Jogjakarta emang gudangnya destinasi wisata. Kamu pengen wisata ke tempat seperti apa ada di sini. Mulai dari keindahan alam hingga wisata kota. Semuanya ada. Kota Jogja dengan Tugunya, Gunung Kidul dengan Goa Pindulnya, dan Bantul dengan Pantai Parangtritisnya. Tapi ternyata Bantul nggak melulu soal pantai. Banyak destinasi yang saat ini berkembang pesat di daerah tersebut dan menjadi wisata kekinian. Mau tau apa aja?

Hutan Pinus Mangunan, foto-foto A la Twilight buat kamu yang anaknya Instagramable banget

Foto ala-ala Twilight via simalesmandi.files.wordpress.com

Hutan pinus ini merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang berlokasi di Kecamatan Dlingo. Karena sejajar dengan makam raja-raja Imogiri, orang suka keliru dengan menyebutnya sebagai Hutan Pinus Imogiri. Jadi inget ya, ini namanya Hutan Pinus Mangunan. Ratusan pohon pinus yang tinggi menjulang emang pas banget buat diabadikan. Apalagi dengan cahaya matahari yang menembus sela-sela pepohonan. Dijamin Instagrammu pasti akan naik level. Enaknya lagi, kamu nggak ada tiket masuk ke hutan pinus ini, alias grrratisss!

Kapan lagi ngerasain sensasi Air Terjun Bawah Tanah seperti di Goa Cerme ini

Air terjun bawah tanah goa Cerme yang eksotis via jogjakartour.com

Nggak pengen destinasi dunia atas yang itu-itu aja, cobain deh petualangan di dalam perut bumi sekali-kali. Dan di Bantul kamu bisa ngerasain petualangan itu. Goa Cerme, yang Mulut Goanya berada di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul ini menyuguhkan sebuah pemandangan yang eksotis. Berbagai ornamen goa seperti stalagtit, stalakmit, pilar, sodastraw, flowstone, dan lainnya menghiasi goa yang juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar ini. Tapi hal yang paling menarik adalah air terjun bawah tanahnya yang pasti bikin kamu terpesona. Jadi sembari menyusuri aliran sungai bawah tanah, jarang-jarang loh kamu menikmati keindahan air terjun seperti ini.

Pengen ngerasain Sensasi Erawan Falls, nggak perlu jauh-jauh ke Thailand, ke Dlingo aja

Advertisement

Erawan Falls-nya Jogja via lh4.googleusercontent.com

Air terjun gerojogan Ledok Pokoh (Lepo) yang terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul ini menjadi destinasi baru untuk menghabiskan liburan dengan seru. Memiliki 3 air terjun dan 4 kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air, bikin air terjun Lepo digelari Erawan Fallsnya Thailand yang menakjubkan. Masukin list ya!

Bukit Watu Lumbung punya sunset yang eksotis, cobain!

Keindahan Jogja dari ketinggian via yogyakarta.panduanwisata.id

Buat kamu yang ngakunya anak kekinian udah pernah ngunjungin destinasi yang satu ini belum? Bukit Watu Lumbung, merupakan destinasi baru yang sangat diminati pengunjung yang menjelajahi Bantul, tepatnya di Dusun Grogol, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek. Hamparan tanaman hijau yang bersanding dengan perumahan warga tampak begitu serasi di ketinggian. Waktu yang paling tepat datang ke sini adalah saat sore menjelang. Sembari menunggu matahari terbenam, kamu bisa selfie dulu sambil disuguhi makanan dan minuman tradisional jawa. Hmm nikmat!

Main ski air udah biasa, kalau ski pasir udah pernah nyoba belum?

Kayak di gurun pasir yaa via blog.misteraladin.com

Nah, salah satu destinasi ini emang udah terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke kota Gudeg. Padang pasirnya Jogjakarta ini berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Proses terjadinya gurun pasir ini tidak lepas karena adanya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis. Berasal dari material abu vulkanik, gumuk pasir ini udah terbentuk ribuan tahun lalu. Menariknya lagi, di sini kamu bisa bermain ski pasir! Udah pernah nyoba?

Bukit Panguk Kediwung, salah satu ketinggian yang menjadi surga bagi pencinta sunrise dan sunset

Nikmatin sunrise oke banget di sini via instajogja.com

Kecamatan Dlingo akhir-akhir ini gencar mengembangkan destinasi wisata. Salah satu kecamatan yang ada di Bantul ini emang memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Destinasi wisata yang terbilang baru di kecamatan ini adalah Bukit Punguk Kediwung. Objek wisata Bukit Panguk ini menawarkan pemandangan alam berupa hamparan pegunungan hijau di deretan Dlingo dan Imogiri. Pas banget buat kamu yang hobi berburu sunset dan sunrise.

Pemandangan hijau dengan udara segar khas pegunungan memanjakan kamu di Kebun Buah Mangunan

Sunrise atau sunset bebas pilih yang mana via onenesia.files.wordpress.com

Kebun Buah Mangunan ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Lokasi ini mulai dibangun pada tahun 2003 di atas tanah seluas 23,3415 hektar dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut. Jadi wajar aja, titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu. Saat masuk ke kawasan ini tentunya kamu bakal nemuin berbagai pohon buah. Tapi inget, buahnya nggak boleh diambil ya. Kalau mau belinya ke petugas. Tapi kayaknya pengunjung lebih tertarik sama pemandangannya yang hijau dengan sungai yang mengalir meliak-liuk di bawahnya.

Mengarungi sungai di antara tebing bebatuan, bakal ngasih kamu pengalaman baru tak terlupakan

Wisata Karst Tubing ini jangan sampai nggak kamu coba via cdn.img.print.kompas.com

Selain Goa Pindul, ada destinasi yang akhir-akhir ini baru ngehits dengan menawarkan river tubing serupa. Yaps, Karst tubing Surobayan Sedayu yang terletak di Dusun Surobayan RT 3 Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Pemandangan dan tantangan yang disajikan oleh Wisata Air Karst Tubing Surobayan ini adalah trek sungai yang sempit dan memiliki dinding Karst di sepanjang aliran sungainya. Jadi bagi kamu yang suka menguji adrenalin dengan menantang arus sungai wajib cobain destinasi terbaru ini. Makin rame makin asyik!

Pengen nyobain sensasi terbang di atas Bantul? Datang aja ke Bukit Paralayang Parangtritis

Berani uji nyali di sini? via 3.bp.blogspot.com

Kamu suka paralayang? Atau pengen nyobain sensasi terbang di ketinggian? Bukit Paralayang Parangtritis jawabannya. Terbang melayang di ketinggian 200 meter pasti bakal menguji nyali. Dari sini kamu bisa melihat keindahan pantai Parangtritis yang eksotis. Eh tapi kalau kamu yang takut untuk mencoba olahraga ini jangan sedih! Bukit Paralayang Parangtritis ini juga menyajikan panorama yang rupawan. Cukup duduk di bukit ini saat sore, kamu akan melihat langsung keindahan matahari yang perlahan-lahan tenggelam. Romantisss 🙂

Jadi, kalau travelling ke Bantul nggak melulu ke pantai ya, masih banyak kok destinasi wisata menarik lainnya. Yuk ajak orang-orang terdekatmu ngerasain indahnya alam Jogjakarta dari sudut Bantul.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!