Sudah lama menanti kesempatan untuk melancong ke luar negeri, tapi takut nggak punya cukup tabungan?

Gak usah khawatir lagi, karena sekarang Hipwee akan memberimu daftar negara yang sedang jor-joran dengan promo dunia pariwisatanya. Negara di bawah ini memang sedang “lesu” pendapatannya di sektor wisata, entah karena sempat dirundung konflik atau terkena imbas krisis ekonomi.

Advertisement

Nah, pengunjung yang sepi berarti kesempatan untuk mendapatkan deal terjangkau. Dari urusan perut sampai urusan kasur, semuanya bakal kamu dapatkan dengan harga miring. Tanpa menunggu lebih lama, berikut ini adalah negara yang patut kamu kunjungi mumpung mereka lagi ‘obral’!

 1. Thailand, Dimana Kamu Bisa Melakukan Hampir Apapun Sesukamu

Thailand menggenjot (ulang) pariwisatanya

Thailand menggenjot (ulang) pariwisatanya via www.businessinsider.com

Thailand selama ini emang dikenal sebagai surganya para traveler bujet dari seluruh dunia, karena ongkos hidup dan ongkos hura-hura yang relatif rendah di sana. Namun sejak hukum militer diberlakukan di Thailand, jumlah pengunjung yang datang ke Negeri Gajah Putih ini terus merosot. Kementerian Pariwisata Thailand pun harus berusaha keras memulihkan lagi denyut pariwisata di negaranya.

Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan kalau melancong ke Thailand sekarang?

Advertisement

Tertarik meluncur ke Thailand? Sebelum kamu pergi, jangan lupa membaca panduan liburan ke Thailand dari Hipwee di sini.

 2. Korea Utara Nggak Cuma Punya Pemimpin Chubby Bersenjata Nuklir, Lho…

Saljunya gak kalah ciamik

Saljunya gak kalah ciamik via www.flickr.com

Sebagai negara yang terbilang introvert dalam pergaulan global, Korea Utara memang nggak bisa memaksimalkan pendapatan dari jalur konvensional seperti kerjasama dagang internasional. Nah, itulah kenapa mereka mencoba mengais pendapatan dari sektor pariwisata.

Sejak si chubby Kim Jong Un berkuasa, proyek-proyek pemanggil turis pun diluncurkan. Misalnya:

Nilai plusnya juga, Korut memudahkan para turis mengurus visa. Cukup 2 hari, udah bisa selesai! Kalau selama ini kamu cuma bisa bermimpi main salju karena ongkos ke Eropa terlalu mahal, main salju aja di resort wisata Masikryong. Baru-baru ini mereka juga meluncurkan sebuah resort untuk berselancar. Ternyata negara ini gak sekaku yang kita bayangkan, ya!

3. Myanmar Sudah Mulai Membuka Gerbangnya. Yuk, Ketuk Pintu Depannya Sama-Sama!

Shwedagon Paya via galleryhip.com

Setelah hampir selama 50 tahun diisolasi oleh junta militer, Burma kini siap menyongsong demokrasi. Tapi seperti yang orang Indonesia tahu, membuka diri dan menjadi demokratis itu gak mudah, dan jelas mahaaal… Nah, karena Myanmar dipenuhi pagoda dan pantai-pantai yang indah, pariwisata pun dilirik sebagai salah satu cara untuk mengeruk uang demi negara.

Apa sih yang ditawarkan pemerintah Myanmar ke kamu, wahai calon wisatawan?

  • Bebas visa untuk WNI mulai bulan Mei 2014
  • Shwedagon Paya, pagoda raksasa berlapis emas yang tiket masuknya cuma Rp. 93,000 (a.k.a. lebih murah daripada tiket Dufan)
  • Vakansi hotel yang selalu ada — Myanmar punya 1,100 hotel, dengan 267 di antaranya berada di ibukota Yangon. Ada lebih dari 12,000 kamar yang harus diisi pelancong.

Pemerintah di sana juga mencanangkan ‘Visit Myanmar Year’ pada tahun 2016, itu artinya dari sekarang kamu akan menemukan deal, diskon atau promo menarik sebelum menginjakkan kaki di Myanmar. Mau iseng tahu gimana serunya dunia kasino? Pemerintah Myanmar juga sedang mempertimbangkan untuk mengesahkannya. Menggoda, bukan?

4. Filipina, dimana Rp. 200.000-an bisa dipakai makan enak 3x di restoran

Palawan Island

Palawan Island via blog.secretescapes.com

Budget traveler, backpacker, pecinta kuliner hingga penggila barang murah cocok banget kalau berkunjung ke Filipina. Perpaduan antara gaya hidup kosmopolitan yang terjangkau dan keindahan alam yang memukau membuat Filipina berada di jajaran tertinggi destinasi paling worth-it Lonely Planet. Manila, ibukota Filipinan, dikenal memiliki beberapa tempat belanja dan makan paling murah di dunia. Di sana kamu bisa makan enak tiga kali sehari di restoran dengan uang Rp. 200 ribuan. Bayangkan kalau kamu makan di kaki lima atau kedai murah.

Pemerintah Filipina menawarkanmu:

  • Deretan festival dan perayaan yang dilakukan sepanjang tahun.
  • Manila Ocean Park, yang selalu punya diskon dan promo setiap hari.
  • National Museum of Filipino yang gratis dibuka pada hari Minggu,
  • Serta gereja-gereja dan taman bersejarah Rizal Park yang bisa kamu nikmati G-R-A-T-I-S.

5. India itu bau dan jorok? Ah, mereka lagi gigih usaha memperbaikinya!

Festival Holi

Festival Holi via news.nationalgeographic.com

India kini sedang berbenah. Perdana Menteri Narendra Modi sedang menggalakan gerakan “Clean India” dengan mengajak masyarakatnya hidup bersih dan mulai nyapu (dalam artian sebenarnya) jalanan dan lokasi wisata di seluruh India. Semua ini dilakukan agar pelancong yang datang tidak lagi mengeluhkan jalanan dan kondisi toilet umum di negeri tersebut.

Kenapa sih kamu harus mengunjungi India?

  • Akomodasi yang murah, serta biaya makan dan belanja yang terjangkau
  • Banyak atraksi dan lokasi wisata terbaik di India yang malah bebas biaya masuk. Festival Holi, sungai Gangga, dan museum Mahatma Gandhi di India itu gratis-tis-tis.
  • Pelayanan visa online dari pemerintahnya! Gak perlu deh repot-repot ke Jakarta buat mengurus visa di Kedubes India. Tinggal ajukan online, cetak buktinya, dan dapatkan visa fisik ketika kamu mendarat di sana 😉

Jadi tunggu apa lagi, guys? Siapin paspor, pecahin celengan. Yuk kunjungi negara-negara yang sedang “sepi wisawatan” ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya