Beredar sebuah video yang viral di media sosial tentang penumpang pesawat Citilink yang melanggar aturan. Seorang penumpang kedapatan merokok di boarding gate bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta hingga ke tangga pesawat Citilink QG 165 jurusan Jakarta ke Denpasar. Video yang direkam oleh Manuel Buchacer ini kemudian viral dan dibagikan oleh ribuan orang di Facebook dan Twitter.

Seperti apa kronologis dan isi videonya? Yuk deh simak ulasannya di Hipwee Travel.

Penumpang Citilink kedapatan merokok ketika akan masuk pesawat. Karena dianggap membahayakan penerbangan, maka petugas memintanya untuk turun

citilink via www.tomshowcase.com

Advertisement

Seorang penumpang pesawat Citilink bernama Iwan Limau kedapatan merokok di boarding gate Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta jelang keberangkatan pesawat ke Bali. Banyak penumpang lainnya yang menyaksikan aksi Iwan tersebut. Tidak cukup di situ, ia terus saja merokok bahkan di tangga pesawat. Di saat bersamaan, pesawat sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling). Selain itu posisi Iwan juga dekat dengan engine pesawat sehingga apa yang ia lakukan sangatlah berbahaya dan mengancam keselamatan penumpang pesawat.

Awak kabin pesawat pun melaporkan penumpang ini kepada petugas keamanan bandara. Namun ketika diminta untuk turun baik-baik, Iwan justru enggan beranjak. Pesawat itu sekiranya akan berangkat pada pukul 21.35 WIB namun harus mengalami penundaan akibat tingkah Iwan yang bersikeras tidak mau diturunkan.

“Saat di boarding gate pax yang bersangkutan sudah terlihat merokok bahkan diteruskan saat boarding menuju pesawat dan juga masih merokok saat naik ke tangga pesawat. Hal itu dilihat banyak orang dan penumpang lainnya, sehingga begitu ada laporan yang masuk ke petugas keamanan bandara (aviation sevurity-avsec) segera diambil tindakan,” ujar Benny Butar Butar (Corporate Communication Citilink) seperti dilansir Detik.

Video yang viral tersebut justru direkam oleh warna negara asing, Manuel Buchacer. Wah malu banget dong ya dilihat dan direkam sama orang luar hal yang kurang baik semacam ini

Advertisement

Posted by Eris Riswandi on Sunday, February 25, 2018

Video yang viral tersebut dibuat oleh Manuel Buchacer yang notabene orang asing. Dalam video tersebut tampak si penumpang ngeyel dan enggan untuk mengindahkan permintaan pihak keamanan bandara. Ia meminta jaminan bahwa ia bisa terbang malam itu juga ke Bali. Setelah dilobi dan sedikit dipaksa, akhirnya penumpang bernama Iwan Limau ini bersedia untuk turun dari pesawat.

Sebenarnya boleh nggak sih merokok di dalam pesawat? Nih ada aturannya yang sebaiknya kamu baca terlebih dahulu

dilarang merokok via www.airmagz.com

Dulu sih boleh merokok di pesawat, namun sejak tahun 2009 sudah ada peraturan yang mengatur hal tersebut. Pasal 54 UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan telah melarang setiap penumpang di dalam pesawat melakukan perbuatan yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Merokok tentu saja masuk dalam point tersebut meskipun tidak disebutkan secara eksplisit. Selain asap yang bisa mengganggu penumpang lainnya, rokok bisa membahayakan penumpang pesawat semisal dekat dengan pengisian bahan bakar. Ya seperti kasus Iwan di atas. Hukumannya ngeri juga lho, penjara maksimal lima tahun atau denda Rp2,5 miliar.

Pasal 54 UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Berikut bunyi aturannya:

Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan:

a. Perbuatan yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan;
b. Pelanggaran tata tertib dalam penerbangan;
c. Pengambilan atau pengrusakan peralatan pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan;
d. Perbuatan asusila;
e. Perbuatan yang mengganggu ketenteraman; atau
f. Pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan.

Dari kejadian ini kita bisa menyimpulkan bahwa tidak semua orang yang naik pesawat itu punya etika dan bisa menaati peraturan penerbangan dengan baik. Padahal peraturan di dalam pesawat ‘kan ya demi keselamatan diri dan orang lain juga. Jadi jangan sampai kamu tiru ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya