Apa-apa yang berbau kaca itu memang istimewa ya kayanya? Mulai dari sepatu kacanya si Cinderella hingga jembatan kaca yang hits baru-baru saja. Yap, Jembatan kaca Zhangjiajie di China merupakan jembatan kaca terpanjang dan tertinggi sedunia. Baru saja dibuka dua minggu lalu, eh jembatan ini sudah dinyatakan ditutup sementara. Ada apa ya di baliknya? Simak ya!

Intro dulu. Kenapa jembatan kaca Zhangjiajie di China ini bisa diklaim terpanjang dan tertinggi di dunia? Yuk dibaca ini dia ukurannya

indah ya, keren ya, pemecah rekor nih via media.architecturaldigest.com

Jembatan yang berada di Provinsi Hunan, China ini telah berhasil memecahkan rekor dunia sebagai jembatan kaca terpanjang dan tertinggi. Dengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter, yang mampu mengalahkan Grand Canyon Skywalk di AS yang panjangnya 21 meter dan tingginya 219 meter. Jembatan kaca ini baru saja dibuka pada 20 Agustus lalu, dan sekarang kabar buruk ini yang harus kita baca.

Baru 13 hari dibuka, alias belum genap dua minggu, jembatan ini harus ditutup sementara lantaran saking banyaknya pengunjung yang datang ke sana. Huft!

sebanyak ini lho, kudu dikuatin lagi kayanya via okezone.com

Ya, membludak kata lainnya. Jembatan kaca ini mampu menampung hingga 8000 orang per harinya. Namun, karena banyak warga setempat ditambah turis yang penasaran dengan jembatan pemecah rekor dunia itu, total pengunjung yang datang pun membludak hingga mencapai angka 10 kali lipat.

Advertisement

“Kami kewalahan dengan volume pengunjung,” ujar salah seorang juru bicara dari Zhangjiajie Grand Canyon dilansir dari detik.com

Tapi, para pejabat setempat justru menyatakan hal yang berlainan. Mereka bilang, tengah merencanakan sebuah proyek pekerjaan umum yang mendesak di kawasan itu. Kenapa harus ditutup-tutupi?

nggak bakal mati gaya kamu disini via media.suara.com

Juru bicara Zhangjiajie Grand Canyon juga menambahkan, bahwa tak ada masalah kerusakan atau keretakan atau bahkan kecelakaan di jembatan kaca itu. Jembatan ditutup pada hari Jumat akhir pekan lalu (2 September 2016), sementara jadwal pembukaan kembali jembatan itu akan diumumkan kemudian. Entah sampai kapan.

Tak hanya publik dunia, bagi warga China pun penutupan jembatan kaca itu menjadi bahan perbincangan yang hangat. Sebab, mereka yang sudah memesan tiket merasa kecewa

batal eksis dong ya via bbc.com

Di beberapa akun sosial media setempat seperti Weibo misalnya, banyak orang yang kecewa karena sudah memesan tiket masuk ke sana jauh-jauh hari. Bahkan, mereka yang sudah datang dan membeli tiket untuk menikmati jembatan fenomenal pada saat itu jadi geram dan marah. Petugas di sana pun secepat mungkin mengambil tindakan untuk menenangkan pengunjung.

Tapi sebenarnya, meski sudah ditutup, rombongan yang sudah mendaftar untuk kunjungan akhir pekan. Jembatan sepanjang 430 meter itu menghubungkan dua tebing gunung di Zhangjiajie, provinsi Hunan. Jembatan yang membentang 300 meter di atas lembah itu bahkan sanggup menginspirasi lanskap film Avatar. Nggak heran sih kenapa banyak orang penasaran sama jembatan ini~

Karena hingga kini belum ada pernyataan resmi kapan si jembatan kaca dibuka kembali, kamu yang sudah mupeng pengen kesana harus sabar dulu ya, demi keselamatan dirimu sendiri

ditunggu kabar selanjutnya ya kapan dibuka lagi via money.id

Untuk bahan pengetahuanmu, struktur megah jembatan kaca itu dirancang oleh Haim Dotan, seorang arsitek Israel. Sebanyak 99 keping panel kaca bening digunakan untuk membangun jembatan tersebut. Tebak dong berapa biayanya? Sekitar 3,4 juta dolar AS atau sekitar Rp 44,8 miliar. Luar biasa sih emang, makanya harus dijaga biar tetep istimewa dan nggak kenapa-napa.

Menyadari banyak orang yang kecewa atas penutupan si jembatan kaca, pihak pengelola juga mengunggah sebuah pesan permintaan maaf melalui situs jaringan sosial mereka. Yaya, dimaafin kok~

demi keselamatan kita juga kan via poskotanews.com

Melalui sosial media lokal Cina, Weibo, pihak pengelola menyatakan permohonan maaf mereka atas ketidaknyamanan pengunjung karena penutupan jembatan itu. Dan berkata bahwa selama penutupan nanti, pengelola akan melakukan perbaikan sistem parkir, tiket, dan pelayanan pengunjung, seperti dilansir dari Malay Mail Online.

Gimanapun, kita harus mendukung. Penutupan sementara ini terpaksa dilakukan demi meningkatkan performa jembatan, serta meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung, mengingat betapa besarnya antusias kedatangan pelancong. Harap semuanya bisa maklum aja deh ya. Dan kabar baiknya, kamu bisa nabung dulu dong sembari nunggu jembatan kaca itu buka lagi. Hihiii…