan Indonesia untuk jadi tuan rumah MotoGP juga cukup banyak. Semoga bisa masuk ya tahun 2021 nanti!

mandalika via 1001indonesia.net

Advertisement

Tahun 2021 nanti diproyeksikan motoGP bisa digelar di Indonesia. Memang sih belum tentu jadi kenyataan mengingat beberapa negara juga bersaing untuk jadi tuan rumah. Sebut saja Meksiko dan Finlandia yang gagal masuk di gelaran tahun 2019. Beberapa negara juga ‘ngebet’ bisa menggelar hajatan akbar ini di negaranya. Hanya saja kunjungan Ezpeleta dan gagasan menggelar MotoGP di sirkuit jalanan di sebuah kota tropis membuat Mandalika jadi kandidat terdepan. Semoga tahun 2021 bisa kesampaian ya MotoGP digelar di Indonesia.

“Kami memiliki banyak permintaan untuk sirkuit yang ingin menggelar balapan. Mereka yang memiliki kontrak akan menghormati mereka, tetapi dari sana mereka harus bernegosiasi,” ujar Ezpeleta.

Dengan adanya kabar tersebut, Lombok seharusnya bisa bangkit kembali. Pariwisata Lombok yang sempat hancur pasca gempa harus kembali bergeliat dan bisa menunjukkan kepada dunia bahwa Lombok layak menggelar MotoGP.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya