Daftar Negara dengan Durasi Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Dunia Tahun 2020

Durasi Puasa Ramadan

Bulan puasa tahun ini datang di tengah pandemi Corona. Tidak ada ibadah di masjid, tidak ada salat Tarawih berjamaah, hingga sahur dan bukan puasa harus di rumah. Meski berat, namun hal ini harus dijalani umat Muslim sedunia mengingat ibadah ini wajib untuk dilaksanakan setahun sekali.

Advertisement

Untungnya kita tinggal di Indonesia, durasi puasa ramadan tahun ini nggak terlalu panjang. Rata-rata cuma 13 jam saja dalam sehari. Banyak negara di Eropa terutama yang dekat dengan kutub utara, punya durasi puasa yang sangat panjang, bahkan hingga 20 jam. Kebayang nggak beratnya seperti apa.

Durasi puasa terpendek dimiliki negara-negara yang letaknya berdekatan dengan kutub selatan. Mereka adalah Selandia Baru, Argentina dan Chili

durasi puasa di seluruh dunia via gulfnews.com

Indonesia terbilang beruntung cuma kena jam puasa selama kurang lebih 13 jam. Meski begitu masih ada negara lain yang jauh lebih singkat durasi puasanya. Argentina adalah negara dengan durasi puasa paling singkat yakni sekitar 11 jam 42 menit. Negara-negara yang dekat dengan kutub selatan seperti Australia, Selandia Baru, Chili, dan juga Afrika Selatan berada di rentang 11-12 jam puasa.

Sementara itu negara-negara tropis tak jauh dari angka 13 jam, negara Asia pun punya durasi yang bervariasi. Negara Timur Tengah dan Asia Selatan rata-rata durasinya 13-14 jam puasa. Lalu negara Eropa (barat dan selatan) di rentang 15-17 jam puasa.

Advertisement

Lalu, negara manakah yang durasi puasanya paling lama tahun ini?

buka puasa via metro.co.uk

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jika puasa tahun ini masih di sekitar musim semi seperti ini yang artinya matahari lebih banyak di belahan dunia utara. Maka tak heran jika negara yang tak jauh dari kutub utara yang mempunyai durasi puasa terpanjang. Hal ini karena matahari terus bersinar di utara hingga malam pun sangat pendek. Berkebalikan dengan belahan bumi selatan yang relatif siangnya lebih pendek.

Negara yang paling lama berpuasa tahun ini adalah Rusia (terutama di kota yang di bagian utara, salah satunya Murmansk), Greenland, Norwegia, Finlandia dan Islandia yang rata-rata harus berpuasa 19-20 jam per hari. Artinya mereka hanya punya waktu 4-5 jam untuk berbuka, tarawih, tidur lalu sahur lagi. Sangat panjang durasi puasa di negara-negara tersebut.

Beruntunglah kamu tinggal di Indonesia yang cuma dapat 13 jam puasa seharian. Maka dari itu jangan bolong-bolong ya.

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE