Tahun 2018 akan segera datang menyapa kita semua. Akan datang pula berbagai event atau festival wisata maupun budaya yang nggak boleh dilewatkan. Di awal tahun, traveler pasti pengen tahu festival apa saja yang bakal datang di tahun ini beserta waktunya. Agar nanti tak kecewa ketinggalan event yang ditunggu-tunggu dengan berbagai alasan, cuti ditolak karena mepet waktunya atau sekedar kehabisan dana ketika harga tiket pesawat melambung tinggi.

Hipwee Travel pun menyiapkan artikel khusus buat kamu pecinta festival wisata dan budaya dengan memberikan daftar 10 festival yang paling menarik di tahun 2018. Catat tanggalnya, atur rencananya, dan beli segera tiket pesawat ke sana. Jangan sampai ketinggalan lagi tahun ini ya!

Festival Bau Nyale, acara yang tak bisa dilepaskan dengan legenda Putri Mandalika di Pantai Seger, Pulau Lombok. Acara ini bakal digelar pada tanggal 20 Februari 2018

festival bau nyale via kicknews.today

Advertisement

Festival Bau Nyale adalah acara kebudayaan yang jadi ritual tahunan di Lombok, terutama masyarakat sekitar Pantai Kuta hingga Pantai Seger. Ritual Bau Nyale adalah mencari cacing (nyale) yang muncul di pantai setahun sekali. Cacing itu berwarna-warni dan diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika. Nah, jangan lewatkan Festival Bau Nyale Februari nanti ya.

Festival Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, akan dilaksanakan lagi pada tahun 2018. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 5-10 Maret 2018

festival komodo via www.indonesia.travel

Festival Komodo pada tahun 2017 sukses mendatangkan banyak wisatawan dan Labuan Bajo pun makin meningkat popularitasnya. Acara yang tahun 2017 digelar sebulan penuh tersebut akan digelar kembali pada bulan Maret nanti. Acaranya macam-macam, mulai dari parade kesenian, tari-tarian hingga pentas seni budaya.

Masih dari Nusa Tenggara Barat, Festival Tambora bakal dihelat pada tanggal 9-11 April 2018. Acara ini untuk memperingati letusan Tambora yang menghancurkan peradaban Sumbawa pada tahun 1815

festival tambora via travel.kompas.com

Festival Tambora pertama kali diadakan pada tahun 2015 silam dalam rangka peringatan 200 tahun letusan Gunung Tambora yang mendunia pada tahun tahun 1815. Kini event ini jadi acara tahunan di Sumbawa. Festival ini berisi parade budaya Tambora dan perlombaan maraton atau sepeda.

Bulan Mei, Festival Teluk Jailolo akan membuatmu ngebet pengen ke Halmahera, Maluku Utara!

festival jailolo via indonesiatravelmagazine.com

Advertisement

Festival Teluk Jailolo bakal diadakan pada bulan Mei tahun 2018. Festival bahari ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2009 dan selalu meningkat animo peserta yang mengikutinya. Acaranya macam-macam, ada pertunjukan seni budaya, panggung di atas laut, lomba foto dan sebagainya. Wisatawan pun bisa berkeliling ke desa-desa ataupun snorkeling di laut yang sangat indah ini.

Yadnya Kasada, ritual tahunan suku Tengger, bakal dilaksanakan di Gunung Bromo pada tanggal 29-30 Juni 2018 nanti

ritual yadnya kasada via tirto.id

Upacara tahunan yang dilakukan masyarakat Tengger bernama Yadnya Kasada bakal digelar bulan Juni. Dalam upacara ini, nantinya akan ada ritual melempar sesaji berupa ayam atau kambing ke dalam kawah Bromo.

Dieng Culture Festival jadi event tahunan yang paling ditunggu tiap tahunnya. Pada tahun ini belum terkonfirmasi waktu pelaksanaan DCF

dieng culture festival via www.instagram.com

Dieng Culture Festival sudah memasuki tahun ke 9 dan festival ini sudah sangat populer di Indonesia. Tak salah apabila festival ini dianggap sebagai event yang paling romantis di Indonesia dan ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Masa tahun ini kamu nggak ikutan lagi? Nyesel lho nanti, hehe.

Festival Lembah Baliem di Wamena edisi ke 29 bakal digelar pada bulan Agustus 2018. Festival ini sudah digelar sejak tahun 1989!

festival lembah baliem via nationalgeographic.co.id

Festival Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya ini merupakan acara perang antarsuku Papua yang dilakukan sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Para prajurit kebanggaan suku-suku tersebut akan adu kekuatan mereka. Kamu nggak usah khawatir kalau mereka bakal perang sambil bunuh-bunuhan ya, perang ini aman kok. Hehehe. Selain itu ada atraksi budaya, karapan babi dan juga tari-tarian. Festival ini sudah terkenal hingga mancanegara lho.

Festival Pasar Terapung, Banjarmasin, adalah festival yang tidak boleh kamu lewatkan. Event ini juga akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2018

pasar terapung banjarmasin via lifemagazin.hu

Festival Pasar Terapung Banjarmasin adalah sebuah upaya untuk melestarikan pasar tradisional di atas sungai di mana pembeli dan penjual akan bertransaksi di atas kapal. Acara ini juga akan menampilkan lomba jukung hias, kampung banjar, kemudian ada lomba perahu naga, lomba baloko sebuah permainan tradisional rakyat banjar, kesenian senoman hadrah, pawai budaya, bazar kuliner dan kemeriahan tari-tarian serta musik tradisi Banjar.

Festival Pesona Raja Ampat bakal dihelat pada bulan Oktober. Buat kamu yang ngebet ke Raja Ampat segera nabung agar bisa ke sana saat festival. Mupeng banget ‘kan?

raja ampat via www.twisata.com

Festival Raja Ampat merupakan event yang ditunggu-tunggu oleh banyak traveler. Buat kamu yang merencanakan untuk pergi ke sana, lebih baik kamu samain dengan jadwal festival aja. Dapat banyak acara seni dan budaya juga ‘kan kalau pas festival?

Festival Tempoe Doeloe tanggal 10 November di Kota Tua, Jakarta jadi festival yang unik yang harus kamu datangi!

festival tempoe doeloe via www.wirasel.com

Mau melihat Jakarta atau Indonesia tempoe doeloe? Atau mau menyaksikan orang-orang berpakaian ala tempoe doeloe? Datang aja ke Festival Tempoe Doeloe tanggal 10 November di Kota Tua, Jakarta.

Buat kamu yang pengen tahu jadwal semua festival di Indonesia selama tahun 2018, nih jadwalnya!

jadwal festival via twitter.com

Yuk nabung dan datangi semua festival itu ya! Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya