Blibli Travel & UMKM Fest Digelar hingga 30 April, Berikan Penawaran Menarik untuk Berbagai Produk Pariwisata dan UMKM

Blibli Travel & UMKM Fest

Meski sempat terpukul telak oleh pandemi Covid-19, industri pariwisata dan UMKM yang mengiringinya perlahan mulai bergeliat lagi. Salah satu stimulusnya adalah vaksinasi yang telah diberikan untuk pelaku ekonomi kreatif di beberapa daerah Indonesia. Langkah ini diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan publik untuk berwisata dengan protokol kesehatan.

Advertisement

Tapi stimulus untuk menggeliatkan kembali industri pariwisata dan UMKM Tanah Air nggak cuma dari vaksinasi. Terbaru datang dari Blibli lewat gelaran Blibli Travel & UMKM Fest, sebuah program yang ditujukan untuk mempromosikan dua industri penting Tanah Air tersebut secara masif.

Blibli Travel & UMKM Fest adalah momentum yang diciptakan Blibli untuk mempromosikan industri parekraf

(dok. Blibli) via www.hipwee.com

CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan program Blibli Travel & UMKM Fest digelar bukan saja karena ingin menstimulus industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), melainkan juga karena Blibli menyaksikan ekspansi pemain tour and travel ke kanal e-commerce pada tahun 2020 meningkat sebesar 50% dibanding tahun sebelumnya.

“Masuknya para seller baru ini mendongkrak jumlah produk wisata meningkat sebesar empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Produk wisata yang ditawarkan pun menjadi variatif, seperti Virtual Tour hingga Kupon Perjalanan,” kata Kusumo.

Advertisement

Lebih lanjut pada sektor ekonomi kreatif lokal, Kusumo juga mengutip data yang mengungkap kalau pada tahun 2020, kategori Galeri Indonesia yang didedikasikan Blibli untuk produk-produk andalan UMKM Tanah Air, juga mengalami pertumbuhan tujuh kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Dengan pertumbuhan positif tersebut, dua industri di atas setidaknya membutuhkan momentum untuk mempromosikan diri agar mulai mendapat perhatian. Momentum tersebut yang coba diciptakan Blibli melalui Blibli Travel & UMKM Fest, yang menggandeng lebih 90.000 pelaku parekraf, termasuk asosiasi dan seller bidang perjalanan wisata, perhotelan, dan desa wisata.

“Dengan memanfaatkan teknologi yang dihadirkan ekosistem Blibli, sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif ini dapat memberikan pilihan yang lebih kaya kepada pelanggan, sehingga pertumbuhan kedua industri ini pun dapat terwujud,” lanjut Kusumo.

Serba-serbi liburan dan oleh-oleh lokal bikinan UMKM ada di Blibli Travel & UMKM Fest

EVP of Digital, Automotive & Travel Category Blibli, Lay Ridwan Gautama (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Dalam program Blibli Travel & UMKM Fest yang bergulir sejak tanggal 16 April hingga 30 April ini, masyarakat bisa dengan mudah mencari pilihan wisata atau segala hal berbau liburan, seperti tiket pesawat, kereta, hotel, paket tour, atraksi outdoor, produk oleh-oleh UMKM, dan banyak lainnya dalam satu aplikasi Blibli.

Salah satu paket wisata yang menarik adalah experiential tourism, yakni jenis pariwisata yang berfokus untuk mendalami suatu destinasi, mulai dari sejarah, budaya, makanan, hingga lingkungan. Paket ini disediakan oleh sejumlah pelaku UMKM di berbagai desa wisata di seluruh Indonesia. EVP of Digital, Automotive & Travel Category Blibli, Lay Ridwan Gautama menilai paket wisata seperti ini sangat potensial digarap oleh UMKM.

“Paket wisata seperti ini menjadi kesempatan bagi UMKM yang ada di daerah wisata untuk tetap mengeksplorasi berbagai bentuk produk wisata lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kegemaran pelanggan,” kata Lay.

Selain menyediakan serba-serbi liburan, Blibli Travel & UMKM Fest juga menghadirkan serangkaian promo spesial seperti Flash Deals up to 65%, Exclusive Brand Deals, diskon hingga 57%, dan ragam oleh-oleh khas lokal yang sudah dikurasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir secara virtual dalam peluncuran program Blibli Travel & UMKM Fest, Kamis (22/4/2021), mengatakan kolaborasi lintas sektor yang diupayakan Blibli dalam program ini diyakini bisa mendorong kebangkitan industri parekraf, sekaligus mengakselerasi transformasi digital.

“Pemerintah tengah melakukan berbagai strategi untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, di antaranya melalui program Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dan Bangga Buatan Indonesia. Di sini kolaborasi antar pihak sangat dibutuhkan, termasuk dari e-commerce seperti Blibli yang dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia,” kata Sandi.

Nah, buat kamu yang sudah siap untuk berwisata dengan serangkaian protokol kebiasaan baru, Blibli Travel & UMKM Fest dengan segala penawaran menariknya bisa dikunjungi melalui laman Blibli.com/trvumkm-fest atau klik di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE